Cek Resi All-in-One 50 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


09 Jul 2020 12:09

10 Dumbbell Terbaik untuk Nge-Gym di Rumah

By Cekresi Plus


Menjalankan pola hidup sehat dengan menjaga kondisi kebugaran merupakan gaya hidup masyarakat modern masa kini. Anda juga bisa menjalankannya dengan melakukan kegiatan fisik dan berolahraga secara rutin di rumah.

Namun, kenyataannya tidak semua orang memiliki fasilitas olahraga di rumah. Sementara, untuk mengunjungi pusat kebugaran atau tempat olahraga membutuhkan waktu dan biaya. Solusinya, Anda bisa menggunakan alat olahraga yang paling mudah digunakan, yaitu dumbbell.

Karena itu, kami menyajikan beberapa dumbbell terbaik untuk nge-gym di rumah lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai dumbbell hingga cara merawatnya.



Metode Latihan Dasar Menggunakan Dumbbell

Bagi Anda yang ingin berlatih di rumah, sangat disarankan untuk mempelajari metode latihan dasar dan tata cara penggunaan dumbbell yang benar, sebagai berikut:

  • Melatih Lengan

Untuk melatih lengan, Anda bisa berkonsentrasi pada latihan biceps terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggerakkan lengan ke atas dan ke bawah sambil menggenggam dumbbell. Pastikan siku dan bahu anda tidak bergeser selama melakukan latihan biceps.

Selanjutnya, Anda juga bisa melatih bagian triceps, atau bagian yang bersebrangan dengan biceps. Caranya, Anda bisa mengangkat dumbbell dengan posisi tangan di belakang kepala. Pastikan siku dan pundak tidak bergeser selama latihan.

  • Melatih Bahu

Untuk melatih bahu, Anda bisa melakukan gerakan shoulder press atau military press. Caranya, angkat dumbbell menggunakan ke dua tangan ke atas kepala berulang kali. Pastikan posisi lengan bawah membentuk sudut 90 derajat.

  • Melatih Dada

Ada tiga tahapan yang bisa Anda gunakan untuk melatih otot dada menggunakan dumbbell. Yaitu inline, decline dan dumbbell fly. Intinya, Anda harus menggunakan kursi atau bangku khusus untuk menopang tubuh Anda. Lakukan gerakan seperti push up, namun ganti tubuh Anda dengan dumbbell.

  • Melatih Kaki

Untuk melatih otot kaki terutama bagian betis dan paha, Anda bisa melakukan gerakan squat. Gerakan ini juga bisa digunakan untuk membentuk core atau keseimbangan otot inti pada tubuh Anda. Caranya, genggam dumbbell menggunakan ke dua tangan di depan dada, lalu lakukan gerakan jongkok berdiri berulang kali.

Pilih dumbbell berdasarkan tipe nya

Ada dua tipe dumbbell yang biasa digunakan untuk beroahraga, yaitu tipe permanen dan tipe yang adjustable atau yang bisa disesuaikan bebannya. Dumbbell tipe permanen dibuat dengan berat beban yang tetap dan tidak dapat diubah.

Dumbbell jenis ini cocok digunakan untuk latihan ringan dan untuk Anda, pemula yang baru mencoba olahraga angkat beban. Namun, dumbbell jenis ini tidak bisa digunakan lagi ketika Anda ingin meningkatkan porsi latihan menggunakan beban yang lebih berat. Anda bisa memilih beban sesuai dengan kemampuan Anda.

Ada pula tipe adjustable. Dumbbell tipe ini bisa diubah dan ditambah bebannya. Dumbbell ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu stick atau poros batang dan barbell atau lempengan beban. Tipe ini lebih fleksibel ketika digunakan untuk meningkatkan porsi latihan. Anda bisa menambah dan mengganti lempengan beban dari yang ringan ke yang berat sesuka hati.

Perhatikan faktor keamanannya

Khusus untuk dumbbell bertipe adjustable, Anda harus ekstra hati-hati saat menggunakannya. Dumbbell jenis ini sebenarnya diperuntukkan bagi mereka yang ingin meningkatkan masa otot dan berlatih lebih berat.

Pada bagian stick atau poros batang, biasanya terdapat pengaman untuk menahan lempengan beban. Pilihlah stick dumbbell yang menggunakan skrup ulir sebagai pengamannya. Tipe ini jauh lebih aman ketika digunakan dan meminalkan resiko barbell terjatuh ketika digunakan.

Namun, tipe ini cenderung merepotkan saat harus mengganti atau menambah barbell. Anda juga bisa memilih stick dumbbell yang berisi pengaman quick release collar. Tipe ini lebih mudah digunakan saat mengganti barbell. Anda hanya perlu melepas collar yang menjepit barbell untuk mengganti atau menambah beban.

Perhatikan material pembuatnya

Dumbbell yang sering kita jumpai di pusat kebugaran biasanya terbuat dari lempengan besi padat yang dicor. Material ini memang dipilih berdasarkan aturan standar mutu sebuah dumbbell olahraga. Namun, dumbbell semacam ini cenderung merusak lantai dan berisik ketika bersentuhan dengan benda padat lain.

Maka dari itu, pusat kebugaran selalu memasang karpet karet untuk meredam suara dumbbell yang menyentuh lantai. Namun, jika Anda menggunakannya di rumah, tentu akan membuat lantai rumah Anda pecah.

Khusus untuk latihan di rumah, sebaiknya Anda memilih dumbbell yang telah diberi lapisan karet. Lapisan karet pada dumbbell digunakan untuk meredam suara dan meminimalkan benturan ketika dumbbell bersentuhan dengan lantai rumah.

Pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda

Untuk menentukan jumlah beban ideal yang sesuai dengan kemampuan Anda, gunakanlah metode one-repetition maximum (1RM). 1 RM artinya jumlah kekuatan maksimum yang mampu Anda angkat dalam 1 kontraksi otot maksimal. Menurut panduan American College of Sport Medicine, Anda jumlah beban yang harus Anda angkat adalah sebanyak 60 sampai 70 persen dari 1 RM.

Misalnya, 1 RM Anda 100 kilo gram, maka beban yang dianjurkan untuk Anda angkat adalah 60 sampai 70 kilo gram. Namun, sesuaikan juga dengan kondisi fisik Anda, jika memungkinkan angkatlah beban sesuai dengan anjuran tadi sebanyak 8 sampai 12 repetisi dalam 3 set. Jika di sesi akhir Anda merasa kelelahan, Anda bisa mengurangi beban yang digunakan sedikit demi sedikit.

Cara merawat dumbbell

Agar dumbbell yang Anda gunakan tetap awet dan nyaman digunakan, berikut ini adalah cara merawat dumbbell yang benar:

  • Bersihkan dumbbell dengan cairan desinfektan. Karena digunakan untuk latihan fisik, tentunya dumbbell akan sering terkena tetesan keringat yang berisi bakteri dan kuman. Agar dumbbell aman digunakan, sebaiknya Anda membersihkannya dengan cairan desinfektan atau air sabun.
  • Gunakan karpet karet untuk mengalasi dumbbell. Agar cat atau chrome pada dumbbell tetap awet, sedapat mungkin hindari dumbbell berbenturan dengan benda keras lain. Anda bisa melapisi ruang latihan dengan karpet karet.
  • Oleskan minyak anti karat pada stick dumbbell. Stick yang terbuat dari besi mudah berkarat karena terkena keringat. Anda bisa mengoleskan minyak khusus atau larutan asam sitrat untuk menghilangkan karat pada dumbbell.
  • Tempatkan dumbbell pad arak khusus. Agar lebih awet dan tertata rapi, Anda bisa membuat rak khusus untuk menempatkan pelat barbell yang sudah digunakan.
  • Simpan dumbbell pada kotak khusus. Anda juga bisa menyimpan dumbbell dan perangkatnya pada kotak khusus yang terbuat dari kayu. Cara ini juga bisa dilakukan untuk menghindari dumbbell dari jangkauan anak-anak.

10 Rekomendasi dumbbell untuk nge-gym di rumah

Setelah mengetahui cara memilih dan merawat dumbbell, kini saatnya Anda melihat rekomendasi yang kami berikan untuk produk dumbbell terbaik yang bisa Anda gunakan latihan di rumah, sebagai berikut:

10. Bfit Neoprene Dumbbell 1 Kg

bfit_neoprene_dumbbell_1_kg
Harga : Rp 63.000

Nyaman digenggam dan cocok untuk pemula

Dumbbell ini telah dilapisi bahan neoprene agar lebih mudah digenggam. Dengan berat 1 Kg, dumbbell ini sangat cocok bagi Anda, pemula yang ingin berlatih keseimbangan ketika mengangkat beban. Selain nyaman digenggam, dumbbell ini memiliki bentuk persegi sehingga tidak menggelinding ketika disimpan.

Anda bisa menggunakan dumbbell ini untuk latihan squat, bicep dan triceps, atau hanya sekedar menjadi beban untuk gerakan senam zumba. Anda bisa mendapatkan Bfit Neoprene 1 Kg di Shopee.

9. Ziva Zvo Urethane Dumbbells

ziva-zvo-urethane-dumbbells
Harga : Rp 898.000

Dumbbell ergonomis anti karat

Ziva Zvo menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang mengutamakan kualitas produk. Dumbbell ini dilapisi urethane premium dengan bahan baja yang kuat. Kontur nya yang ergonomis dilengkapi dengan sendi yang terbuat dari stainless anti karat.

Di bagian grip atau batang pegangannya telah dilapisi lempeng krom yang mengkilat dan mudah dibersihkan. Anda bisa membeli Ziva Zvo Urethane Dumbbell di Shopee.

8. Kettler Ruberized Dumbbell Set 10 Kg

kettler_rubberized_dumbbell_set_10kg
Harga : Rp 598.800

Satu set dumbbell berlapis karet dan tahan air

Produk Kettler sudah tak diragukan lagi kualitasnya. Salah satu produk dumbbell besutan Kettler yang menjadi favorit Gym Mania adalah Kettler Ruberizet Dumbbell. Produk ini sangat cocok bagi Anda yang ingin latihan serius di rumah.

Dumbbell ini terdiri dari seperangkat barbell seberat 1,2 kg sebanyak 2 buah, 2,5 kg sebanyak 2 buah dan sebuah stick seberat 2,5 kg. Terbuat dari besi solid berlapis karet, dumbbell ini cukup aman dan tahan lama untuk digunakan sehari hari. Anda bisa membeli Kettler Ruberized Dumbbell 10 Kg di Shopee.

7. CAP PVC Coated Color Hex Dumbbell

cap_pvc_coated_color_hex_dumbbell
Harga : Rp 847.000

Mudah digenggam dan berlapis PVC

Tidak semua orang suka dengan dumbbell berlapis karet. Terkadang karet yang terkena keringat akan menimbulkan aroma yang kurang sedap. Bagi Anda yang tidak tahan terhadap bau karet, Anda bisa beralih menggunakan CAP PVC Coated Color Hex Dumbbell.

Dengan desain ergonomis berbentuk trapezium segi enam, dumbbell ini dirancang agar tidak menggelinding di areal yang tidak datar. Grip atau pegangan dumbbell dilapisi grip dengan tonjolan yang pas saat digenggam. Anda bisa membeli produk ini di Capbarbell.com.

6. Stamina Dumbbell Set 10 Kg

stamina_dumbbell_set_10kg
Harga : Rp 566.000

Mudah dibawa kemana saja

Jika Anda bosan latihan di rumah, Anda bisa mengganti suasana ke areal yang lebih terbuka. Namun, membawa dumbbell ke tempat lain menjadi perkara yang tidak mudah. Nah, bagi Anda yang sering latihan beban di mana saja, Stamina Dumbbell Set 10 Kg merupakan produk yang tepat bagi Anda.

Dumbbell yang terdiri dari 1 buah stick seberat 1,5 kg, 2 buah kunci ulir, 4 buah barbell seberat 1 kg dan 2 buah barbell 2 kg ini dilengkapi dengan kotak penyimpanan khusus yang mudah dibawa ke mana saja. Dumbbell ini telah dilapisi krom agar lebih awet dan tahan lama. Anda bisa mendapatkan Stamina Dumbbell Set 10 Kg di Shopee

5. CAP Vinyl Coated Hex Dumbbell

cap_vinyl_coated_hex_dumbbell
Harga : Rp 477.000

Cocok untuk perempuan

Satu lagi produk dumbbell CAP yang bisa dijadikan referensi untuk latihan beban di rumah. CAP Vinyl Coated Hex Dumbbell merupakan dumbbell yang sudah dilapisi vinyl yang mudah digenggam. Warnanya yang pink merona sangat cocok ketika digunakan bagi Anda, perempuan yang ingin latihan beban dengan nyaman.

Desainnya yang berbentuk segi enam dibuat khusus agar tidak mudah menggelinding di lantai yang tidak datar. Anda bisa mendapatkan dumbbell ini di Capbarbell.com.

4. Bintiva Neoprene Hexagon Dumbbell

bintiva_neoprene_hexagon_dumbbell
Harga : Rp 360.000

Mudah disimpan nyaman digenggam

Bentuk dumbbell yang hexagonal membuatnya mudah ditumpuk di sudut ruangan. Anda tidak perlu membuat rak khusus untuk menyimpan dumbbell berbentuk hexagonal. Bintiva Neoprene menjadi salah satu produk terbaik di kelasnya.

Dumbbell berbentuk hexagonal ini dilapisi neoprene yang tidak licin dan nyaman saat digenggam. Anda bisa mendapatkan produk ini di Walmart.com.

3. Gymenist Chrome Dumbbell

gymenist_chrome_dumbbell
Harga : Rp 432.000

Membuat tangan tidak lecet

Dumbbell yang satu ini menjadi favorit di pusat kebugaran. Sesuai namanya, Gymenist Chrome Dumbbell dilapisi krom mengkilat dengan cincin PVC berwarna biru di ujung dumbbell. Grip pada batang atau sticknya dirancang khusus agar nyaman digenggam dan tidak membuat tangan lecet saat Anda tidak mengenakan sarung tangan.

Dilapisi karet yang empuk, dumbbell ini cocok digunakan bagi Anda yang gemar berlatih dalam waktu yang lama. Anda bisa membeli Gymenist Chrome Dumbbell di Amazon.com.

2. Kettlet Aerobic Soft Dumbbells

kettlet_aerobic_soft_dumbbells
Harga : Rp 87.000

Dirancang untuk latihan aerobic

Sesuai namanya, Kettlet Aerobic Soft Dumbbells dirancang khusus untuk Anda yang gemar berlatih senam aerobic. Dengan bobot yang cenderung ringan, dumbbell ini dilengkapi pegangan anti slip yang nyaman saat digenggam. Anda bisa membeli Kettlet Aerobic Soft Dumbbells di Shopee.

1. Bowflex SelectTech 552i

bowflex_selecttech_552i
Harga : Rp 2.380.000

Mudah mengatur beban

Dumbbell ini mengadaptasi teknologi terbaru di bidang peralatan angkat beban. Bowlex SelecTech 552i dirancang khusus untuk lebih mudah mengatur beban. Dumbbell ini berisi serangkaian plat besi mulai dari berat 2 kg sampai 24 kg. Untuk menambah dan mengurangi beban, Anda hanya perlu memutar knop yang tersedia pada setiap sisi dumbbell ini.

Produk ini sangat cocok bagi Anda yang telah memiliki program latihan yang intensif.Anda bisa membuat tahapan latihan mulai dari beban yang ringan sampai ke yang paling berat. Anda bisa medapatkan Bowflex SelectTech 552i di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum memilih dumbbell, pastikan Anda mengetahui fungsi, penggunaan, metode latihan juga material pembuatnya.
  • Anda juga harus mengetahui cara merawat dumbbell agar nyaman dan aman ketika digunakan di rumah.
  • Bagi Anda yang baru memulai latihan beban menggunakan dumbbell, Anda bisa memilih Bfit Neoprene Dumbbell 1 Kg dan Kettlet Aerobic Soft Dumbbells.
  • Namun, bagi Anda yang ingin menggunakan dumbbells yang nyaman dan aman saat digenggam, Anda bisa memilih Kettler Ruberized Dumbbell Set 10 Kg dan Bintiva Neoprene Hexagone Dumbbell.
  • Sedangkan, jika Anda menginginkan latihan intensif dengan beban yang bisa ditambah secara cepat dan mudah, maka Anda bisa memilih Bowlex SelecTech 552i.

Referensi

  1. Leon Poultney (20200), The Best Weights 2020: Top Dumbbells To Use at Home, https://www.t3.com/features/best-home-weights-dumbbells
  2. Mallory Creveling and Alexis Jones (2020), The Best Dumbbells To Buy For At-Home Training, https://www.womenshealthmag.com/fitness/g29367992/best-dumbbells/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.