Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


4 August 2021

10 Digital Rice Cooker Terbaik yang Murah, Multifungsi, dan Hemat Listrik

By Cekresi .com
10 Digital Rice Cooker Terbaik yang Murah, Multifungsi, dan Hemat Listrik


Kata siapa digital rice cooker harganya mahal dan daya listriknya tinggi? Buktinya, saat ini banyak produsen yang menawarkan digital rice cooker terbaik yang multifungsi, murah, hemat listrik pula. Jadi Anda tidak perlu khawatir dan ragu-ragu lagi untuk membeli digital rice cooker.



Berikut kami sajikan beberapa digital rice cooker terbaik yang murah, multifungsi, dan hemat listrik lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih digital rice cooker hingga cara merawatnya.

Pilih ukuran digital rice cooker sesuai kebutuhan

Digital rice cooker memiliki berbagai macam ukuran. Beberapa produsen sudah menyertakan ukuran tersebut dalam labelnya, seperti small, big, jumbo dan extra jumbo.

Selain itu, ada pula produsen digital rice cooker yang menyertakan ukuran dengan menggunakan ukuran kapasitas menanak nasi per liter dalam produknya. Hal ini tentu akan memudahkan konsumen dalam memilih ukuran digital rice cooker yang tepat.

Seperti ukuran 0,5 sampai 0,6 liter yang setara dengan 3 cup beras, digital rice cooker ukuran ini cocok bagi anak kos seperti Anda yang memang memasak untuk diri sendiri.

Ada juga ukuran 1 liter atau setara dengan 5 cup beras, cocok bagi Anda pasangan muda yang hidup berdua. Untuk Anda yang biasanya memasak untuk 5 orang sekaligus, Anda bisa membeli digital rice cooker yang ukuran 1,8 liter atau setara dengan 8 cup beras.

Pastikan Anda memilih ukuran yang tepat agar bisa menanak nasi dengan pas juga. Jika Anda menanak nasi sesuai dengan kapasitasnya, maka digital rice cooker yang Anda miliki akan tidak mudah rusak dan lebih awet.

Perhatikan kualitas bahan panci

Bahan panci dalam digital rice cooker biasanya dibuat dari bahan-bahan seperti keramik, baja, dan tembaga.



Panci yang berbahan keramik memiliki kekuatan untuk menyimpan panas dengan sempurna, sehingga dapat membuat nasi Anda selalu hangat dan pulen. Panci bahan keramik cenderung tidak mudah berkerak, meski begitu Anda harus hati-hati ketika mencucinya agar lapisannya tidak gores.

Sedangkan, panci berbahan baja mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan cepat dan meluas, sehingga nasi menjadi lebih cepat matang dan matangnya pun merata.

Berbeda halnya dengan panci berbahan tembaga, di mana panci tidak hanya membuat nasi menjadi lebih cepat matang saja, akan tetapi juga bisa membuat nasi menjadi lebih lembut, manis, dan wangi.

Terkadang, panci yang berbahan tembaga juga dicampur dengan bahan lainnya agar lapisannya menjadi lebih tebal dan kuat.

Karena tidak semua produsen menggunakan satu jenis bahan saja, beberapa produsen memang meracik berbagai komposisi bahan-bahan hingga tepat dan sesuai dengan tujuan kebutuhan diproduksi.

Pilih yang banyak variasi fiturnya

Sangat penting untuk memilih digital rice cooker yang menyediakan banyak variasi fiturnya. Semakin bervariasi fiturnya, semakin bagus kualitas digital rice cooker.

Usahakan, pilih digital rice cooker yang memiliki fitur ventilasi uap airnya, karena dengan adanya fitur ventilasi uap air maka kotoran-kotoran yang ada pada beras bisa terangkat ketika proses menanak nasi melalui ventilasi uap air tersebut.

Selain itu, ada juga produsen digital rice cooker yang menyediakan fitur smartphone controlled, fitur ini memudahkan Anda untuk mengontrol pemasakan nasi dengan bantuan smartphone, Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan. Canggih bukan?



Fitur yang perlu diperhatikan lagi adalah fitur timer, fitur ini membantu Anda untuk mengatur waktu menanak nasi agar matangnya bisa tepat waktu sesuai dengan yang diinginkan. Sangat cocok untuk Anda yang menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga, memasak nasi menjadi lebih cepat dan mudah.

Keunggulan dari digital rice cooker lainnya adalah adanya fitur steam. Fitur ini membantu Anda untuk memasak atau mengkukus kue. Jadi Anda tidak perlu repot-repot membeli oven lagi, karena Anda sudah bisa membuat kue hanya dengan menggunakan digital rice cooker saja.

Pertimbangkan daya listrik digital rice cooker

Semakin sedikit atau rendah daya listrik digital rice cooker, semakin hemat pula tagihan listrik Anda perbulannya.

Karena itu, teliti terlebih dahulu sebelum membelinya. Jangan mudah tergiur karena hanya melihat dari tampilan luarnya saja.

Anda harus benar-benar memastikan bahwa daya listriknya cukup rendah sehingga ketika dipakai tidak akan membuat dompet Anda bengkak karena tagihan listrik yang terlalu banyak.

Perhatikan harganya

Harga digital rice cooker sangat bervariasi, ada yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Anda bisa membelinya sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Biasanya digital rice cooker yang bagus dan bermerek memiliki harga sekitar tiga ratus ribuan ke atas. Harga juga mempengaruhi banyaknya fitur-fitur yang disediakan. Semakin banyak fitur yang ditawarkan, maka semakin mahal pula harganya.

Meskipun demikian, terkadang harga tidak terlalu mempengaruhi awet atau tidaknya suatu produk.

Oleh karena itu, meski sudah membeli digital rice cooker yang mahal harganya, pastikan Anda juga merawatnya dengan baik agar digital rice cooker yang Anda miliki bisa lebih awet dan tidak mudah rusak.



Cara merawat digital rice cooker agar lebih awet dan tahan lama

Setelah Anda membeli digital rice cooker, maka pastikan Anda juga memperhatikan cara perawatannya agar digital rice cooker yang Anda miliki lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut beberapa cara merawat digital rice cooker, yaitu:

  • Usahakan tidak menggunakan panci dalam digital rice cooker untuk mencuci beras, cucilah beras pada wadah lainnya.
  • Pastikan panci dalam keadaan dingin ketika mau membersihkannya.
  • Jangan menyikat panci dalam digital rice cooker karena bisa menggores dan membuatnya terkelupas.
  • Gunakan permukaan spons yang lembut untuk mencuci panci.
  • Setelah mencuci panci, sebaiknya keringkan langsung dengan menggunakan kain yang lembut.
  • Cek penampung uap air sesering mungkin, jika ada air didalamnya, segera buang agar nasi tidak bau.
  • Sebaiknya, masak nasi sesuai dengan kapasitas dari digital rice cooker.
  • Cabut kabel stop contact jika digital rice cooker sedang tidak digunakan.
  • Rajinlah membersihkan badan luar digital rice cooker.

10 Digital Rice Cooker terbaik yang murah, multifungsi, dan hemat listrik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang digital rice cooker dan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi digital rice cooker terbaik yang murah, multifungsi, dan hemat listrik dari berbagai merek berikut ini.

10. Mito Digital Rice Cooker

foto-digital-rice-cooker-terbaik-yang-murah-multifungsi-dan-hemat-listrik-10

Harga: Rp389.900

Modelnya unik, cantik, dan harga terjangkau

Digital rice cooker dari Mito ini terlihat simpel, cantik, dan menarik. Harganya yang murah membuat produk ini laris terjual di pasaran.

Produk ini terbuat dari komposisi bahan panci yang tepat sehingga kemampuan menyerap dan menyimpan panas sangat baik, yaitu aluminium layers, aluminium alloy, dan polyflon.

Mito digital rice cooker ini juga dilengkapi dengan non stck material coating yang mampu membuat panci dalam rice cooker ini lebih mudah dibersihkan, anti lengket, dan daya tahan goresnya jadi lebih kuat.

Untuk perawatannya cukup mudah, yaitu gunakan permukaan spons yang lembut saat mencuci, jangan digosok dengan sikat, dan hindari mencuci panci saat masih dalam keadaan panas. Anda bisa membeli digital rice cooker ini di Shopee.

9. Philips HD4515

foto-digital-rice-cooker-terbaik-yang-murah-multifungsi-dan-hemat-listrik-9



Harga: Rp629.900

Super hemat listrik

Kelebihan dari produk digital rice cooker dari brand Philips adalah mampu menanak nasi dalam jumlah yang banyak karena kapasitasnya bisa mencapai 1,8 liter namun hanya menggunakan daya listrik 400 watt saja. Sangat hemat listrik bukan?

Produk ini dilengkapi dengan layar digital yang bisa memudahkan Anda dalam pemakaian dan pembacaan pilihan menu-menu yang tersedia. Selain itu, dilengkapi dengan fitur pemanas smart 3D yang bisa menciptakan sirkulasi panas yang kuat dan menyeluruh sehingga nasi bisa matang dengan sempurna.

Menariknya lagi, terdapat lapisan bakuhanseki yang mampu menghasilkan nasi lebih lezat, pulen, dan tidak mudah bau. Terdapat tiga pilihan warna, yaitu pink, putih, dan abu-abu.Anda bisa membeli digital rice cooker ini di Shopee.

8. Ravelle Digital Multicooker

foto-digital-rice-cooker-terbaik-yang-murah-multifungsi-dan-hemat-listrik-8

Harga: Rp699.000

Canggih, elegan, dan multifungsi

Digital rice cooker dari brand Ravelle adalah rice cooker yang sangat canggih karena dilengkapi dengan teknologi terbaru IMD digital touch screen panel sehingga memudahkan Anda dalam memakai fitur yang tersedia.

Terdapat 10 pilihan menu multifungsi seperti slow cooker, soup, kue, dan yoghurt. Desainnya pun modern sehingga membuat tampilan tampak lebih menarik dan elegan.

Bowl yang tebal dan berlapis ganda membuat nasi jadi tidak lengket pada permukaan panci, lebih pulen, enak dan sehat. Sangat cocok bagi Anda penganut healty lifestyle.



Keunggulan lain dari digital rice cooker ini, terdapat timer 24 jam yang bisa Anda atur sesuai kebutuhan, kapasitas yang cukup besar yaitu 3 liter hingga 5 liter dan daya listrik yang low watt pula. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

7. Yong Ma Digital Rice Cooker

foto-digital-rice-cooker-terbaik-yang-murah-multifungsi-dan-hemat-listrik-7

Harga: Rp575.000

Nasi jadi tidak mudah basi

Digital rice cooker dari Yong Ma ini sangat baik digunakan untuk menanak dan menghangatkan nasi, karena memiliki kemampuan sistem 3D heating dengan innerpot 1,5 T yang mampu menghangatkan nasi lebih lama dan juga membuat nasi tidak mudah basi.

Produk ini dilengkapi dengan 12 digital function yaitu menu memasak nasi goreng, slow cook, re-heating, yogurt, cake, soup, stew, bubur, kukus, beras merah, fastcook. Terdapat pegangan pada innerpot sehingga Anda lebih mudah menggunakan pegangan pada kedua sisi innerpot.

Ada tiga warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan tema dapur Anda yaitu warna merah, hitam, dan putih. Anda bisa membeli digital rice cooker ini di Shopee.

6. Inone Digital Multicooker

foto-digital-rice-cooker-terbaik-yang-murah-multifungsi-dan-hemat-listrik-6

Harga: Rp385.000

Bisa memasak nasi meski tiba-tiba listrik mati

Produk ini Inone ini memiliki fitur resume yang berfungsi membuat kompilasi saat terjadi listrik mati, sehingga alat ini mampu tetap melanjutkan proses memasak nasi secara otomatis meskipun listrik mati mendadak.



Terbuat dari bahan stainless berkualitas membuat body Inone digital rice cooker ini lebih kuat, anti karat, dan lebih awet. Terdapat fitur one touch sehingga Anda bisa memasak dan menghangatkan nasi dengan satu tombol ‘one touch’ saja. Mudah bukan?

Manariknya lagi, produk ini bisa digunakan untuk mengukus kue, memasak nasi goreng, beras merah, sup, bubur, dan lain sebagainya. Anda bisa membeli digital rice cooker ini di Shopee.

5. Kirin KRC-520D

foto-digital-rice-cooker-terbaik-yang-murah-multifungsi-dan-hemat-listrik-5

Harga: Rp449.000

Bebas mengatur waktu memasak

Kirin mengeluarkan produk digital rice cooker tipe 520D yang canggih dengan fitur preset timer, sehingga Anda bisa bebas mengatur waktu memasak kapan saja.

Jika Anda ingin nasi matang di pagi hari, namun Anda ingin menyiapkan makanan sejak malam hari sebelumnya, Anda tinggal setting waktu sesuai dengan yang diinginkan, sehingga pagi hari saat Anda sudah bangun, nasi sudah siap disantap.

Produk ini dilengkapi dengan innerpot yang terbuat dari hard anodized dan smartmenufunction untuk memudahkan Anda memasak berbagai macam makanan secara praktis yaitu cake, steam, soup dan sebagainya. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

4. JOYON Smart Rice Cooker

foto-digital-rice-cooker-terbaik-yang-murah-multifungsi-dan-hemat-listrik-4



Harga: Rp499.000

Bisa memasak nasi untuk 15 orang sekaligus

Saat ini Anda tidak perlu bingung jika ingin memasak nasi dalam jumlah besar, Anda bisa memasak menggunakan smart rice cooker dari Joyon ini.

Produk ini menyediakan kapasitas 2 liter beras, sehingga Anda bisa menyediakan nasi untuk 15 orang hanya dalam sekali masak. Selain itu, terdapat pengatur waktu cerdas 24 jam yang mampu menjaga nasi tetap hangat dalam waktu yang lebih lama.

Menariknya lagi, innerpot pada Joyon smart rice cooker ini juga tebal dan tidak lengket. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Cuckoo Micom

foto-digital-rice-cooker-terbaik-yang-murah-multifungsi-dan-hemat-listrik-3

Harga: Rp849.000

Kuat, sporty, dan tahan lama

Merek Cuckoo dari Micom ini mengeluarkan digital rice cooker dengan kualitasnya yang terbaik, kuat dan tahan lama. Desainnya yang bergaya eropa dengan kombinasi warna putih dan merah yang mewah membuat digital rice cooker ini nampak menarik dan lebih sporty.

Digital rice cooker ini juga dilengkapi dengan layar LCD yang besar dengan tombol yang mudah, sehingga Anda juga lebih gampang dalam mengatur dan memilih berbagai fitur yang disediakan.

Adapun, kapasitasnya 1,08 liter atau setara dengan 6 cup. Untuk memasak memerlukan 580 watt, sementara untuk menghangatkan nasi saja hanya memakai 80 watt. Anda bisa membeli digital rice cooker ini di Shopee.



2. Han River Digital Rice Cooker

foto-digital-rice-cooker-terbaik-yang-murah-multifungsi-dan-hemat-listrik-2

Harga: Rp320.000

Tahan panas dan anti karat

Digital rice cooker dari Han River ini terbuat dari bahan baja yang berkualitas, anti karat, tahan terhadap panas yang tinggi dan awet meski dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Produk ini mampu menampung 2 liter beras sehingga cukup untuk makan 11 orang. Han River digital rice cooker ini menghabiskan daya 900 watt untuk memasak dan menghangatkan nasi.

Terdapat pula fungsi one touch atau sekali sentuhuntuk memasak dan memanaskan sehingga proses memasak Anda menjadi lebih gampang. Produk ini dapat digunakan juga untuk mengukus. Anda bisa membeli digital rice cooker ini di Shopee.

1. Cosmos 6 in 1

foto-digital-rice-cooker-terbaik-yang-murah-multifungsi-dan-hemat-listrik-1

Harga: Rp454.000

Nasi sehat dan matang sempurna

Digital rice cooker dari Cosmos ini terkenal sangat aman dipakai untuk menanak nasi dan juga menyehatkan karena dilengkapi dengan teknologi fuzzy logic 3D heating sehingga mampu membuat nasi tetap hangat, enak, tidak bau, sehat dan matang sempurna.

Selain itu, yang menarik adalah digital rice cooker ini sangat multifungsi dengan simbol 6 in 1 yaitu cook rice, congee, soup, steam, dan reheat. Kerennya, terdapat satu tombol khusus untuk memasak mie instan. Anda bisa membeli digital rice cooker ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli digital rice cooker, sebaiknya Andamempertimbangkan beberapa hal penting, seperti ukuran, kualitas bahan panci, variasi fitur, daya listrik, dan harganya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawatnya agar digital rice cooker lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waku yang lama.
  • Anda bisa memilih digital rice cooker dari Philips, karena sangat hemat listrik, kualitas terbaik, dan tahan lama.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin membeli digital rice cooker berkualitas dengan desainnya yang cantik dan harga terjangkau, Anda bisa memilih digital rice cooker dari Mito.
  • Namun, jika Anda ingin digital rice cooker yang canggih dengan desain elegan dan multifungsi, Anda bisa memilih digital rice cooker dari merek Ravelle.

Referensi

1. Kent R S(2019),Electric Rice Cooker Buying Guide: How to Choose the Best One,https://www.kent.co.in/blog/electric-rice-cooker-buying-guide-how-to-choose-the-best-one/
2. Raliancedigital (2019)How to Choose the Right Electric Rice Cooker, https://www.reliancedigital.in/solutionbox/how-to-choose-the-right-electric-rice-cooker/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Alat Masak Dapur Rice Cooker


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Digital Rice Cooker Terbaik yang Murah, Multifungsi, dan Hemat Listrik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »