Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


11 August 2020

10 Desktop PC Bagus dan Murah untuk Kebutuhan Kantor

By Cekresi .com
10 Desktop PC Bagus dan Murah untuk Kebutuhan Kantor


Desktop PC merupakan perangkat komputer yang digunakan untuk diletakkan di suatu tempat tertentu. Kebalikan dari desktop PC ini tentunya berbeda dengan laptop atau perangkat elektronik lainnya yang sifatnya portable.



Keberadaan desktop PC masih sangat dibutuhkan untuk mendukung beberapa jenis pekerjaan di perusahaan atau di kantor. Hal ini tidak lepas dari segi performa, kinerja, keamanan, serta harganya yang jauh lebih baik dari perangkat lainnya.

Karena itu, kami menyajikan artikel mengenai beberapa desktop PC bagus dan murah untuk kebutuhan kantor lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai desktop PC hingga cara perawatannya.

Pertimbangkan spesifikasi prosessor yang ditawarkan

Sama dengan perangkat keras lainnya, desktop PC juga dilengkapi prosessor sebagai pusat pengendali desktop. Tidak jarang bagian ini mendapat julukan sebagai otak dari desktop. Bahkan performa dan kecepatan kinerja desktop juga turut dipengaruhi bagian ini.

Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda mempertimbangkan spesifikasi prosessor ketika memilih desktop. Apalagi jika desktop tersebut diperuntukkan kantor yang memang membutuhkan performa dan kinerja yang cepat.

Dan beberapa pertimbangan yang dimaksud diatas,meliputi pertimbangan dalam menentukan jenis prosessor serta jumlah core yang ditawarkan.

Saat ini, terdapat dua jenis prosessor yang kerap digunakan oleh produsen pembuat desktop. Dua jenis prosessor tersebut meliputi prosessor jenis intel dan AMD. Namun dari dua jenis prosessor tersebut terbagi lagi menjadi beberapa tipe berdasarkan jumlah core yang ditawarkan.

Dari segi kualitas tentu jenis intel memiliki kualitas lebih unggul. Namun dari segi harga jenis AMD lebih ramah dikantong. Meski begitu, jenis AMD pun kini telah menawarkan tipe terbarunya yang mampu bersaing dengan jenis intel.

Sebagai bahan pertimbangan untuk memilih prosessor desktop PC untuk kantor, sebaiknya Anda memilih prosessor jenis intel core i5, i7, i9, atau xeon. Sedangkan untuk jenis AMD sebaiknya Anda memilih AMD Ryzen dan Ryzen Pro CPU.



Upayakan untuk tidak memilih jenis prosessor dengan sedikit jumlah core karena kualitas prosessor juga ditentukan banyaknya jumlah core.

Pilih RAM dengan kapasitas besar

Sebuah kantor tentu membutuhkan tempat penyimpanan besar untuk menyimpan file-file penting yang dimiliki. Dan besarnya kapasitas penyimpanan file ditentukan besarnya kapasitas RAM yang digunakan.

Oleh karena itu, ketika memilih desktop PC upayakan untuk memilih RAM dengan kapasitas besar. Upayakan untuk memilih RAM kapasitas 4 hingga 8 GB.

Jika file kantor yang akan disimpan umumnya berupa file dokumen, excel, ataupun power point, mungkin RAM 4 GB dapat dijadikan pilihan. Namun jika file yang yang akan disimpan berupa file dalam bidang desain grafis maka upayakan untuk memilih RAM 8 hingga 16 GB.

Dan ingat, besarnya kapasitas RAM juga turut menentukan seberapa cepat desktop PC tersebut bekerja. Semakin besar RAM maka semakin besar pula kecepatan kinerja desktop dalam bekerja.

Jadi, sesuaikan kapasitas RAM dengan kebutuhan kantor. Untuk kantor yang bergerak di bidang desain grafis sebaiknya memilih RAM kapasitas besar agar mampu membuka program lebih banyak serta melakukan pengeditan dengan cepat.

Tentukan pilihan antara Harddisk atau SDD

Harddisk drive telah dikenal lama menjadi sebuah komponen yang juga berperan dalam mekanisme kerja desktop PC. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data serta membantu kerja prosessor dalam membaca sebuah program yang sedang dijalankan.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak desktop PC versi terbaru yang beralih menggunakan SDD sebagai pengganti harddisk.

Penggunaan SDD dinilai lebih menguntungkan sebab memiliki kemampuan pembacaan data lebih cepat, berdaya lebih rendah, serta memiliki ukuran lebih kecil. Namun umumnya desktop PC dengan SDD dijual dengan harga mahal sehingga biaya pengeluaran kantor akan lebih besar.



Oleh karena itu, tentukan pilihan penggunaan tempat penyimpanan berdasarkan kebutuhan kantor. Pertimbangkan faktor mana yang Anda utamakan. Jika ingin menghemat pengeluaran maka pilih desktop dengan tempat penyimpanan harddisk.

Pertimbangkan kualitas monitor yang ditawarkan

Monitor kerap menjadi salah satu komponen yang spesifikasinya diremehkan ketika membeli desktop PC. Padahal, monitor yang berkualitas sangat dibutuhkan untuk mempermudah menyelesaikan pekerjaan kantor terutama untuk kantor yang bergerak dibidang desain grafis.

Ketika memilih monitor upayakan untuk memilih monitor jenis LED dengan ukuran minimal 24 inch yang dilengkapi resolusi full HD. Setidaknya dengan spesifikasi tersebut kualitas gambar yang dihasilkan akan terlihat nyata dan natural.

Selain itu, Anda juga bisa memilih monitor yang dilengkapi fitur anti silau dan speaker built in untuk menambah kenyamanan pekerja kantor saat bekerja di depan PC.

Pilih yang dilengkapi drive optik

Fitur drive optik mungkin tidak sepenuhnya diperlukan jika Anda sedang mencari desktop PC rumahan. Namun jika digunakan untuk kantor fitur tersebut bisa menjadi bagian sangat penting sebab terkadang data kantor juga perlu disimpan melalui DVD/VCD.

Oleh karena itu, pilih desktop PC berkualitas yang juga dilengkapi fitur drive optik agar pekerjaan kantor lebih mudah terselesaikan serta tidak membutuhkan biaya tambahan untuk membeli drive optik eksternal.

Cara merawat desktop PC

Sebagai upaya perawatan untuk menjaga performa serta tingkat keawetan desktop PC, maka lakukan beberapa hal berikut.



  • Bersihkan bagian luar desktop secara rutin menggunakan kain microfiber serta cairan khusus agar terhindar dari debu serta kotoran lainnya.
  • Lindungi desktop PC dari serangan virus dengan selalu mengupdate anti virus yang telah terinstall di desktop.
  • Pastikan Anda selalu mengupdate sistem operasi dan semua software yang digunakan untuk menjaga performa desktop tetap optimal.
  • Gunakan surge protector untuk melindungi desktop PC dari resiko lonjakan daya listrik yang dapat menimbulkan kerusakan.
  • Gunakan firewall untuk melindungi desktop PC dari berbagai ancaman, termasuk ancaman hacker.

10 Desktop PC bagus dan murah untuk kebutuhan kantor

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang desktop PC lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi desktop PC bagus dan murah untuk kebutuhan kantor dari berbagai merek berikut ini:

10. Lenovo Ideacentre 510

lenovo_ideacentre_510

Harga : Rp 6.000.000

Dilengkapi penyimpanan berbasis cloud yang mudah dan aman

Desktop PC dari brand Lenovo ini mengusung penggunaan prosessor jenis intel i3 6100 yang membuatnya cocok untuk memenuhi kebutuhan kantor. Dilengkapi performa kuat serta keahlian dibidang komputasi yang kerap dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas kantor.

Selain itu, desktop PC ini juga dilengkapi RAM DDR3 kapasitas 4 GB yang mampu menampung berbagai jenis file. Dilengkapi beberapa ports USB yang memungkinkan Anda menggunakan beberapa peripheral dalam satu waktu.

Dan uniknya, desktop PC ini juga dilengkapi sistem penyimpanan berbasis cloud yang mampu melakukan pencadangan secara otomatis. Dengan begitu Anda dapat mengakses file yang Anda butuhkan kapanpun dan dimanapun. Anda bisa membeli desktop PC ini di Shopee.

9. HP PC Slimline 290-P0031L

hp_pc_slimline_290_p0031l

Harga : Rp 6.293.000

Lebih hemat berkat kemampuan konsumsi daya yang rendah

Produk dari HP ini dibuat dengan prosessor model slim yang kompak dan praktis. Dilengkapi prosessor jenis intel yang tangguh serta dinilai mampu membuat pengeluaran kantor jadi lebih ringan karena membutuhkan konsumsi daya yang rendah.



Jenis RAM yang digunakan pun berkualitas yakni RAM jenis DDR4 kapasitas 4 GB yang mudah diupgrade. Selain itu, desktop PC ini juga dilengkapi harddisk ruang penyimpanan 1 TB dengan kapasitas 7200 RPM yang membuat kinerja prosessor semakin cepat.

Menggunakan sistem operasi windows 10 yang banyak dilengkapi fitur canggih terbaru serta sistem keamanan yang ideal. Anda bisa membeli desktop PC ini di Shopee.

8. Dell Inspiron All in One 3277

dell_inspiron_all_in_one_3277

Harga : Rp 5.790.000

Dilengkapi monitor desktop yang berkualitas

Dell terkenal dengan kualitas produknya yang handal dan tahan lama, sehingga tidak heran jika produk dari brand ini kerap digunakan perusahaan ternama. Dan salah satu produk dari Dell yang bagus dan cocok untuk memenuhi kebutuhan kantor adalah Dell Inspiron 3277 ini.

Dirancang khusus dengan desain All in One yang praktis dan cocok untuk kantor bertema modern. Dilengkapi prosessor jenis intel core i3 generasi ke tujuh yang unggul dari segi performa, tingkat keamanan, dan pengolahan grafis.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi layar monitor berkualitas yang terbukti dengan penggunaan layar tipe LED ukuran 21’5 inch dengan resolusi full HD serta teknologi panel IPS yang mampu membuat tampilan gambar terlihat lebih akurat dan nyata. Anda bisa membeli desktop PC ini di Shopee.

7. Acer Aspire TC 885

acer_aspire_tc_885

Harga : Rp 7.000.000



Dilengkapi prosessor desain kokoh serta performa yang tangguh

Meski dari segi tampilan terlihat kuno, namun desktop PC dari Acer ini dilengkapi prosessor dengan spesifikasi yang bagus. Mengusung penggunaan prosessor jenis intel pentium G5400 yang membuat kinerjanya semakin mumpuni.

Selain itu, desktop PC ini juga dilengkapi RAM DDR4 kapasitas 4 GB yang cukup untuk menyimpan file dengan sangat aman. Masih menggunakan penyimpanan harddisk namun dengan spesifikasi yang bagus dan mampu meningkatkan kinerja prosessor.

Tidak hanya itu, desktop PC ini juga dilengkapi drive optik yang akan memudahkan Anda membuka ataupun memburning file. Dilengkapi monitor desktop tipe LED ukuran 19’5 inch yang lebih terang dan hemat energi. Anda bisa membeli desktop PC ini di Shopee.

6. Dell Optiplex 3050

dell_optiplex_3050

Harga : Rp 7.316.000

Dilengkapi prosessor mini yang praktis dan canggih

Produk yang kami rekomendasikan ini tergolong desktop PC modern dengan prosessor ukuran mini yang praktis. Meski tergolong mini namun nyatanya spesifikasi dari prosessor produk ini pun tidak kalah berkualitas dibanding produk lainnya.

Apalagi dengan melihat perpaduan yang pas antara penggunaan prosessor jenis intel pentium G4400 dengan RAM jenis DDR4, dimana penggabungan dua tipe tersebut dinilai lebih responsif dan mampu meningkatkan kinerja desktop menjadi lebih cepat.

Selain itu, desktop PC ini juga dilengkapi harddisk ruang penyimpanan 500 GB serta monitor ukuran 19’5 inch yang cocok untuk mengerjakan pekerjaan kantor sederhana yang hanya menjalankan program ringan seperti Microsoft Office. Anda bisa membeli desktop PC ini di Shopee.



5. HP 280 Pro G5 MT- 9FY25PA

hp_280_pro_g5_mt_9fy25pa

Harga : Rp 11.040.000

Dilengkapi posessor intel generasi terbaru yang lebih mumpuni

Produk yang kami rekomendasikan ini cocok untuk Anda yang membutuhkan desktop PC dengan performa yang kuat. Dilengkapi prosessor jenis intel core i5 generasi ke sembilan yang sudah terintegrasi dengan GPU UHD 630.

Selain itu, kapasitas RAM dan ruang penyimpanan harddisk yang ditawarkan pun cukup mumpuni untuk mendukung kinerja prosessor agar lebih menakjubkan. Dilengkapi fasilitas drive optik yang terkadang dibutuhkan ketika menyelesaikan pekerjaan kantor.

Tidak hanya itu, desktop PC ini juga dilengkapi monitor LED namun dalam ukuran yang kecil yakni 18’5 inch. Anda bisa membeli desktop PC ini di Shopee.

4. Lenovo Think Centre M720T

lenovo_think_centre_m720t

Harga : Rp 7.480.000

Terlihat praktis dan ergonomis

Meski terbilang cukup mahal, namun spesifikasi yang ditawarkan desktop PC dari Lenovo ini sangat mumpuni untuk digunakan menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan kantor. Dilengkapi harddisk ruang penyimpanan 1 TB yang cukup untuk menampung berbagai jenis data kantor.

Dan untuk membuat performa dan kinerjanya semakin tangguh, desktop PC ini juga dilengkapi prosessor intel core i7 generasi ke delapan. Selain itu, desktop PC ini juga menggunakan sistem operasi terbaru yakni sistem operasi windows 10.



Dilengkapi fitur smart USB protection yang bertujuan untuk membatasi jumlah USB yang dapat mengakses desktop PC. Anda bisa membeli desktop PC ini di Shopee.

3. Dell Vostro 3670 MT

dell_vostro_3670mt

Harga : Rp 7.480.000

Dilengkapi prosessor dengan desain simpel dan elegan

Produk yang kami rekomendasikan ini bukan hanya unggul dari segi spesifikasi produk namun juga tampilan prosessor. Dilengkapi prosessor model tradisional dengan desain simpel yang dapat membuat tampilan kantor menjadi lebih elegan.

Selain itu, prosessor dari produk ini juga dilengkapi prosessor jenis intel core i5 generasi ke delapan yang dinilai memiliki kinerja cepat serta memiliki kemampuan menghasilkan kualitas virtual yang lebih canggih dibanding generasi sebelumnya.

Ruang penyimpanan harddisk serta kapasitas RAM yang ditawarkan pun cukup mumpuni untuk mendukung kecepatan kinerja prosessor, sebab produk ini dilengkapi HDD ruang penyimpanan 1 TB dan RAM kapasitas 4 GB. Anda bisa membeli desktop PC ini di Shopee.

2. Lenovo All in One V530

lenovo_all_in_one_v530

Harga : Rp 6.350.000

Dilengkapi dudukan layar yang ergonomis

Produk dari Lenovo memang sangat variatif. Hal ini terbukti dengan banyaknya tipe desktop yang ditawarkan dengan desain dan kualitas yang sengaja dirancang mengikuti perkembangan dan permintaan pasar.



Dan produk yang kami rekomendasikan ini cocok untuk Anda yang mencari desktop berkualitas dengan tampilan yang dapat membuat ruangan terlihat resmi dan profesional. Hal tersebut berkat desain layar monitornya yang modern, simpel dan multifungsi.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi spesifikasi prosessor yang mumpuni dengan penggunaan prosessor intel core i3 generasi ke sembilan serta RAM kapasitas 4 GB. Anda bisa membeli desktop PC ini di Shopee.

1. Acer All in One C20-830

acer_all_in_one_c20_830

Harga : Rp 4.290.000

Desktop PC harga ekonomis dengan tampilan futuristik

Perpaduan penggunaan desain layar yang tipis serta stand yang futuristik membuat tampilan produk Acer yang satu ini terlihat mengesankan. Dengan memilih produk ini dapat dipastikan tampilan ruang kantor Anda akan terlihat lebih indah dan nyaman.

Sama dengan produk lainnya, produk ini juga dilengkapi RAM kapasitas 4 GB. Namun bedanya produk ini dilengkapi prosessor intel Celeron J4005 yang ideal untuk menjalankan aplikasi Microsoft office.

Dilengkapi fitur drive optik yang akan membuat Anda terhindar dari resiko pengeluaran biaya tambahan untuk membeli drive optik eksternal. Anda bisa membeli desktop PC ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Untuk mendapatkan desktop PC bagus dengan harga murah, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti spesifikasi prosessor, RAM, harddisk, serta monitor yang ditawarkan.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar desktop PC yang Anda miliki awet dan tetap memiliki performa yang tangguh.
  • Anda bisa memilih desktop PC Lenovo Ideacentre 510,karena desktop PC ini dilengkapi spesifikasi yang bagus serta sistem penyimpanan yang mudah dan aman.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih desktop PC Vostro 3670 MT, karena memiliki performa yang andal dan kinerja yang lebih mumpuni.
  • Namun, jika Anda menginginkan desktop PC berkualitas dengan desain mengesankan serta dijual dengan harga yang ekonomis, maka Anda bisa memilih desktop PC Acer All in One C20-830.

Referensi

  1. Domingo, J. S & Brant, T (2020), The Best Business Desktops for 2020, https://sea.pcmag.com/desktops/14175/the-best-business-desktops-for-2020
  2. Finchum’s Computer Service (2019), 5 Ways To Take Care of Your Computer, https://finchumfixesit.com/computer-tips/5-ways-to-take-care-of-your-computer/





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Desktop PC Bagus dan Murah untuk Kebutuhan Kantor", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »