Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


31 July 2021

10 Cup sealer Terbaik untuk Mengemas Minuman Kekinian

By Cekresi .com
10 Cup sealer Terbaik untuk Mengemas Minuman Kekinian


Bagi pebisnis minuman kekinian, kemasan yang menarik menjadi strategi terbaik untuk menjaring pelanggan. Salah satu alat wajib untuk mengemas minuman adalah cup sealer, atau alat press cup gelas plastik.



Jika diamati, Sebagian besar kemasan minuman kekinian menggunakan gelas plastik yang tersegel rapi. Selain lebih praktis, mengemas produk menggunakan cup sealer terbaik juga membuat produk minuman kekinian lebih mudah dibawa karena anti tumpah.

Keuntungan menggunakan cup sealer untuk mengemas minuman

Saat ini, tidak sulit menemukan produk cup sealer terbaik di pasaran. Beberapa diantaranya bahkan dibekali berbagai fitur canggih, misalnya ukuran mesin press yang disesuaikan dengan jenis minumannya, seperti es kopi susu, boba, milk shake dan sejenisnya hingga alat press gelas plastik yang dibekali fitur otomatis.

Maka dari itu, cup sealer sangat direkomendasikan bagi Anda yang berbisnis di bidang makanan dan minuman siap saji. Tidak hanya untuk industri besar sekelas restoran dan café, cup sealer juga digunakan oleh para pebisnis UMKM yang membuka kios minuman kecil di pinggir jalan, maupun di emperan toserba waralaba.

Selain memudahkan urusan pengemasan produk, cup sealer terbaik juga memiliki berbagai keuntungan lain, di antaranya:

  • Praktis dan hemat biaya

Cup sealer yang beredar di pasaran dirancang khusus untuk membantu Anda mengemas produk. Maka dari itu, penggunaannya pun sangat praktis dan mudah.

Selain itu, daya yang digunakan pun cukup irit, yaitu sekitar 300 hingga 400 watt. Anda bisa menggunakan alat press cup gelas plastik untuk mengemas ratusan gelas minuman setiap hari, dengan waktu yang cepat, praktis dan efisien.

  • Sebagai alat branding

Branding menjadi satu di antara strategi yang penting bagi pelaku usaha. Dengan memiliki cup sealer, Anda bisa mengemas produk dengan tambahan logo atau brand Anda sendiri.

Penutup gelas yang digunakan pada cup sealer, bisa Anda branding sesuai keinginan. Sehingga, setiap kemasan minuman kekinian yang dijual, dapat menjadi media promosi yang efektif kepada pelanggan Anda.



  • Tampilan produk terlihat lebih profesional

Saat ini, visual adalah segalanya. Dengan cup sealer terbaik, Anda bisa mendapatkan tampilan produk yang lebih rapi dan menarik. Produk yang dikemas menarik, tentu akan lebih meyakinkan pelanggan ketika ingin membelinya.

  • Produk lebih bersih dan higienis

Satu lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari alat press gelas plastik adalah, produk yang Anda jual menjadi lebih bersih dan higienis.

Karena tersegel rapat, produk minuman kekinian yang Anda jual menjadi lebih aman, tidak mudah tumpah dan tentunya terlindung dari kotoran yang bisa saja masuk ke dalam produk yang terbuka.

Tips memilih cup sealer

Setelah mengetahui keuntungannya, Anda juga harus mengetahui cara memilih cup sealer agar mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda perhatikan ketika memilih alat press cup gelas plastik, antara lain:

  • Perhatikan material yang digunakan

Poin pertama yang harus Anda perhatikan saat ingin memilih cup sealer terbaik adalah material yang digunakan.

Produk alat press cup gelas plastik yang bagus umumnya dari bahan stainless steel tebal pada body utama, perangkat mesin, hingga penyangga gelasnya. Beberapa bagian lain terbuat dari bahan plastik tebal yang kokoh dan mudah dibersihkan.

  • Perhatikan fungsi dan cara penggunaannya

Setelah mengetahui material yang digunakan, selanjutnya Anda tentu harus mengetahui fungsi dan cara menggunakan cup sealer yang Anda pilih.



Umumnya, mesin press cup gelas plastik terdiri dari mesin pemanas yang berfungi untuk menyegel tutup plastik pada mulut gelas. Suhu atau temperatur mesin pemanas pada cup sealer umumnya berkisah di angka 150 derajat.

Untuk menyegel tutup plastik, Anda hanya perlu mengarahkan lid cup atau rol yang berisi lembaran tutup plastik pada mulut gelas yang ingin ditutup.

Setelah posisi yang diinginkan telah sesuai, Anda tinggal menekan tuas yang ada di sebelah kanan mesin selama kurang lebih 2 – 3 detik untuk mesin press cup gelas plastik manual. Sedangkan untuk yang otomatis, proses penyegelan dapat dilakukan oleh mesin sendiri.

  • Perhatikan fitur dan jenisnya

Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, cup sealer terdiri dari tiga jenis, yaitu mesin press cup gelas plastik manual, semi otomatis dan cup sealer otomatis.

Maka dari itu, Anda harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Karena, semakin canggih dan besar kapasitasnya, maka semakin mahal pula harga yang harus Anda bayar untuk memiliki sebuah cup sealer terbaik.

Bagi pebisnis UMKM yang menjalankan kios minuman kekinian kecil, alat press cup gelas plastik manual bisa menjadi pilihan terbaik. Selain lebih murah, kapasitas cup sealer jenis ini juga dirancang sesuai dengan kebutuhan usaha kecil dan menengah.

Sedangkan bagi bisnis yang sudah mulai berkembang, sehingga Anda mulai kewalahan menerima permintaan pelanggan, ada baiknya beralih pada cup sealer semi otomatis.



Berbeda dengan yang manual, cup sealer semi automatis dilengkapi kode sensor khusus yang dapat memposisikan lid atau rol plastik ke atas mulut gelas. Sehingga Anda tidak perlu repot lagi memposisikan lid dengan gelas secara manual.

Nah, bagi Anda yang menginginkan kepraktisan yang maksimal, cup sealer tipe otomatis dapat menjadi pilihan yang tepat.

Sesuai namanya, alat press cup gelas plastik jenis ini dirancang serba otomatis. Anda hanya perlu meletakkan gelas pada moulding atau tatakannya, dengan sedirinya produk minuman Anda tersegel dengan rapi, sehingga proses pengemasan produk menjadi lebih cepat, efektif dan efisien.

  • Perhatikan harganya

Dari ulasan di atas, Anda tentu sudah bisa mempertimbangkan jenis cup sealer terbaik yang cocok untuk bisnis Anda kan? Jadi, semakin canggih dan besar kapasitas cup sealer yang Anda gunakan, tentu akan semakin mahal pula harganya.

Sebagai pertimbangan, umumnya alat press cup gelas plastik yang beredar dipasaran dibanderol mulai harga Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah. Maka dari itu, Anda harus mempertimbangkan besaran budget dengan keperluan bisnis yang Anda jalankan.

  • Perhatikan ulasan pelanggannya

Last but not least, setelah mendapatkan produk yang sesuai, tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan juga ulasan pelanggan yang pernah menggunakan produk cup sealer tersebut. Semakin baik ulasan atau review positifnya, maka dapat dipastikan produk tersebut juga memiliki kualitas yang baik.

Ada banyak cara untuk melihat ulasan pelanggan, yang termudah Anda bisa mengunjungi website perusahaan yang memproduksi cup sealer, atau melihat review produk mereka di Google Business Sites dan platform sosial media.

Anda juga bisa mengunjungi grup-grup peggiat kuliner atau pebisnis minuman kekinian yang menggunakan cup sealer untuk mengemas produknya.



Cara merawat cup sealer agar lebih awet

Setelah mengetahui cara memilih cup sealer terbaik, selanjutnya Anda juga harus mengetahui cara merawat alat press cup gelas plastik agar lebih awet, dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama, sebagai berikut:

  • Atur temperatur pemanas agar tidak lebih dari 150 derajat celcius, agar tidak merusak plastik penyegel dan kemasan gelas plastik yang digunakan.
  • Gunakan mesin sesuai kapasitasnya. Jika dirancang untuk 300 sampai 400 gelas sehari, hindari pemakaian berlebihan.
  • Sangat disarankan untuk membatasi penggunaan cup sealer maksimal 4 jam pemakaian. Istirahatkan mesin selama 30 menit sampai 1 jam sebelum digunakan kembali, untuk memperpanjang usia pakainya.
  • Bersihkan setiap bagian cup sealer menggunakan cairan pembersih dan desinfektan setelah selesai digunakan.
  • Letakkan cup sealer di tempat yang aman, kering dan jauh dari jangkauan anak-anak.

10 Rekomendasi cup sealer terbaik untuk mengemas minuman kekinian

Setelah Anda mengetahui berbagai hal terkait cup sealer hingga cara merawatnya, maka perkenankan kami menyajikan 10 produk cup sealer terbaik dari berbagai merek berikut ini.

10. Q2 Cup Sealer

gambar-rekomendasi-cup-sealer-terbaik-10

Harga: Rp 570.000

Dapat digunakan untuk banyak ukuran kemasan

Alat press cup gelas plastik yang satu ini bisa menjadi pilihan yang menguntungkan bagi Anda. Q2 Cup sealer dibekali penyegel yang bisa digunakan untuk berbagai ukuran kemasan, yang terkecil mulai dari 220 ml atau seukuran gelas air mineral.

Selain itu, cup sealer ini juga memiliki bobot yang cukup ringan yaitu 12 kg, sehingga memudahkan Anda saat ingin memindahkannya ke tempat lain. Dengan harga di kisaran Rp 500 ribuan, Anda bisa membeli produk Q2 Cup sealer ini di Shopee.

9. Nagako Cup Sealer

gambar-rekomendasi-cup-sealer-terbaik-9

Harga: Rp 625.000

Pilihan pebisnis UMKM

Merek lokal yang satu ini mungkin sudah cukup terkenal di kalangan pelaku UMKM. Nagako menjadi salah satu brand lokal yang memproduksi berbagai alat untuk industri kuliner.



Selain alat untuk menggiling tepung mie dan daging, Nagako juga mengeluarkan produk cup sealer. Soal kualitas, jangan ditanya, cup sealer buatan Nagako menjadi favorit bagi pebisnis minuman kekinian.

Karena harganya yang cukup ekonomis, ditambah kualitasnya yang mumpuni, cup sealer Nagako disukai oleh pelaku bisnis minuman boba, cokelat kocok, milk shake level rumahan atau kios kecil berbasis waralaba. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

8. Getra ET-D8

gambar-rekomendasi-cup-sealer-terbaik-8

Harga: Rp 925.000

Reputasi bagus, kualitas terjamin

Siapa yang tidak kenal dengan merek yang satu ini. Getra menjadi satu di antara pelopor alat-alat industri kuliner yang diakui kualitasnya. Satu di antara produk besutan Getra tervaforit adalah alat press cup gelas plastik Getra ET-D8.

Saking terkenalnya, banyak produk serupa yang mengusung kode D8 sebagai branding untuk menyaingi produk ini. Namun, soal kualitas boleh diadu, Getra ET-D8 menjadi alat press cup gelas plastik manual terbaik di kelasnya.

Dibekali mesin sealer seberat 2 kilogram, Getra ET-D8 mampu mengemas gelas plastik hingga 1.066 cup gelas per hari. Dengan kualifikasi semumpuni ini, Getra ET-D8 dibanderol kurang dari Rp 1 juta. Anda bisa membeli alat press cup ini di Shopee.

7. Carlton CT D8

gambar-rekomendasi-cup-sealer-terbaik-7



Harga: Rp 670.000

Dilengkapi counter digital untuk menghitung segel plastik

Satu lagi alat press cup plastik manual yang patut diperhitungkan. Walau tidak setenar produk sejenisnya, Carlton CT D8 cukup laris dipasaran.

Dengan bobot sekitar 10 kilo gram, dan harga yang tak menguras kantong, cup sealer ini sudah dilengkapi counter digital. Fitur ini berfungsi untuk menghitung berapa banyak jumlah plastik sealer yang keluar dari lid, atau sudah digunakan. Anda bisa membeli produk Carlton CT D8 ini di Shopee.

6. PowerPack CS-S929 Semi Automatic Cup Sealer

gambar-rekomendasi-cup-sealer-terbaik-6

Harga: Rp 1.666.000

Cup sealer semi otomatis terfavorit

Bagi Anda yang sudah mulai kewalahan menerima pesanan, cup sealer yang satu ini layak untuk dipertimbangkan. Dibekali mesin semi otomatis, Power Pack CS-S929 menjadi satu di antara alat kemas minuman kekinian terfavorit di kalangan pebisnis.

Fitur semi otomatisnya dapat Anda manfaatkan untuk memudahkan penempatan plastik seal ke mulut gelas yang akan dikemas.

Dengan sensor khusus, lid atau rol plastik akan melakukan penyegelan otomatis ketika diisi oleh gelas plastik. Anda bisa membeli Power Pack CS-S929 ini di Shopee.

5. Eton ET-A9

gambar-rekomendasi-cup-sealer-terbaik-5

Harga: Rp 3.400.000

Dapat mengemas 300 cup per jam

Jika cup sealer semi otomatis masih membuat Anda kewalahan menerima pesanan, maka sudah saatnya untuk beralih ke cup sealer otomatis. Eton ET-A9 menjadi salah satu alat press cup gelas plastik yang direkomendasikan oleh banyak pebisnis minuman kekinian.



Mesin yang satu ini terbukti mampu mengemas berbagai produk seperti bubble tea, milk shake, es kopi susu kekinian dengan lebih rapi dan cepat.

Soal keandalan, jangan diragukan lagi, Eton ET-A9 mampu mengemas hingga 300 gelas plastik per jamnya. Sehingga sangat cocok bagi para pemilik kedai, café, stand makanan cepat saji bahkan kios kecil sekalipun. Anda dapat membeli cup sealer ini di Shopee.

4. Mollar ET-Q7

gambar-rekomendasi-cup-sealer-terbaik-4

Harga: Rp 4.999.000

Bisa untuk gelas jumbo dan mengemas 400 cup per jam

Masih di kategori cup sealer otomatis, Mollar ET-Q7 bisa menjadi pilihan lain yang direkomendasikan. Dirancang untuk mengemas berbagai kemasan minuman, cup sealer otomatis ini memiliki moulding beraneka ukuran dan dapat digunakan untuk menyegel gelas berukuran besar.

Dengan sensor khusus, Anda tidak perlu lagi memposisikan gelas pada rol plastik dan menarik tuas untuk menyegelnya. Soal kemampuan pengemasan, Mollar ET-Q7 mampu mengemas hingga 400 gelas per jamnya.Anda bisa membeli alat ini di Shopee.

3. Omicko C37

gambar-rekomendasi-cup-sealer-terbaik-3

Harga: Rp 565.000

Pilihan pebisnis waralaba

Dengan spesifikasi fitur yang cukup baik, Omicko C37 menjadi salah satu pilihan bagi para pebisnis waralaba. Maka tidak heran jika cup sealer yang satu ini kerap digunakan pada gerai minuman kekinian berbasis waralaba seperti jelly bubble, es cappuccino cincau hingga thai tea.



Dibekali mesin berdaya 300 watt, dan moulding cup berbagai ukuran, cup sealer ini dapat digunakan untuk mengemas gelas plastik dari ukuran 220 ml hingga 650 ml atau 22 oz. Temperatur sealer-nya pun dapat diatur dari 150 derajat celcius hingga 250 derajat celcius.

Untuk urusan kegunaan, Omicko C37 mampu mengemas hingga 400 gelas plastik per jamnya.Anda bisa membeli produk cup sealer Omicko C37 ini di Shopee.

2. PowerPack CS-ZF07 Full Automatic Cup Sealer

gambar-rekomendasi-cup-sealer-terbaik-2gambar-rekomendasi-cup-sealer-terbaik-2

Harga: Rp 4.632.000

Mengemas lebih cepat, efektif dan efisien

Bagi Anda yang menginginkan alat press cup gelas plastik berspesifikasi tinggi, maka PowerPack CS-ZF07 menjadi pilihan yang tepat. Dibekali mesin full otomatis, cup sealer ini dirancang khusus untuk kebutuhan profesional.

Tidak seperti cup sealer manual dan semi otomatis, Anda tidak akan menemukan tuas atau lever pada mesin ini, karena semua fungsi pengemasan hingga pengaturan temperatur sealer dapat Anda lakukan hanya dengan menekan satu tombol.

Selain itu, PowerPack CS-ZF07 juga memiliki digital counter yang dapat menghitung jumlah seal plastik yang sudah digunakan. Anda dapat membeli PowerPack CS-ZF07 ini di Shopee.

1. Wyzworks Cup Sealing Machine

gambar-rekomendasi-cup-sealer-terbaik-1



Harga: Rp 22.645.000

Dibekali sensor yang presisi, dapat mengemas 650 gelas per jam

Satu lagi produk cup sealer otomatis yang patut diperhitungkan. Wyzworks dibekali mesin dan material berkualitas tinggi. Dibuat dari bahan stainless steel berbalut chrome yang kuat dan anti karat, alat press cup plastik ini dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis profesional seperti hotel dan restoran.

Soal kemampuan pengemasan, jangan ditanya, cup sealer import ini dapat digunakan untuk mengemas hingga 650 cup per jamnya.

Berbeda dari mesin semi otomatis lainnya, Wyzworks dibekali sensor atau scanner yang lebih presisi dan sensitif, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin menampilkan brand produk pada plastik seal dengan lebih baik. Anda bisa membeli alat ini di Tokopedia.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli alat press cup gelas plastik, sebaiknya perhatikan material, cara penggunaan, fitur, dan ulasan pelanggannya.
  • Anda juga harus mengetahui cara merawat cup sealer agar awet dan dapat digunakan dalam jangka panjang.
  • Anda bisa memilih Omicko C37, Carlton CT D8, Q2 Cup Sealer, Nagako Cup Sealerdan Getra ET-D8 jika menginginkan cup sealer manual dengan harga terjangkau.
  • Namun, bagi Anda yang menginginkan cup sealer semi otomatis dan full otomatis, Anda bisa memilih PowerPack CS-S929 Semi Automatic Cup Sealer, Eton ET-A9, Mollar ET-Q7, dan PowerPack CS-ZF07 Full Automatic Cup Sealer.
  • Khusus bagi Anda pelaku bisnis besar yang membutuhkan cup sealer otomatis berkualitas tinggi, Anda bisa memilih Wyzworks Cup Sealing Machine.

Referensi

1. Dinu Das (2020), Best Gaming Pro, The 5 Best Cup Sealing Maching 2020, https://bestgamingpro.com/best-cup-sealing-machines/
2. Boss Packing (2020), Cermati Dulu Sebelum Membeli Cup sealer Bekas, http://www.bosspacking.com/blog/cermati-dulu-sebelum-membeli-cup-sealer-bekas/
3. Tehnik Mesin (2019), Merk Mesin Cup sealer Terbaik, https://tehnikmesin.com/2019/10/merk-mesin-cup-sealer-terbaik.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Kemasan Perekat Pastik Sealer


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Cup sealer Terbaik untuk Mengemas Minuman Kekinian", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »