Cek Resi All-in-One 50 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


06 Aug 2020 09:06

10 Cultivator Tanah Terbaik untuk Pertanian Lahan Kecil dan Menengah

By Cekresi Plus


Cultivator tanah merupakan produk yang sangat dibutuhkan oleh petani untuk mengolah lahan pertanian menjadi siap tanam. Pemilihan cultivator yang tepat dapat membantu pekerjaan para petani lebih mudah dan efektif, terutama untuk pertanian lahan kecil dan menengah.

Ada banyak produsen cultivator tanah yang menawarkan beragam jenis produk, mulai dari harga belasan hingga ratusan juta rupiah. Namun, untuk bisa mendapatkan cultivator terbaik, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti jenis mesin, ukuran, serta model produknya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa produk cultivator tanah yang sesuai dengan tipe lahan pertanian di Indonesia.Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai cultivator beserta cara perawatannya.



Pertimbangkan power mesin cultivator dengan tipe serta luas tanah pertanian

Tidak setiap cultivator cocok untuk semua jenis lahan pertanian, bukan hanya tipenya, tetapi juga jenis mesin yang digunakan.Kesalahan pemilihan teknologi dan kapasitas mesin dapat membebani biaya produksi dan perawatan.

Untuk tanah pertanian kecil dan menengah, sangat disarankan untuk memilih mesin berjenis 4-stroke yang kuat, ringan, dan hemat bahan bakar. Namun, cultivator 2-stroke pun masih cukup populer di Indonesia. Sebab, selain harganya yang murah, biaya bahan bakarnya juga ringan.

Selain jenis teknologi, Anda juga harus mempertimbangkan power (HP) cultivator dengan cermat. Untuk lahan pertanian kecil, Anda akan membutuhkan mesin dengan kekuatan 7HP. Dengan tenaga mesin 7HP Anda sudah dapat mengolah tanah dengan luas hingga 1000 meter persegi.

Pilih tipe transmisi mesin cultivator yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan lahan

Proses pengultivasian tanah merupakan pekerjaan yang cukup berat, baik untuk operator maupun cultivator itu sendiri. Normalnya Anda bisa bekerja lebih dari 8 jam selama pengolahan tergantung luas serta jumlah mesin yang dioperasikan.

Dengan jam kerja yang panjang, Anda memerlukan cultivator dengan jenis transmisi yang sesuai supaya tidak terlalu membebani mesin. Tipe transmisi standar atau manual banyak ditemukan di toko alat pertanian di Indonesia. Cultivator manual memakai sistem kopling untuk mengganti gear, dan Anda memerlukan pengalaman yang cukup bila ingin mengendalikan produk jenis ini.

Kemudian ada cultivator transmisi hidrolik, atau biasa disebut otomatis. Cultivator hidrolik menggunakan pedal untuk mengendalikan tekanan hidrolis. Cara pemakaiannya mudah, yakni mirip menyetir mobil.Lalu ada i-HMT, cultivator bertransmisi jenis ini menggunakan sistem hidrostatis yang memiliki sedikit getaran mesin.

Perhatikan kemampuan rear power take-off cultivator

Rear power take-off atau biasa ditulis dalam bentuk rpm merupakan jumlah putaran optimum mesin per menit. Semakin besar power take-off mesin, semakin besar pula tenaga serta kecepatan akselerasi cultivator saat digunakan mengolah tanah.

Jumlah power take-off atau rpm mesin cultivator terendah yang mampu digunakan dengan nyaman adalah 540-rpm. Namun, sangat disarankan untuk memakai cultivator dengan rpm diatas 1000, sebab jenis tanah pertanian Indonesia umumnya sangat padat atau keras.

Anda bisa memilih cultivator ber-rpm dibawah 1000 untuk jenis traktor tangan, karena cukup mudah dikendalikan. Walapun, kebanyakan produk cultivator di Indonesia memiliki power take-off hingga 1800 bahkan ada yang 3600-rpm. Hal ini telah dipehitungkan oleh produsen alat pertanian mengingat keunikan tanah dan lahan itu sendiri.

Pilih produk cultivator dengan jaminan pelayanan serta kemudahan suku cadang

Anda bisa menemukan sangat banyak produsen cultivator berteknologi menarik dengan harga terjangkau. Namun, hanya fokus pada fitur teknologinya saja merupakan hal yang kurang baik. Sebab, ada banyak produk impor yang tidak memiliki toko resmi di Indonesia.

Kehadiran toko resmi ini sangatlah penting, karena Anda akan membutuhkan perawatan bulanan serta penggantian suku cadang berkala. Karena itu, pilih produk cultivator yang memberikan jaminan pelayanan atau memiliki service centre yang dekat dengan kota Anda.

Anda bisa membeli cultivator, seperti Firman, Quick, Yanmar, bahkan pabrikan Jepang, seperti Kubota yang menawarkan kemudahan membeli suku cadang. Membeli produk dari negara lain, seperti di Eropa tentu menjamin kebaharuan teknologi, akan tetapi apakah Anda sudah siap untuk mengimpor suku candangnya juga.

Cara merawat cultivator tanah yang mudah dan benar

Supaya cultivator tanah Anda tetap berperforma baik, dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama, maka Anda perlu memberikan beberapa perawatan secara berkala. Berikut beberapa tips cara merawat mesin cultivator tanah yang dapat dilakukan secara mandiri:

  • Bersihkan filter udara mesin cultivator setelah dipakai untuk bekerja di lading/sawah. Lalu bersihkan elemen filter udara dengan cairan khusus, atau pun bensin. Dan, jangan lupa memeriksa kondisi busa penyaring udara. Segera ganti dengan busa baru apabila ada bagian yang rusak.
  • Setelah memeriksa filter, periksa juga bagian karburator mesin cultivator Anda. Bila terlihat cukup kotor, bersihkan bagian dalam manifold karburator dengan alat kuas. Namun, lebih disarankan untuk memakai injector cleaner supaya kotoran bisa dibersihkan dengan maksimal.
  • Ganti oli mesin cultivator tanah dengan rutin dan terjadwal. Namun,Anda juga bisa memeriksa kondisi oli dengan membandingkan warnanya. Bila oli berwarna hitam pekat, segeralah mengganti dengan oli baru.
  • Gantilah tiner atau gear cultivator yang telah using atau patah. Hal ini penting untuk dilakukan, sebab dengan kondisi tiner yang buruk, beban kerja Anda dan mesin akan bertambah.
  • Cuci cultivator setelah digunakan, namun Anda harus berhati-hati supaya tidak menyiram mesin secara langsung. Bersihkan ban, tiner, serta komponen lain yang kotor dan tertutup oleh lumpur.

10 Cultivator tanah terbaik untuk pertanian lahan kecil dan menengah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang cultivator tanah lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan beberapa rekomendasi produk cultivator untuk lahan pertanian kecil dan menengah dari berbagai merek berikut ini:

10. STIHL Power Weeder BC 230 Cultivator Tiller

stihl_power_weeder_bc_230_cultivator_tiller
Harga : Rp 4.000.000

Cultivator tiller simple yang sempurna untuk lahan pertanian kecil

STHIL Power Weeder BC 230 merupakan cultivator tiller jenis kecil yang sangat sesuai untuk digunakan mengolah lahan pertanian kecil.Selain sangat mudah digunakan, BC 230 juga cukup ringan dalam hal biaya perawatan berkalanya.

STHIL BC 230 dilengkapi dengan mesin berkekuatan 2.1 horse power (HP) 40.2Cc. Sedangkan cultivated width/depth BC 230 adalah 25/9 cm. Produk ini sangat cocok untuk pertanian tanah kering. Anda bisa membeli cultivator ini di Shopee.

9. Firman FTL900H

firman_ftl900h
Harga : Rp 7.755.000

Cultivator terbaik untuk segala jenis lahan pertanian dengan 4-stroke7 Horse Power

Firman FTL900H merupakan cultivator tanah multifungsi yang kuat namun irit bahan bakar. Cultivator ini menggunakan mesin 4-tak dengan kekuatan 7HP, dan memiliki putaran mesin hingga 3600rpm. Serta, Anda hanya membutuhkan 4 liter bahan bakar untuk 4 jam pengoperasian.

FTL900H juga mampu membajak lahan sawah Anda hingga kedalaman 30cm dengan lebar 120cm. Tidak hanya itu, cultivator ini dapat digunakan untuk mengolah lahan dengan luas 2000 meter persegi hanya dalam waktu 1 jam saja.

Bahkan bila lahan pertanian Anda memiliki elevasi kemiringan yang cukup tinggi, Firman FTL900H juga sanggup dioperasikan di tempat dengan kemiringan hingga 30 derajat. Anda bisa membeli cultivator ini langsung di Shopee.

8. Firman FTL650A

firman_ftl650a
Harga : Rp 18.463.000

Cultivator untuk lahan pertanian menengah dengan fungsi dinamis

Firman FTL650A adalah cultivator tahan yang memiliki kemampuan segarang penampilannya. FLT650A memiliki kemampuan mesin hingga 9 Horse Power (HP) serta putaran mesin 3600 rpm. Seperti produk firman lainnya, cultivator ini dapat digunakan untuk proses kultivasi berbagai jenis tanah.

Tidak hanya itu, FTL650A juga memiliki 4 jenis blade dengan berbagai fungsi, yakni weeding wheel, rotary blade, ditcher blade, serta iron wheel. Selain itu, FTL650A juga mampu mengaduk tanah dengan kedalaman hingga 15cm dengan cakupan 65cm. Anda bisa membeli cultivator ini di Shopee.

7. QUICK GX200T2 QTBC Blade B Cakar Baja

quick_gx200t2_qtbc_blade_b_cakar_baja
Harga : Rp 12.800.000

Produksi menjadi jauh lebih efisien

Produk cultivator Quick telah dikenal dan terbukti mampu mengolah tanah pertanian Indonesia yang beragam. Quick GX200T2 dapat mengkultivasi lahan Anda dengan kapasitas kerja 1370 meter persegi dalam waktu satu jam saja.

Cultivator ini menggunakan mesin dari Honda GX200 serta memiliki tenaga hingga 6.5 Horse Power (HP). Anda juga tidak perlu meragukan kualitas komponen dari Quick, sebab semua material penyusun mesin bajak sawah GX200T2 telah berstandar ISO 9001. Anda bisa membeli cultivator ini di Tokoquick.

6. Quick Traktor Tangan GX200T LHB2

quick_traktor_tangan
Harga : Rp 14.220.000

Cultivator khusus untuk pertanian sawah basah

Quick GX200T LHB2 atau biasa dikenal dengan traktor tangan capung rawa merupakan salah satu produk cultivator paling populer untuk para petani tanah basah, seperti padi. GX200T sangatlah mudah digunakan, sebab hanya menerapkan satu kecepatan dengan sistem transmisi kombinasi gear-chain.

Walapun terkesan ringan, cultivator ini mampu bekerja dengan tenaga hingga 6.5 Horse Power (HP) 1800rpm. Selain itu, GX200T memakai mesin berasal dari pabrikan Honda yang sudah sangat ahli dalam bidang teknologi mesin.Anda bisa membeli cultivator ini di Tokoquick.

5. Kubota Rotary Tiller KRX164NE

kubota_rotary_tiller_krx164ne
Harga : Rp 48.200.000

Cultivator 4-Wheel dengan pisau cacah hingga 32 buah

Kubota KRX164NE merupakan cultivator yang sempurna untuk lahan pertanian menengah hingga besar. Dengan sistem 4 roda, waktu pengerjaan lahan akan jauh lebih efisien. Terlebih lagi, cultivator ini memiliki pisau cacah berjumlah hingga 32 buah yang dapat dengan sangat memudahkan proses penggemburan tanah.

Namun, fungsi dari KRX164NE tidak hanya untuk menggemburkan tanah saja. Culivator ini terbukti cukup kuat dipakai untuk mencacah berbagai komponen di dalam tanah, seperti batang pohon, lempung padat, hingga akar besar. KRX164NE sangat cocok untuk dipakai saat pembukaan lahan baru.Anda bisa membeli cultivator ini di Jualo.

4. Yanmar YZC Rotary Traktor

yanmar_yzc_rotary_traktor
Harga : Rp 37.750.000

Cultivator compact bertenaga 10 Horse Power untuk tanah pertanian kering dan basah

Yanmar YZC merupakan cultivator tangan dengan akselerasi mesin hingga 2400 rpm yang dirancang khusus untuk tanah pertanian Indonesia.Anda bisa melibas berbagai jenis tanah dan lahan dengan mudah, sebab cultivator ini menggunakan mesin TF105ML-DI bertransmisi kombinasi gear-chain.

Yanmar YZC sangatlah mudah dioperasikan, oleh karena itu cultivator ini masuk daftar alat pertanian paling diminati di Indonesia. Namun, Anda harus berhati-hati saat mengoperasikan YZC, sebab dengan berat 400kg dan dimensi besar tentu akan berbahaya bila ceroboh dalam mengoperasikannya. Anda bisa membeli cultivator tanah ini di Shopee.

3. Quick Zena Rotary Traktor

quick_zena_rotary_traktor
Harga : Rp 39.700.000

Cultivator spesialis lahan kering dengan tenaga 11 Horse Power

Quick Zena Rotary merupakan cultivator multi-fungsi dengan spesifikasi untuk mengolah lahan pertanian kering, seperti jagung, tebu, hingga tembakau. Cultivator ini tidak hanya mampu mengultivasi tanah dengan waktu yang sangat efisien, tetapi juga dapat dipakai untuk membuat bedengan di lahan sawah.

Zena Rotary menggunakan sistem transmisi kombinasi gear-chain dengan enam jenis kecepatan, maju (3), mundur (1), dan rotary (2). Walaupun memiliki dimensi yang besar, Zena hanya memiliki berat 300kg dan sangat mudah untuk dikemudikan.

Zena Rotary juga menduduki daftar sebagai salah satu cultivator dengan efisiensi kerja terbaik. Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk mengerjakan 7.3ha lahan kering dan 6.9ha lahan basah. Anda bisa membeli cultivator ini Shopee.

2. Galaxy GLX-702 Traktor Diesel

galaxy_glx_702_traktor_diesel
Harga : Rp 253.000.000

Cultivator lahan kering super 70 Horse Power dengan mesin 4 silinder diesel direct injection

Galaxy GLX-702 adalah cultivator lahan kering dengan power mantap untuk kebutuhan pertanian dengan luas menengah hingga besar. Anda bahkan dapat mengolah lahan dari pagi hingga petang dengan GLX-702. Cultivator ini memiliki semua fitur yang dibutuhkan untuk mengefisienkan waktu pengerjaan dan biaya produksi pertanian.

Galaxy GLX-702 menggunakan sistem transmisi 16-gears mesin 4 silinder dengan tipe kopling dry friction. Sedangkan pada penggeraknya bukanlah roda, melainkan rubber crawler yang didesain supaya mesin tidak mudah slip atau terjebak di atas landasan yang labil.Anda bisa membeli cultivator ini di klikteknik.

1. Yanmar EF393T Traktor 4-Wheel

yanmar_ef393t_traktor_4_wheel
Harga : Rp 367.502.000

4-Wheel Cultivator dengan fitur premium yang menjamin efisiensi dan kenyamanan operator

Bekerja di lahan pertanian kini tidak akan seberat sebelumnya, sebab Anda bisa menggunakan berbagai fitur terbaik dari Yanmar EF393T. Cultivator ini menggunakan sistem hidrostatik yang minim hentakan, serta dilengkapi tempat duduk operator yang luas dan sangat nyaman.

Yanmar EF393T membuat terobosan dengan menerapkan mesin seri TNV yang memiliki sistem pembakaran sempurna. Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu lagi terganggu dengan suara kasar dari mesin cultivator pada umumnya.

Untuk menjamin keamanan bekerja, EF393T dilengkapi dengan sistem roll over protective (ROPS) yang dapat melindungi operator dengan maksimal pada saat terjadi benturan. Sistem ini sudah banyak diadaptasikan pada produk-produk kelas dunia. Anda bisa membeli cultivator ini di klikteknik.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli cultivator tanah untuk pertanian, sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis produk, kecocokan lahan, biaya produksi, kemudahan pengoperasian, merek, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya supaya mesin cultivator tanah Anda lebih awet dan tetap terjaga performa serta efisiensinya.
  • Anda dapat memilih cultivator merek Quick GX200T untuk kebutuhan lahan pertanian basah yang berukuran kecil-menengah, karena selain harganya yang murah, produk ini juga terjamin kualitas dan fiturnya.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan cultivator tanah untuk lahan pertanian besar atau menengah dengan power diatas 7HP dan bisa dipakai disemua jenis lahan, Anda bisa memilih produk Kubota Rotary Tiller KRX164NE.
  • Namun, jika Anda menginginkan cultivator tanah yang memberikan jaminan keamanan, kenyamanan, serta efisiensi kerja maksimal, maka Anda bisa memilih Yanmar EF393T.

Referensi

  1. Mano Mano, Cutivator Buying Guide, https://advice.manomano.co.uk/cultivator-buying-guide-845
  2. Lowe’s, Cultivator and Tiller Buying Guide, https://www.lowes.com/n/buying-guide/cultivator-and-tiller-buying-guide
  3. Farmers Weekly, Tips on Selecting the Right Cultivator fo Your Soils, https://www.fwi.co.uk/arable/land-preparation/ploughing-cultivation/tips-on-selecting-the-right-cultivator-for-your-soils



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.