Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


3 December 2019

10 Celemek yang Bisa Membuat Tampilan Memasak Anda Lebih Wow

By Cekresi .com


Menggunakan celemek saat memasak bisa membuat pakaian Anda tetap bersih dan terbebas dari cipratan noda membandel. Celemek juga bisa membuat tampilan Anda lebih bergaya dan wow layaknya chef profesional.



Beragam celemek ditawarkan oleh produsen alat rumah tangga untuk mendukung kehigienisan Anda saat memasak. Desain dan motifnya pun bervariasi, tergantung pilihan dan gaya Anda. Namun saat memilih celemek, pertimbangkan juga jenis dan bahan agar nyaman dipakai, mudah dibersihkan, dan tahan lama.

Untuk itu, kami menyajikan celemek yang bisa membuat tampilan memasak Anda lebih wow lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai celemek dan cara perawatannya.

Memilih jenis celemek yang sesuai dengan kebutuhan Anda di dapur

Celemek dalam bahasa Inggris disebut dengan “apron” yang berarti serbet. Dalam memilih celemek tentu tidak boleh sembarangan. Pastikan Anda memilih celemek yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Secara umum ada 4 jenis celemek yang digunakan oleh masyarakat, yaitu:

Pertama, bib apron. Jenis celemek ini umumnya digunakan oleh para chef atau pekerja yang bekerja di dapur. Celemek ini digunakan untuk menutup bagian dada hingga lutut.

Kedua, waist apron. Jenis celemek ini umumnya digunakan oleh para waiters. Biasanya celemek ini digunakan untuk menutup bagian depan tubuh, mulai dari pinggang hingga bagian di atas lutut.

Ketiga, bistro apron. Jenis celemek ini umumnya digunakan oleh pekerja bistro. Memiliki bentuk menyerupai waist celemek, namun lebih panjang yakni di bawah lutut.

Keempat, celemek tuxedo. Sesuai dengan namanya celemek ini memiliki bentuk menyerupai rompi. Celemek ini tidak hanya digunakan untuk menutup bagian depan tubuh melainkan di bagian belakang juga.



Dari empat jenis celmek tersebut, pilih yang cocok untuk menemani Anda beraktivitas saat memasak. Anda bisa menggunakan bib celemek yang lebih mudah digunakan, atau celemek tuxedo yang maksimal dalam menjaga kebersihan.

Perhatikan jenis bahan dan kualitasnya

Tujuan utama penggunaan celemek selain untuk melindungi baju dari kotoran saat memasak adalah melindungi tubuh dari hawa panas yang berasal dari api kompor. Karena itu, celemek berbahan tebal merupakan pilihan terbaik yang bisa menjaga kesehatan Anda, terutama kulit yang bisa terpapar langsung hawa panas saat memasak.

Selain tebal, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan kualitasnya. Pilih bahan yang terasa dingin dan nyaman saat digunakan, seperti jenis kain katun. Jika Anda membelinya langsung, Anda bisa merasakan teksturnya dan menanyakan ketebalannya kepada penjual.

Anda juga bisa memilih celemek dengan bahan waterproof atau anti air, seperti bahan kulit, sehingga lebih aman dari cipratan air dan minyak, mudah dibersihkan, dan tidak perlu repot-repot mencucinya berulang kali. Cukup Anda lap saat ada kotoran atau noda yang menempel.

Pilih celemek yang memiliki saku

Beberapa jenis celemek mungkin tidak menyertakan saku agar fungsinya lebih praktis. Namun saran kami ketika memilih celemek, pastikan yang dilengkapi dengan saku, satu atau lebih.

Kegunaan saku sendiri untuk membantu Anda saat membawa bahan dan alat masak, sehingga Anda tidak berbolak-balik mengambil alat dan bahan tersebut. Dan, pastinya celemek dengan saku akan membuat memasak Anda lebih cepat, nyaman, dan mudah.

Selain kelebihan di atas, celemek dengan saku juga bisa membuat Anda lebih bergaya, karena desain dan motif dari saku beberapa produsen celemek memiliki variasi berbeda-beda. Hal ini akan membuat tampilan Anda akan lebih wow.



Pilihlah celemek dengan warna dan desain yang unik

Celemek dijual dalam berbagai warna yang dapat Anda pilih sesuai selera. Untuk memilih warna, sebaiknya Anda memilih warna yang nyentrik agar tampilan Anda juga terlihat lebih menarik.

Namun, jika Anda mengedepankan warna celemek yang tidak mudah kotor karena noda, maka Anda bisa memilih warna hitam. Warna tersebut juga termasuk warna netral, efektif menyembunyikan noda serta mudah dipadukan dengan warna baju apa saja.

Selain itu, untuk menambah semangat Anda dalam memasak sehingga gaya memasak Anda jadi lebih wow, maka sebaiknya Anda juga memilih celemek dengan desain yang unik. Desain celemek dapat dilihat dari segi model, motif, atau gambar celemek.

Pilih ukuran celemek yang tepat

Celemek umumnya dibuat dengan ukuran all size. Namun, agar tampilan Anda terlihat rapi dan keren, maka sebaiknya Anda memilih ukuran yang tepat dengan cara melihat ukuran panjang celemek dan panjang tali. Atau bila perlu cobalah celemek ketika membelinya.

Celemek berukuran kecil akan membuat celemek Anda tidak sesuai fungsi, karena tidak bisa menutup semua bagian yang rentan terciprat noda. Begitu juga dengan celemek berukuran besar juga membuat tampilan Anda jadi tidak rapi.

Oleh karena itu, pilihlah celemek dengan ukuran yang tepat agar celemek yang Anda gunakan dapat berfungsi dengan baik serta tampilan Anda menjadi lebih keren dan rapi.

Cara merawat celemek agar lebih awet

Agar celemek yang Anda miliki tetap terlihat bagus dan awet, maka Anda dapat melakukan beberapa hal berikut, seperti.



  • Pada bagian dalam celemek umumnya terdapat label yang berisi petunjuk pemakaian. Jika celemek yang Anda miliki dapat dicuci dengan cara direndam dengan air panas, maka rendam celemek selama 20-30 menit agar noda mudah hilang
  • Untuk memudahkan Anda membersihkan celemek dari noda kering, maka Anda dapat mencuci dengan campuran amoniak dan air dengan perbandingan 1 sendok teh banding setengah ember air.
  • Untuk menghilangkan noda berupa minyak, maka Anda bisa mencuci celemek menggunakan sabun cuci piring.
  • Bau bawang sering kali tertinggal pada celemek. Untuk menghilangkan bau bawang tersebut, setelah dicuci maka sebaiknya Anda merendam celemek dalam hidrogen peroksida selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air.

10 Celemek yang bisa membuat tampilan memasak Anda lebih wow

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang celemek lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi celemek yang bisa membuat tampilan memasak Anda lebih wow dari berbagai merek berikut ini:

10. Apron Shabby Korean

apron_shabby_korean

Harga : Rp 41.000

Celemek terbaik dengan warna lembut yang menarik

Celemek ini merupakan celemek jenis bib apron. Cocok digunakan untuk melindungi tubuh bagian depan mulai dari dada hingga lutut. Terbuat dari bahan 100% katun sehingga terasa adem dan nyaman ketika digunakan.

Warna yang ditawarkan sangat menarik, yakni biru muda dengan corak garis bewarna putih. Dengan warna tesebut, maka celemek ini cocok digunakan untuk wanita. Dilengkapi satu kantong yang akan memudahkan Anda membawa peralatan dan bahan memasak.

Motif dari celemek ini shabby chic dari desain korea yang terkenal dengan kesan lembutnya sehingga ketika dipakai akan membuat Anda terlihat lebih feminim. Anda bisa membeli celemek ini di Shopee.

9. Celemek Masak Karakter Waterproof

celemek_masak_karakter_waterproof

Harga : Rp 3.000

Celemek dapur dari bahan waterproof yang multicolor

Celemek ini merupakan celemek dapur yang terbuat dari bahan PVC. Bahan tersebut dikenal waterproof karena tidak mudah basah jika terkena air. Selain itu, cipratan noda yang menempel pada celemek juga tidak mudah tembus ke baju.



Tersedia dalam empat macam warna yang meliputi warna abu-abu, pink, kuning dan biru. Desainnya menarik yakni berupa gambar karakter kartun. Ukuran dari celemek ini 70×50 cm. Anda bisa membeli celemek ini di Shopee.

8. Celemek Handsmade Asli Bandung

celemek_handmade_asli_bandung

Harga : Rp 39.900

Terbuat dari bahan tebal, nyaman, dan awet

Dilihat dari bentuknya, celemek ini tergolong jenis bib celemek karena memiliki bentuk panjang yang mampu digunakan untuk menutup bagian dada hingga lutut. Panjang dari celemek ini 88 cm dengan lebar 66 cm.

Terbuat dari bahan kain American Drillyang tebal sehingga selain dapat digunakan untuk melindungi baju dari cipratan noda juga dapat digunakan untuk melindungi tubuh, terutama kulit dari panasnya api ketika memasak.

Warnanya hitam sehingga mudah dipadukan dengan warna lain. Dibuat dengan desain menarik yang dilengkapi dengan saku besar, saku kecil, dan pengait serbet. Anda bisa membeli celemek ini di Shopee.

7. Celemek Dapur Cooking

celemek-masak-seragam

Harga : Rp 34.000

Celemek dapur berbahan katun dan fashionable

Celemek ini berwarna hitam, putih dan coklat dengan tambahan desain gambar peralatan dapur berupa spatula yang membuat celemek ini terlihat fashionable. Dilengkapi kantong di bagian tengah baju yang membuat Anda tidak berjalan bolak balik untuk mengambil alat masak.



Terbuat dari bahan katun yang membuat celemek ini terasa adem dan mudah dicuci. Dibuat dengan strap pada bagian pinggang dan bahu yang dapat diseting sesuai dengan ukuran tubuh. Anda bisa membeli celemek ini di Lazada.

6. Celemek Waterproof Home Stuff

celemek_waterproof_hw

Harga : Rp 36.500

Dilengkapi kantong kecil yang membuat penampilan Anda lebih elegan

Celemek ini dibuat dengan desain menarik. Tidak dilengkapi kantong besar seperti celemek dapur pada umumnya. Namun, dilengkapi kantong kecil dibagian samping yang membuat celemek ini terlihat lebih menarik.

Tersedia dalam dua pilihan warna yakni cokelat dan merah yang dapat Anda pilih sesuai selera. Terbuat dari bahan waterproof yang tebal yang dapat melindungi baju Anda dari cipratan minyak dan air. Anda bisa membeli celemek ini di Lazada.

5. Celemek PVC Sponge Synthetic Leather

celemek_pvc_sponge_synthetic_leather

Harga : Rp 34.000

Celemek dapur waterproof tiga kantong

Celemek ini memiliki beragam keunggulan baik dari segi kualitas maupun desain. Terbuat dari bahan PVC sponge synthetic leatheryang membuatnya tahan terhadap air dan minyak. Selain itu, bahannya pun berkualitas sehingga terasa ringan, adem, dan tidak mudah sobek.

Dilengkapi tiga kantong yang dapat digunakan untuk membantu Anda membawa peralatan dapur serta satu kantong yang khusus disediakan untuk menyimpan smartphone Anda yang disertai sistem buka tutup fastner.



Selain itu, celemek ini juga dilengkapi sistem Adjuster yang dapat digunakan untuk mengubah ukuran celemek sesuai selera. Tersedia dalam dalam lima pilihan warna yakni black, brown coffee, grey, dan cream. Anda bisa membeli celemek ini di Shopee.

4. Celemek Canvas Synthetic Leather

celemek_canvas_synthetic_leather

Harga : Rp 99.750

Mudah digunakan dan tampilan Anda semakin trendi

Celemek berikut tidak kalah menarik dari produk celemek sebelumnya. Produk ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang akan memudahkan Anda memasak di dapur.

Dilengkapi strap/tali atas dan punggung yang fleksibel yang membuat celemek ini lebih menempel pada badan. Selain itu, celemek ini juga dilengkapi kantung kecil di sebelah kiri yang dapat digunakan untuk menyimpan alat tulis.

Desainnya terlihat modern dan trendi yang akan membuat tampilan Anda semakin kece. Disertai hook/kail berbentuk lingkarang yang dapat digunakan untuk menaruh berbagai tools seperti serbet. Anda bisa membeli celemek ini di Shopee

3. Celemek Batik Warung Vitato

celemek_batik_warung_vitato

Harga : Rp 181.000

Celemek dapur bernuansa etnik yang keren

Celemek ini terlihat unik dengan motif batiknya yang elegan. Terbuat dari bahan katun yang mudah menyerap keringat dan terasa adem ketika digunakan, sehingga Anda akan merasa betah di dapur.



Tali punggunngnya terbuat dari bahan drill yang membuat tampilan celemek semakin indah ketika digunakan. Dilengkapi dua kantong yang akan memudahkan Anda membawa peralatan dapur. Anda bisa membeli celemek ini di Lazada.

2. Celemek HIOKI Motif Kotak

celemek_hioki_motif_kotak

Harga : Rp 129.000

Motif kotak yang membuat memasak Anda lebih ceria

HIOKI menawarkan celemek bernuansa ceria untuk menemani Anda memasak di dapur. Motifnya yang kotak dan berwarna merah membuat celemek ini terlihat lebih menarik dan berkesan ceria sehingga semangat memasak Anda pun akan semakin bertambah.

Dilengkapi tali di bagian leher dan pinggang yang berguna untuk mempermudah Anda menggunakan celemek. Selain itu, celemek ini juga dilengkapi kantong untuk memudahkan Anda membawa peralatan memasak. Anda bisa membeli celemek ini di JD.ID.

1. Celemek QKC Korea Fashion

celemek_qkc_korea_fashion

Harga : Rp 105.000

Cocok untuk Anda yang suka bergaya ala Korea

Celemek ini dibuat dengan desain menarik menyerupai celemek masak yang biasa digunakan oleh orang Korea. Bagian atas celemek didesain polos, sedangkan bagian bawahnya didesain stripes.

Terbuat dari bahan katun yang terasa adem ketika digunakan. Dilengkapi kantong di bagian tengah celemek yang membuat Anda tidak berjalan berbolak balik untuk mengambil alat masak. Anda bisa membeli celemek ini di JD.ID.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli celemek, sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis, bahan, desain, serta motif celemek
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar celemek yang Anda miliki lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih celemek Apron Shabby Korean, karena celemek ini terbuat dari bahan katunyang nyaman serta dibuat dengan desain dan warna yang menarik.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih celemek PVC Sponge Synthetic Leather karena celemek ini terbuat dari bahan yang waterproof yang nyaman dikenakan.
  • Namun, jika Anda menginginkan celemek dari bahan yang lebih berkualitas serta dilengkapi penawaran fitur yang lebih menarik, maka Anda bisa memilih celemek Canvas Synthetic Leather.

Referensi

  1. Luong, P.D (2018), As a Professional Chef, Choose Your Apron Like Your Lifetime-Partner,
    https://ngoi.co/2018/09/09/as-a-professional-chef-choose-your-apron-like-your-lifetime-partner/
  2. Klikindonesia (2018), Tips Sederhana Untuk Membersihkan Celemek dan Lap Dapur dari Noda Membandel,
    https://klinkoindonesia.com/berikut-adalah-tips-sederhana-untuk-membersihkan-celemek-dan-lap-dapur-dari-noda-membandel-seperti-dilansir-boldsky/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Celemek yang Bisa Membuat Tampilan Memasak Anda Lebih Wow", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »