Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


15 December 2019

10 CCTV Terbaik yang Memberikan Rasa Aman Maksimal untuk Rumah

By Cekresi .com


Pada masa sekarang, kebutuhan akan rasa aman merupakan hal yang patut Anda perhitungkan. Karena itu, banyak orang memasang CCTV di rumah agar mudah untuk memantau kondisi rumah, sekaligus memberikan rasa aman untuk keluarga tercinta.



Ada berbagai jenis CCTV yang beredar di pasaran dengan beragam merek yang bisa Anda beli. Namun, memilih CCTV terbaik yang sesuai kebutuhan, Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti fitur, kemampuan dasar kamera, serta harganya.

Untuk itu, kami menyajikan artikel mengenai beberapa CCTV terbaik yang memberikan rasa aman maksimal untuk rumah berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang CCTV lengkap dengan cara perawatannya.

Mengenal macam-macam kamera CCTV dan fungsinya

Sebelum membeli kamera CCTV,sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu jenis CCTV apa yang Anda butuhkan. Karena umumnya ada lima jenis kamera CCTV yang beredar di masyarakat, yakni :

Pertama, jenis CCTV Infrared. Kamera CCTV ini umumnya diletakkan di rumah ataupun dikantor. Kemampuannya andal, karena mampu menghasilkan kualitas gambar yang bagus meskipundiletakkan di tempat yang redup.

Kedua, jenis CCTV Dome Camera.Jeniskamera ini memiliki bentuk yang menyerupai kubah, dan bisa membuat tampilan rumah Anda semakin terlihat lebih modern dan canggih. Selain itu, kemampuannya dapat menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi serta warnanya yang jernih.

Ketiga, jenisPro Box Camera. Kalau jenis kamera CCTV ini banyak ditemukan di bank, supermarket, toko serba ada, dan lain sebagainya. Kamera inimemiliki kemampuan melihat dengan sangat baik meskipun kondisi lingkungan sangat gelap.

Keempat, jenis Zoom Pan Tilt Camera. Untuk jenis yang satu ini jangan ditanyakan lagi kemampuan memantaunya.Karena kamera CCTV ini memiliki kemampuan zoom, dan kamera ini juga dapat bergerak ke kanan, kiri, naik, dan turun.



Kelima, jenis CCTV kamera tersembunyi. Jenis kamera ini cocok digunakan untuk misi tertentu dalam pekerjaan atau juga bisa untuk tujuan pribadi Anda. Kemampuan dari CCTV ini cenderung tidak tahan cuaca, sehingga akan mudah rusak jika diletakkan di luar ruangan.

Dari kelima jenis tersebut, Anda bisa memilih jenis CCTV Infrared atauCCTV Dome Camera untuk membantu kebutuhan pemantauan kondisi di rumah dan menjaga keamanan rumah dari tindak kejahatan.

Pertimbangkan kemampuan dasar kamera

Kemampuan dasar kamera CCTV dapat dilihat dari beberapa faktor, yaitu ukuran lensa, derajat sudut lebar lensa, dan memori penyimpanan data.

Untuk ukuran lensa, berfungsiuntuk menunjukkan sejauh mana CCTV mampu menjangkau jarak dalam melihat subjek. Sedangkan, derajat sudut lebar lensa ini akan menunjukkan kemampuan bidang penglihatan lensa dalam mempersingkat panjang fokus saat sudut semakin lebar.

Dan, ukuran penyimpanan menunjukkan seberapa besar kapasitas penyimpanan kamera CCTV tersebut. Umumnya kamera cctv mampu menyimpan data hingga 1 TB. Namun, Anda bisa menambah dengan Hard Drive,jika Anda merasa kapasitas penyimpanan tersebut kurang.

Perhatikan kualitas gambar dari CCTV yang akan Anda beli

Berdasarkan kualitas gambar yang dihasilkan, jenis kamera cctv terbagi menjadi tiga,yaitu kamera analog, HD, dan IP. Berikut merupakan penjelasan mengenai ketiga jenis kamera CCTV tersebut.

Pertama, kamera analog. Gambar yang dihasilkan kamera ini kurang baik, karena resolusinyayang rendah. Namun, kamera ini cukup baik jika hanya digunakan untuk mendeteksi orang atau memonitor area saja.



Kedua, kamera HD. Jenis kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi dan jernih. Cocok digunakan untuk mengidentifikasi angka, karakter, serta bukti keperluan hukum.

Dan terakhir, ketiga, kamera IP. Jenis kamera ini juga mampu menghasilkan gambar dengan sangat baik,karena resolusinya yang tinggi. Kamera ini tersedia dalam dua jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yakni IP berkabel dan IP tanpa kabel.

Pilih kamera CCTV yang memiliki fitur WDR

Secara umum, banyak fitur-fitur yang melekat pada CCTV, sepertiVandalproof, Day atau Night, Smart IR, Automatic White Balance, Back Light Compensation, Motion Detection, dan Wide Dynamic Range (WDR).

Fitur terakhir tersebut, harus Anda pertimbangkan saat memilih CCTV terbaik, karena WDR merupakan fitur teknologi pencitraan visual yang memiliki kemampuan lebih baik dalam menangkap detail cahaya baik kondiri gelap maupun terang.

Dengan fitur WDR, kualitas gambar akan jauh lebih baik dengan akurasi cahaya yang tinggi, sehingga objek akan terlihat lebih nyata dan jelas.

Cara merawat CCTV agar tahan lama

Ketika Anda sudah membeliCCTV, maka yang harusAnda perhatikan adalah cara perawatannya. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat CCTV Anda di rumah:

  • Pastikan Anda membersihkan kamera CCTV secara berkala. Karena, debu atau kotoran yang menempel pada lensa kamera beserta komponen kamera CCTV lainnya akan mengganggu kinerja dari CCTV dalam menangkap sebuah objek.
  • Pastikan konektor dan kabel masih menancap bagus pada DVR dan tidak putus.
  • Pastikan Anda memeriksa posisi kamera agar posisinya tidak berubah dan sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Pastikan Anda memback up hasil rekaman CCTV secara berkala agar hasil rekaman tidak menumpuk.

10 CCTV terbaik yang memberikan rasa aman maksimal untuk rumah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang CCTV beserta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi CCTV terbaik yang memberikan rasa aman maksimal dari berbagai merek berikut ini:

10. Paket CCTV Hikvision

paket_cctv_hikvision

Harga : Rp 1.800.000

CCTV Full HD dengan kualitas gambar yang memuaskan



Hikvision menawarkan produk CCTV dengan penawaran yang menggiurkan. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari produk paket lengkap ini, salah satunya empat macam kamera CCTV yang melekat pada produknya.

Empat macam CCTV tersebut, terdiri atas 2 unit kamera outdoor yang full HD serta 2 unit kamera indoor yang tentunya juga full HD. Resolusi lensa kameranya 2 MP, dan dapat dipasang di TV 42” dengan hasil gambar yang memuaskan.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan 1 DVR, 1 unit hdd 500 GB seagate, 1 unit power supply 12 V 10A, 1roll kabel RG 59+dc 50 m, 8 pc jackonektor bnc, 4 pc jackonektor dc dan 1 pc kabel hdmi. Anda bisa membeli CCTV ini di Shopee.

9. CCTV Xiao Mi Xiao Fang 1 S Smart

cctv_xiaomi_xiaofang_1_s_smart

Harga : Rp 207.700

Performa gesit, beragam fitur canggih, dan mudah memantau kondisi rumah dari jarak jauh

Xiaomi merupakan brand asal China yang telah sukses mengeluarkan produk unggulannya yakni handphone. Kaena tidak puas dengan meluncurkan satu produk, akhirnya Xiaomi mengeluarkan produknya yang lain, yakni CCTV.

Xiaomi xiaofang ini dilengkapi dengan chip yang membuat performa CCTV ini cepat dan stabil. Dilengkapi fitur 18level grayscale night vision yang membuat gambar terlihat lebih terang meski dalam kondisi gelap.

Selain itu, CCTV ini juga dilengkapi fitur canggih lainnya, seperti IR-cut, built-in 2 LED 850nm,alarm CO dan asap, serta audio dua arah yang dapat membuat Anda berbicara dengan keluarga ketika Anda tidak di rumah.



Tidak hanya itu, ketika Anda membeli CCTV ini, Anda juga akan mendapatkan 1 usb kabel, 1 adapter, dan 1 manual book. Anda bisa membeli CCTV ini di bukalapak.

8. Cctv H 265 HEVC System

cctv_h_265_hevc_system

Harga : Rp 650.000

Performa lebih cepat dan dilengkapi dengan fitur zoom

CCTV ini dapat memantau subjek dari berbagai sudut manapun. Memiliki bentuk yang unik yakni bentuk lingkaran pipih. Jika dilihat dari bentuknya maka CCTV ini sangat cocok diletakkan di dinding rumah.

Didesain dengan jenis prosessor yang membuat CCTV ini bekerja lebih cepat (high speed prosesor). Dilengkapi fitur zoom yang dapat digunakan untuk memperbesar gambar. Selain itu Anda bisa mengontrol CCTV ini menggunakan smartphone Anda.

Resolusi kamera dari CCTV ini 3.0 MP. Termasuk jenis kamera IP tanpa kabel yang dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus. Dapat diisi dengan micro SD ukuran maksimal 64 GB. Anda bisa membeli CCTV ini di Tokopedia.

7. CCTV Smart

cctv_smart

Harga : Rp 252.201

CCTV dengan 3 antena yang membuat signal lebih kuat

CCTV ini memiliki banyak kelebihan yang tidak kalah dengan merk CCTV lainnya. Dilengkapi dengan kemampuan pan dan tilt yang membuat CCTV ini dapat bergerak ke kanan dan kiri sekitar 3550dan bergerak ke atas dan ke bawah sekitas 1200.



Tergolong CCTV jenis IP sehingga gambar yang dihasilkan berkualitas. Dilengkapi beragai fitur seperti P2P, infrared night vision, dan speaker yang dapat digunakan untuk berbicara dari ponsel ke area sekitar kamera.

Selain itu Anda juga bisa langsung capture hasil kamera tersebut melalui hp Anda. Terkoneksi dengan internet melaluiWIFI atau LAN. Dan yang menarik, tiga antena dari produk ini akan membuat sinyal menjadi lebih kuat. Anda bisa membeli CCTV ini di Lazada.

6. Cctv Bohlam ICSEE

cctv_bohlam_icsee

Harga : Rp 188.000

Bentuk lebih unik yang membuat kegiatan pemantauan lebih maksimal

CCTV ini memiliki bentuk yang unik yakni menyerupai bola lampu. Dengan bentuknya yang menyerupai lampu tersebut,CCTV ini dapat membuat orang tertipu dan tidak sadar bahwa sebenarnya bola lampu tersebut merupakan CCTV.

Resolusi kamera dari CCTV ini 2 MP. Dilengkapi dengan fitur panorama 3600yang membuat CCTV ini dapat mengakses subjek dari berbagai sudut. Selain itu,CCTV ini juga dilengkapi dengan fitur motiondetection, zoom kamera, P2P, dan audio surveillance.

Dengan CCTV ini, Anda dapat denganmudah memantau kondisi rumah Anda melalui smartphone Anda yang telah terkoneksi jaringan internet. Dapat diisi dengan micro SD ukuran maksimal 128 GB. Anda bisa membeli CCTV ini di Shopee.

5. Cctv Clever Dog IP Camera

cctv_clever_dog_ip_camera

Harga : Rp 395.000

Dilengkapi dengan fitur notifikasi jika ada gerakan yang mencurigakan



CCTV jenis IP ini mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus. Fitur utama yang diunggulkan adalah fitur Instant Send Notification yang membuat rumah Anda terhindar dari tindak kejahatan.

Dengan adanya fitur tersebut, maka CCTV akan secara otomatis akan mensnapshoot video ketika ada gerakan yang mencurigakan. Selain itu, CCTV ini juga dilengkapi fitur infrared night vision, motion detection, P2P, dan remote communication 2 arah.

CCTV ini juga tersedia dalam berbagai pilihan warna yang dapat Anda pilih sesuai selera. Anda bisa membeli CCTV ini di Lazada.

4. CCTV Axis 206

cctv_axis_206

Harga : Rp 1.000.000

Kualitas gambar yang dihasilkan superior

Axis mengeluarkan produk yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang superior. Lensa kameranya tergolong canggih karena mampu beroperasi dalam kondisi cahaya 4 Lux. Dibuat dalam ukuran kecil hingga membuatnya muat di genggaman tangan.

CCTV ini dapat dijadikan solusi bagi Anda yang mencari CCTV untuk diletakkan di dalam ruangan. Didukung dengan server web bawaan yang memungkinkan Anda dapat memantau kondisi rumah dari jarak jauh.

Dilengkapi sensor gambar CMOS untuk pemindaian progresif dan teknik pemrosesan sinyal yang canggih. Anda bisa membelli CCTV ini di Bukalapak.

3. CCTV Samsung HCD 6020 R

cctv_samsung_hcd_6020_r

Harga : Rp 540.000

CCTV yang dilengkapi fitur pengurangan kebisingan

Samsung merupakan salah satu brand elektronik yang terkenal dengan kualitasnya yang bagus. Seperti Xiaomi, Samsung juga tidak puas dengan meluncurkan satu produk saja. Samsung juga mengeluarkan produk CCTV yang berkualitas.



Samsung HCD 6020 Rmemiliki resolusi kamera 2 MP., dan dilengkapi fitur utama, yakni fitur KTS yang dapat mengurangi tingkat kebisingan. Selain itu, CCTV inijuga dilengkapi fitur lain yang juga canggih, seperti IR 20 m.

Dilihat dari bentuknya maka CCTV ini cocok diletakkan di dalam maupun di luar ruangan. Anda akan mendapatkan garansi resmi selama 1 tahun saat membeli produk ini. Anda bisa membeli CCTV ini di Lazada.

2. CCTV Ezviz C6T Mini

cctv_ezviz_c6t_mini

Harga : Rp 780.000

CCTV dengan sensor infrared dan mampu menghasilkan video yang jernih

CCTV ini tergolong CCTV jenis kuba. Dilengkapi fitur pan dan tilt yang membuat cctv ini dapat bergerak ke kanan kiri dan ke atas bawah sehingga dapat menjangkau ruangan secara menyeluruh.

Selain itu, CCTV ini juga dilengkapi fitur Incredible Night Vision yang membuat gambar tetap terlihat terang pada kondisi gelap. Dilihat dari fitur yang ditawarkan maka CCTV ini cocok diletakkan di dalam ruangan.

Tidak hanya itu, lensa kamera CCTV ini juga dilengkapi sesnsor Infrared berkualitas tinggi yang membuatnya mampu menghasilkan video dengan kualitas super. Jangkauan daerah yang dipantau juga tergolong luas yakni 10 m. Anda bisa membeli CCTV ini di Shopee.

1. CCTV Infinity TS 37

cctv_infinity_ts37

Harga : Rp 255.000

Jangkauan pemantauan lebih luas dengan kualitas gambar yang bagus



Infinity menawarkan CCTV dengan jangkaun daerah yang sangat luas. Daerah yang dapat dijangkaku oleh CCTV merek ini mencapai 80 m. Resolusi kamera dari CCTV ini 1.3 MP sehingga dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus. CCTV ini juga dilengkapi dengan fitur HD 720 P

Jika dilihat dari bentuk serta fitur yang ditawarkan, maka CCTV ini lebih cocok diletakkan di bagian luar rumah Anda. Dengan CCTV ini rumah Anda akan terhindar dari kejahatan. Anda bisa membeli CCTV ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum Anda membeli CCTV, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal, seperti fitur, kemampuan dasar kamera, merek, serta harganya.
  • Selain itu, pastikan Anda mengetahui perawatannya agar performa CCTV Anda tetap terjaga dengan baik dan tahan lama.
  • Anda bisa memilih CCTV Xiao Mi Xiao Fang 1 S Smart, karena CCTV ini memiliki performa yang gesit, canggih, dan memudahkan Anda saat melakukan pemantauan di rumah
  • Sedangkan, jika Anda ingin CCTV dengan bentuk unik yang menyerupai bola lampu sehingga membuat pemantauan Anda lebih masksimal, makaAnda bisa memilih CCTV bohlam ICSEE.
  • Namun,jika Anda menginginkan CCTV dengan jumlah titik yang lebih banyak dan berkualitas, maka Anda bisa memilih paket CCTV dari Hikvision.

Referensi

  1. Blue security(2017), A Beginner’s Guide To Choosing Cctv Surveillance Cameras
    https://www.bluesecurity.co.za/a-beginners-guide-to-choosing-cctv/
  2. Umosih (2017), Tips dan Cara Merawat CCTV
    http://hisomu.co.id/tips-merawat-kamera-cctv/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 CCTV Terbaik yang Memberikan Rasa Aman Maksimal untuk Rumah", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »