Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


21 August 2020

10 Buku yang Cocok untuk Batita

By Cekresi .com
10 Buku yang Cocok untuk Batita


Pernahkah Bunda merasa kesulitan mencari buku yang cocok untuk anak? Atau bahkan bingung bagaimana cara memilih buku yang cocok berdasar usia?



Dewasa ini, buku menjadi benda wajib untuk diberikan pada si kecil. Buku merupakan jendela dunia yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mendorong kebiasaan membaca pada anak, terutama untuk anak usia batita.

Batita merupakan sebutan bagi anak usia 1-3 tahun. Usia dimana anak sedang menyerap segala informasi dengan sangat baik. Karena itu, penting bagi Bunda memilih buku yang cocok untuk batita.

Pengenalan buku untuk batita dapat melatih kebiasaan anak untuk memusatkan perhatian dan mengingat. Untuk itu, dalam memilih buku sebagai bahan bacaan batita harus dilakukan secara hati-hati dengan mempertimbangkan banyak hal, seperti konten, ketebalan, gambar, dan lain-lain.

Berikut ini kami sajikan 10 buku yang cocok untuk batita lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih buku yang tepat untuk batita berikut dengan cara merawatnya agar buku tidak mudah rusak.

Cara memilih buku untuk batita

Dalam memilih buku bacaan untuk anak, sebaiknya sesuaikan dengan usia dan kemampuan membaca anak. Misalnya, anak usia 0-4 bulan belum bisa membalik halaman, pilih buku yang bisa disentuh atau berstruktur agar anak dapat meraih dan merabanya.

Ketika anak usia 6-12 bulan, beralihlah ke buku board book agar si kecil bisa mulai belajar membalik halaman. Selain itu, Anda juga bisa memilih buku yang berirama atau bersuara agar bisa membantu anak lebih mudah mengingat apa yang ia dengar.

Usia 2 tahun, pilih buku yang terdapat banyak ilustrasi gambar dan warna-warna menarik. Kemudian, struktur kalimat yang ada dalam cerita sebaiknya singkat dan sedikit saja.



Sedangkan, untuk anak yang sudah lebih besar, sebaiknya pilih buku yang banyak unsur cerita dan kalimat dalam buku guna melatih kemampuan membaca anak.

Perhatikan konten yang cocok untuk anak usia batita

Buku cerita yang nantinya dibaca harus memiliki konten yang sesuai usia si kecil. Misalnya, pada usia 2-3 tahun biasanya anak-anak menyukai binatang. Maka dari itu, pilihlah buku dengan tema atau tokoh utama binatang.

Pada usia 3 tahun ke atas, biasanya anak-anak lebih menyukai tokoh anak sebaya. Oleh sebab itu, carilah buku yang tokoh utamanya adalah anak dengan usia sekolah.

Hindari memilih buku yang terlalu tebal

Agar anak bersemangat membaca sejak kecil, maka buku harus menjadi benda yang menyenangkan bagi si kecil. Untuk itu, pilih buku yang tidak terlalu tebal pada anak agar anak tidak mudah bosan sehingga menjadikannya kurang tertarik untuk membaca.

Cukup 15-20 halaman saja dan pilih yang kaya akan ilustrasi gambar untuk menstimulus daya imajinasi anak.

Pilih cerita yang mudah dimengerti

Buku yang tepat untuk anak dibawah usia tiga tahun adalah yang mengandung jalan cerita sederhana sehingga mudah dipahami. Dalam membacakan cerita pada anak penting agar orang tua bisa menjadi pencerita yang dapat menarik perhatian dan membuat emosi anak terlibat.

Anda dapat mengubah-ubah suara dan intonasi saat membacakan cerita, agar anak semakin tertarik dan dapat memahami isi cerita. Selain itu, Anda juga bisa memilih buku cerita anak yang dilengkapi dengan audio sehingga suara yang muncul dari audio dapat membangkitkan minat dan rasa ingin tau akan cerita yang didengar.

Pilih yang dilengkapi dengan gambar menarik

Pada dasarnya batita lebih menyukai gambar daripada tulisan, karena mereka mempunyai daya visual yang lebih kuat dibanding sekedar mendengar cerita. Dari visual yang menarik, imajinasi akan diasah dan meningkat.



Jadi, pilihlah buku yang dilengkapi dengan banyak ilustrasi atau gambar untuk membangkitkan minat anak terhadap buku. Selain itu, dengan adanya gambar anak juga akan lebih mudah memahami alur cerita dari sebuah buku.

Anak usia batita biasanya akan mudah tertarik dengan buku bergambar dan memiliki warna-warna yang cerah. Buku cerita bergambar sangat bagus untuk perkembangan kognitif anak. Jika anak sudah lebih besar, Anda bisa memilih buku dengan banyak narasi sebagai bahan bacaan yang tepat untuk buah hati.

Pilih buku yang memiliki pesan moral

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah memilih buku yang memiliki pesan moral. Pilih cerita yang menumbuhkan empati, penghargaan pada keberagaman, pertemanan atau nilai moral lain yang ingin Anda kenalkan pada anak.

Cara merawat buku agar tidak mudah rusak

Setelah Anda mengetahui cara memilih buku yang terbaik untuk batita, maka selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah cara merawat buku agar tahan lama. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat buku si kecil:

  • Beri sampul pada buku untuk melindungi buku dari kotoran dan debu. Selain itu, sampul juga bisa menambah penampilan buku agar terlihat lebih bagus.
  • Simpan buku pada rak khusus agar buku tersusun rapi dan memudahkan bagi anak untuk memilih buku yang ingin ia baca.
  • Bersihkan dan jemur buku secara berkala agar tidak cepat rusak karena kotoran atau debu yang menempel. Usahakan sebulan sekali bersihkan buku dengan cara mengelapnya kemudian jemur di bawah terik matahari agar buku tidak lembab.
  • Susun atau letakkan buku dengan cara berdiri bukan dengan cara ditumpuk, hal tersebut bertujuan untuk menghindari kerusakan pada cover buku.
  • Jangan menekuk atau melipat buku untuk menandai halaman. Untuk menandai halaman, gunakan pembatas buku agar kualitas buku tetap terjaga.
  • Letakkan rak buku pada tempat yang memiliki cahaya cukup untuk menghindari serangan ngengat yang dapat merusak buku.
  • Hindari menjadikan buku sebagai alas atau pengganjal, karena hal tersebut dapat merusak buku.

10 Buku yang cocok untuk batita

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang cara memilih buku beserta perawatannya, selanjutnya kami akan memberikan 10 rekomendasi buku yang cocok untuk batita, lengkap dengan harga serta ulasannya.

10. Muhammad is My Hero

buku-untuk-batita-10

Harga : Rp 2.600.000

Membantu menumbuhkan kecintaan anak terhadap Rasulullah

Masa golden age adalah kunci bagi kehidupan anak. Oleh sebab itu, bekali anak dengan buku bacaan yang bermutu yang mengajarkan tentang agama, misalnya buku Muhammad is My Hero.



Muhammad is My Hero adalah buku cerita anak yang berbentuk twin books yang seru untuk anak usia 0-12 tahun. Buku ini terdiri dari 17 buku utama, 7 buku bonus, koper kabin sebagai tempat buku, dan poster haji.

Melalui buku ini, diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan anak terhadap Rasulullah SAW dan mengaktualisasi dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini tentu akan menjadi pilihan tepat bagi orangtua untuk membekali anak dengan buku yang mengajarkan agama ditengah arus menuju akhir zaman. Anda bisa membeli buku ini di Shopee.

9. Rabbit Hole

buku-untuk-batita-9

Harga : Rp 50.000

Dapat menjadikan anak antusias membaca

Rabbit Hole adalah buku edukatif yang sesuai untuk anak usia 6 bulan hingga 7 tahun. Dilengkapi dengan fitur pop-up, touch, dan buka tutup yang dapat menjadikan anak atraktif dan antusias untuk membaca.

Selain itu, buku ini juga interaktif karena membantu meningkatkan komunikasi antara anak dan orang tua. Paket buku Rabbit Hole terdiri dari seri cilukba, suara apa itu, buku emosi, asal mula namaku, liburan terbaik, bella dan balon merah, buku hop, serta satu buku bonus.

Selain itu, juga terdapat tambahan kotak hamper, kartu pos, dadu emosi, wayang, dan buklet permainan. Anda dapat membeli buku ini di Shopee.

8. Yuk Mengenal Huruf Bersama Goyi dan Pipi

buku-untuk-batita-8

Harga : Rp 49.000

Membantu anak belajar mengenal huruf

Buku ini berisi beragam pertanyaan dan disertai aktivitas menyusun huruf. Bercerita tentang tokoh Goyi dan Pipi yang memakan apel ajaib yang akan membawa anak ke dunia penuh fantasi. Mereka harus menemukan lima huruf alfabet agar bisa kembali pulang.



Buku ini dapat meningkatkan kemampuan fine motor skill anak karena menggunakan coretan spidol yang dapat dihapus, sehingga bisa digunakan berulang kali. Selain itu, juga baik untuk melatih kecerdasan anak serta membantu meningkatkan kecerdasan visual spasial anak.

Keunggulan lain dari buku karya Irmalia Sutanto ini adalah dapat meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Buku yang imajinatif juga sangat baik untuk melatih imajinasi dan kreativitas anak.

Berbahan kertas tebal dan tidak mudah robek, sehingga aman untuk anak mulai usia 8 bulan. Anda bisa membeli buku ini di Shopee.

7. Si Koksi

buku-untuk-batita-7

Harga : Rp 95.000

Memberikan pemahaman sains sederhana kepada anak

Buku cerita “Si Koksi” merupakan buku cerita tentang petualangan kumbang bernama Koksi yang mengajarkan pesan kebaikan dengan tema alam, keluarga, dan persahabatan.

Selain itu, juga terdapat pemahaman sains sederhana tentang metamorfosis kumbang Koksi serta berbagai sifat dan kebiasaan binatang.

Buku berbahan board book hardcover dengan tepi ronded ini terdiri dari tiga seri yakni, Aku Kakak yang Baik, Aku Teman yang Baik, dan Aku Penjaga Lingkungan. Buku penuh warna dengan 16 halaman di setiap serinya, sangat cocok untuk anak dibawah usia 4 tahun. Anda bisa membeli buku ini di Shopee.

6. Mainan Baru Sabiq

buku-untuk-batita-6

Harga : Rp 25.000

Mengajarkan anak tentang rasa peduli

Buku Seri Anak Sholah di Doakan Malaikat: Mainan Baru Shabiq, bercerita tentang seorang anak yang suka membeli mainan. Semua uang sakunya digunakan Sabiq untuk membeli mainan hingga lupa menyumbang untuk korban bencana alam. Dari situlah, Shabiq belajar bahwa ada hal yang lebih penting dari sekedar membeli mainan.



Dari buku karya Aw Wibowo dan Fadila Hanum ini, anak dapat belajar tentang rasa peduli pada sesama. Melalui cerita Sabiq, anak juga dapat belajar pentingnya membantu sesama dan menghilangkan sifat egois.

Melalui buku ini, Anda dapat mendidik anak dengan cara yang menyenangkan, mengetahui bagaimana menjadi anak shaleh yang di sayang Allah dan malaikat. Selain itu, pada setiap serinya memberikan contoh ke anak tentang ibadah yang harus dimulai sejak dini. Anda bisa membeli buku ini di Shopee.

5. Sopan Santun, Ensiklopedia Balita Cerdas

buku-untuk-batita-5

Harga : Rp 36.000

Menanamkan sopan santun pada anak

Buku karangan Valerie Guidox ini berkisah tentang bagaimana sopan santun yang benar di dalam kehidupan sehari-hari dilengkapi dengan contoh nyata sehingga anak-anak akan dengan mudah menyerapnya.

Selain itu, juga terdapat gambar yang menarik dan dilengkapi dengan stiker. Dengan begitu, anak akan lebih tertarik untuk membaca. Anda bisa membeli buku ini di Shopee.

4. Beruang Pelangi

buku-untuk-batita-4

Harga : Rp 35.000

Dilengkapi dengan beruang kecil sebagai mainan

Buku yang berjudul Beruang Pelangi adalah buku cerita yang terdiri dari 6 halaman dengan 2 sampul dan berbahan kain sehingga aman untuk anak.Bercerita tentang sekelompok beruang yang membuat pelangi di awan, sehingga buku ini cocok sebagai dongeng pengantar tidur.



Uniknya lagi, buku ini dilengkapi dengan beruang kecil yang dapat dijadikan mainan si kecil. Buku ini sangat cocok untuk anak yang berusia 3 bulan ke atas. Anda bisa membeli buku ini di Shopee.

3. My Little Pony Busy Book Kit

buku-untuk-batita-3

Harga : Rp 188.000

Membantu mengembangkan imajinasi anak

My Little Pony Busy Book Kit, dapat membantu anak Anda beralih dari gadget. Dalam satu paket terdiri dari satu buah buku cerita, 12 figur in karakter My Little Poni, dan satu playmat sebagai alas bermain.

Terbuat dari bahan karton yang tidak mudah robek sehingga aman untuk anak usia 3 tahun. Playmat juga terbuat dari kertas pilihan yang dilaminasi, sehingga tak perlu takut kotor.

Anak-anak bisa memainkan figur in dia atas playmat sesuai dengan alur cerita yang ada di buku atau anak dapat mengembangkan dengan imajinasinya sendiri. Anda bisa membeli buku ini di Shopee.

2. El-hana My Busy Book

buku-untuk-batita-2

Harga : Rp 120.000

Halamannya tidak mudah sobek

My Busy Book adalah seri lain dari produk Busy Bag yang dikemas berupa buku atau binder, dengan board cover yang kokoh. Buku ini terdiri dari 10 permainan interaktif antara lain memasangkan pakaian sesuai dengan profesi, menghitung bersama ulat, menempel taburan pizza, dan masih banyak lainnya.Buku ini direkomendasikan untuk yang sudah menginjak 3 tahun.



Terbuat dai bahan karton tebal dengan laminasi glossy, sehingga Anda tak perlu khawatir sobek.Setiap halamannya disatukan dengan ring besi sehingga aman dan memudahkan anak untuk membolak-balik buku. Anda bisa membeli buku ini di Shopee.

1. The Very Hungry Caterpillar

buku-untuk-batita-1

Harga : Rp 135.000

Membantu anak belajar menghitung 1-10

Buku ini bercerita tentang ulat yang terus menerus merasa lapar, sampai akhirnya ia memakan semua makanan yang tidak sehat dan sakit perut. Lalu, setelah makan daun ia kembali sehat dan gemuk. Kemudian ulat berubah menjadi kepompong, sampai akhirnya menjadi kupu-kupu.

Buku ini tak hanya mengajarkan anak tentang transformasi ulat menjadi kupu-kupu, namun ada banyak hal lain yang bisa dipelajari, seperti belajar siang dan malam, belajar nama hari, belajar warna, belajar hitungan 1-10, dan lain sebagainya.

Buku karya Eric Carle ini berbentuk boardbook sehingga cocok untuk anak dibawah tiga tahun, karena tidak mudah robek. Anda bisa membeli buku ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Dalam memilih buku bacaan untuk anak batita, pastikan Anda memperhatikan konten yang tepat, buku yang tidak terlalu tebal, cerita yang mudah dimengerti, dilengkapi dengan ilustrasi atau gambar serta warna yang menarik, dan yang mengandung pesan moral.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara menyimpan dan merawat buku agar tetap awet dan tersusun rapi.
  • Jika Anda ingin memilih buku yang mengajarkan perihal agama dan kecintaan terhadap Nabi, maka buku Muhammad is My Hero adalah pilihan yang tepat.
  • Lain halnya jika Anda ingin mencari buku bacaan yang kokoh lengkap dengan permainan interaktif dan anak Anda sudah memasuki usia 3 tahun, maka El-Hana My Busy Book pantas Anda pilih.
  • Sedangkan jika Anda memiliki uang lebih dan ingin mengajarkan kepada anak tentang sains sekaligus mengenalkan bahasa asing pada si kecil, maka buku The Very Hungry Caterpillar dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Referensi

  1. Cooper (2017), The Best Book for Busy Toddler, https://teaching2and3yearolds.com/the-best-books-for-busy-toddlers/.
  2. Noya (2019), Yuk, Simak Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Perkembangan Anak, https://www.alodokter.com/banyak-manfaat-yuk-mulai-bacakan-buku-cerita-untuk-si-kecil.
  3. Adrian (2018), Jangan Remehkan Manfaat Membacakan Buku untuk Anak Sejak Usia Dini, https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-membaca-untuk-buah-hati-sedari-dini.



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Buku yang Cocok untuk Batita", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »