Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


6 May 2020

10 Bluetooth Adaptor Terbaik untuk PC dan Laptop

By Cekresi .com
10 Bluetooth Adaptor Terbaik untuk PC dan Laptop


Dewasa ini sebagian besar perangkat elektronik seperti ponsel, konsol game, headset, dan lain-lain sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth. Fitur tersebut dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan Anda saat ingin menghubungkan komputer ke perangkat elektronik lainnya tanpa harus menggunakan kabel.



Jika komputer Anda tidak dilengkapi dengan bluetooth bawaan, maka Anda bisa membeli bluetooth adaptor. Namun, masih banyak orang merasa kesulitan menentukan produk mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perangkat elektronik yang dimilikinya. Hal itu lebih disebabkan karena banyaknya variasi dan bentuk yang ada di pasaran.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa bluetooth adaptor terbaik untuk PC dan laptop lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai bluetooth adaptor dan cara menggunakannya.

Mengenal bluetooth adaptor dan fungsinya

Bluetooth merupakan spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi atau personal area networks tanpa menggunakan kabel. Bluetooth berkembang dalam beberapa versi, dan yang terbaru adalah versi 4 sampai dengan 5.

Versi tersebut memiliki perbedaan, seperti Bluetooth 4 yang terbagi menjadi Bluetooth 4.1, 4.2, dan Bluetooth V4 itu sendiri. Sedangkan untuk teknologi terbaru dari bluetooth adalah Bluetooth 5 yang pastinya berbeda dengan versi sebelumya.

Sedangkan, bluetooth adaptor sering merujuk pada USB flash disk kecil dengan chip bluetooth yang memudahkan Anda saat ingin bertukar file di komputer dengan mudah dan nyaman tanpa kabel.

Dengan bluetooth adaptor, Anda dapat menyelaraskan ponsel, headphone nirkabel, dan perangkat keras lainnya ke PC dan laptop yang tidak dilengkapi dengan bluetooth bawaan.

Selain itu, Anda juga dapat menghubungkan PC secara nirkabel dengan perangkat elektronik yang sudah dilengkapi dengan teknologi bluetooth, seperti keyboard bluetooth, mouse bluetooth, printer bluetooth, dan masih banyak lagi yang lainnya.



Karena itu, penting bagi masyarakat memiliki bluetooth adaptor, karena bisa menjadi solusi terbaik yang dapat mempermudah aktivitas dengan mudah melalui jaringan nirkabel.

Perhatikan daya dukung atau kompatibilitas perangkat dengan bluetooth adaptor

Yang utama saat membeli bluetooth adaptor adalah memperhatikan kemampuan daya dukung alat tersebut. Karena jangan sampai ketika Anda membeli bluetooth adaptor kemudian tidak bisa digunakan ke perangkat yang Anda miliki.

Untuk itu, setidaknya bluetooth adaptor yang akan Anda beli sudah kompatibel dengan komputer di PC atau laptop Anda, seperti dapat bekerja dengan sistem operasi yang berbeda, yakni Windows 8, Windows 7, XP, Vista, dan lain sebagainya.

Namun jangan khawatir, karena beberapa bluetooth adaptor memiliki sistem operasi yang sudah mendukung Plug and Play, sehingga lebih mudah saat menginstalnya. Namun jika pilihan tersebut tidak tersedia, maka Anda bisa mendapatkan driver di situs web resmi atau pada CD yang terlampir dalam produk.

Yang perlu diperhatikan adalah, masih banyak perangkat elektronik di Indonesia yang rata-rata masih menggunakan bluetooth versi 4 ke bawah. Jadi kami sarankan Anda membeli bluetooth adaptor yang memiliki spesifikasi minimal bluetooth v4.

Perhatikan rentang transmisi bluetooth adaptor

Besaran transmisi dari perangkat bluetooth adaptor sangat ditentukan oleh kelasnya. Misalnya, untuk bluetooth adaptor kelas 1 memiliki jangkauan nirkabel 100 meter, dan bluetooth adaptor kelas 2 memiliki jangkauan 10 meter.

Secara umum, bluetooth adaptor yang ada di pasaran termasuk dalam kelas 2, di mana cukup bagi kebanyakan orang agar terhubung dengan perangkat seperti, komputer PC atau laptop, mouse, printer, dan lainnya yang sudah dilengkapi dengan aksesoris bluetooth.



Pilih versi bluetooth yang lebih baik

Bluetooth V2.1 EDR memiliki teknologi dengan kemampuan untuk mentransfer kecepatan 3 Mbps, yang artinya 3 kali lebih cepat daripada Bluetooth Adaptor 1.1 dan 1.2 atau yang disebut dengan versi tradisional.

Sedangkan, untuk kebutuhan PC atau laptop, Anda bisa memilih adaptor Bluetooth 4.0, di mana versi tersebut memberikan stabilitas yang lebih baik dengan konsumsi dayanya yang lebih rendah. Adaptor dengan Bluetooth 4.0 juga kompatibel dengan standar bluetooth sebelumnya, yaitu V3.0, 2.0, 1.2 dan 1.1.

Cara menggunakan dan mengaktifkan bluetooth adaptor

Berikut ini kami sajikan tips cara menggunakan dan mengaktifkan bluetooth adaptor yang sudah Anda beli :

  • Temukan terlebih dahulu port USB di komputer PC atau laptop Anda. Pastikan port USB kosong dan siap digunakan untuk bluetooth adaptorAnda.
  • Jika komputer Anda menggunakan port USB-C oval, bukan port USB 3.0 persegi panjang, maka Anda harus membeli adaptor USB agar bisa dicolokkan ke USB-C komputer Anda.
  • Beberapa bluetooth adaptor bisa langsung connect karena sudah Plug and Play. Namun jika, bluetooth adaptor Anda tidak berjalan di komputer Anda, kemungkinan versi terbaru dari sistem operasi Anda tidak mendukungnya. Karena itu, Anda perlu memperbaikinya dengan cara mengunduh file driver, mengklik dua kali untuk menjalankannya, dan mengikuti permintaan di layar. Biasanya, Anda dapat menginstal driver dari situs web produsen bluetooth adaptordi bagian “Unduhan”, “Driver”, atau “Dukungan”.
  • Agar terhindar dari masalah lain saat melakukan aktivasi bluetooth adaptor, Anda harus terlebih dahulu menonaktifkan adaptor lama, dan kemudian menginstal dengan perangkat baru yang sudah Anda miliki.

10 Bluetooth adaptor terbaik untuk PC dan laptop

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang bluetooth adaptor dan cara mengaktifkannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi bluetooth adaptor terbaik untuk PC dan laptop dari berbagai merek berikut ini:

10. Avantree DG40S USB Bluetooth 4.0

avantree_dg40s_usb_bluetooth_4_0

Harga : Rp 229.000

Plug and playuntuk Windows 10

Avantree DG40S bisa menjadi solusi terbaik untuk melengkapi kebutuhan konektivitas komputer Anda di PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Karena produk ini sudah dilengkapi dengan fitur plug and playyang secara otomatis bisa menginstal di Windows 10 tanpa perlu bersusah payah mencari driver.

Dengan alat ini, Anda akan mendapatkan layanan multiguna pada Windows 10, seperti layanan memindahkan file tanpa kabel, musik stereo nirkabel, panggilan Skype, keyboard dan mouse nirkabel, dan lain-lain.



Selain itu, Anda juga bisa terhubung dengan perangkat lainnya, seperti headphone bluetooth, speaker, ponsel, printer, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan, yang menarik adalah produk ini bergaransi 2 tahun. Anda dapat membeli bluetooth adaptor ini di Lazada.

9. TP-Link UB400

tp_link_ub400

Harga : Rp 59.000

Desain ramping dan mudah menyimpannya

Anda tidak perlu repot lagi mencari driver eksternal untuk menginstal bluetooth adaptor, karenaproduk dari TP-Link ini sudah dilengkapi dengan fitur plug and playuntuk Windows 8, 8.1, dan 10.

Selain itu, produk ini memiliki desain ramping dan ultra-kecil, sehingga Anda lebih mudah membawanya kemana-mana, seperti memasukkan adaptor nanoke port USB apa pun dan mudah menyimpannya di sana.

Adapun untuk jangkauan transmisi, alat ini bisa digunakan hingga 10 m. Dan, membuat Anda lebih nyaman, karena bisa menikmati musik tanpa harus berada di sekitar komputer Anda. Untuk mendapatkannya, Anda dapat membeli bluetooth adaptor ini di Lazada.

8. Bluetooth CSR 4.0

bluetooth_csr_4_0

Harga : Rp 30.600

Desain simple dan memiliki jangkauan yang luas

Produk yang memiliki bentuk kecil ini kompatibel dengan versi bluetooth sebelumnya, seperti V1.2/2.0/2.1/3.0. Sehingga membuat konektivitas lebih mudah karena dapat mendukung sistem operasi pada komputer atau laptop Anda.



Selain itu, bluetoothV4.0 memiliki kecepatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, yakni 3Mbps. Anda akan lebih mudah melakukan transfer data dengan waktu yang cukup singkat.

Jangkauannya pun cukup luas, yakni bisa mencapai 20 meter. Dan, yang menarik lagi adalah bluetooth adaptor ini sudah dilengkapi dengan fitur Plug and Play sehingga membuat Anda lebih mudah saat menginstalnya. Anda dapat membeli bluetooth adaptor ini di Lazada.

7. Plugable USB Bluetooth 4.0

plugable_usb_bluetooth_4_0

Harga : Rp 983.951

Mendukung banyak perangkat elektronik lainnya

Untuk Anda pengguna Windows 10, 8.1, 8, 7 atau Linux, Anda bisa menggunakan Plugable USB Bluetooth 4.0. Dan, khusus untuk komputer dengan Windows 10, Anda akan mendapatkan kemudahan otomatis saat melakukan penginstalan.

Produk ini juga dapat digunakan untuk mendukung konektivitas perlengkapan elektronik bluetooth lainnya seperti,speaker, headphone, headset, keyboard, mouse, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kelebihan lainnya, Plugable lebih hemat energi, aman digunakan untuk Anda yang biasa bepergian jauh atau travelling. Anda bisa membeli bluetooth adaptor ini di Lazada.

6. Baseus Bluetooth 4.0

baseus_bluetooth_4_0

Harga : Rp 65.000



Memudahkan transfer data dan kompatibel dengan banyak perangkat

Bluetooth adaptor dari Baseus ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk komputer PC atau laptop Anda. Karena Anda akan mendapatkan kemudahan saat transfer data, mendengarkan musik secara wireless, hingga jarak 10 meter dari perangkat Anda.

Selain itu, produk ini sudah dirancang agar kompatibel dengan banyak perangkat elektronik yang telah dilengkapi dengan bluetooth, seperti speaker bluetooth, headset bluetooth, mouse dan keyboard bluetooth, dan masih banyak yang lainnya. Anda dapat membeli bluetooth adaptor ini di Shopee.

5. Ugreen Bluetooth 4.0

ugreen_bluetooth_4_0

Harga : Rp 81.500

Kompatibel dan kecepatan transfer tinggi

Produk dari Ugreen ini dilengkapi dengan A2DP (Advanced Audio Distribution Profile), yakni teknologi yang memungkinkan penyaluran data audio high quality melalui koneksi bluetooth. Sehingga dapat mendukung streaming audio dengan mudah dan lancar.

Kecepatan yang ditawarkannya pun terbilang tinggi, yakni hingga 3Mbps. Selain itu jangkauannya bisa mencapai 15 meter yang tentunya bisa membuat pengoperasiannya jauh lebih mudah, tanpa perlu lagi dekat dengan komputer Anda.

Produk ini sudah dilengkapi dengan fitur Plug and Play untuk Win 10/8. Sedangkan, jika Anda menggunakan Win 7 / XP / Vista, maka Anda perlu mencari drivernya untuk menginstalnya terlebih dahulu. Anda dapat membeli bluetooth adaptor ini di Lazada.

4. Vention Bluetooth 4.0

vention_bluetooth_4_0

Harga : Rp 77.000



Kompatibel dengan berbagai perangkat elektronik

Vention Bluetooth 4.0 sudah dilengkapi dengan fitur Plug and Play untuk Win 10/8.1/8.. Dan, untuk pengguna Win 7/XP/Vista, Anda perlu mencari driver untuk menginstalnya terlebih dahulu.

Produk dari Vention juga sudah dilengkapi dengan A2DP (Advanced Audio Distribution Profile), sehingga dapat mendukung streaming audio dengan mudah dan lancar.

Selain itu, juga kompatibel dengan perangkat lainnya yang menggunakan bluetooth, seperti ponsel, tablet, keyboard bluetooth, headphones bluetooth, speaker bluetooth dan masih banyak yang lainnya.

Yang perlu Anda perhatikan adalah, produk ini tidak mendukung sistem operasi seperti, ARM-Based Window RT/Mac OS/Linux. Anda dapat membeli bluetooth adaptor ini di Shopee.

3. Orico BTA-409 Bluetooth 4.0

orico_bta_409_bluetooth_4_0

Harga : Rp 86.000

Kompatibel dengan Windows XP/Vista/7/8/10

Produk dari Orico ini selain harganya murah juga memiliki kualitas yang sangat baik, seperti kecepatan tranmisinya hingga 3 Mbps dan jangkauannya bisa mencapai 20 meter.

Untuk sistem operasi Win 8 atau yang lebih tinggi, Anda bisa menggunakan drive yang telah disediakan secara gratis. Dan, bluetooth adaptorjuga kompatibel secara otomatis dengan Bluetooth 4.1/4.2/5.0. Anda bisa membeli bluetooth adaptor ini di Lazada.



2. Zapo Bluetooth 4.0

zapo_bluetooth_4_0

Harga : Rp 184.000

Desain ringkas dan memiliki kecepatan ultra

Untuk Anda yang tidak mau ribet dan bersusah payah memasang serta melepas bluetooth adaptor, maka Anda bisa membeli Zapo Bluetooth 4.0 yang bentuknya mini dan bisa dengan mudah Anda colokkan dan meninggalkannya di PC atau laptop.

Selain itu, Anda tidak perlu berlama-lama lagi saat ingin transfer data, karena produk ini memiliki kecepatan hingga 150 Mbps pada 2.4 GHz. Dan, produk ini sudah bisa dijalankan pada berbagai macam sistem operasi, seperi Windows 10/8/7/Vista/XP/2000, mac OS X 10.4-10.12. Anda dapat membeli bluetooth adaptor ini di Lazada.

1. Kextech Mini USB Wireless

kextech_mini_usb_wireless

Harga : Rp 61.700

Kecepatan dan jangkauan maksimal

Bluetooth adaptor dari Kextech ini memiliki bentuk yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Kemudian, kecepatan dan jangkauannya maksimal karena didukung oleh koneksi wireless WiFi 802.11n.

Kecepatan yang dihasilkan produk ini bisa mencapai 300 mb/s, yang berarti 6 kali lebih cepat daripada koneksi 802.11g. Selain itu, Anda tidak perlu lagi driver saat ingin menggunakannya, cukup dengan mencolokkan maka perangkat komputer atau PC Anda akan secara otomatis melakukan instaling.

Produk ini kompatibel dengan berbagai macam sistem operasi, seperti Windows 2000/XP/2003/Vista/7/8, MAC OS, dan Linux. Anda dapat membeli bluetooth adaptor ini di Lazada.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli bluetooth adaptor, sebaiknya Anda memperhitungkan beberapa hal penting, seperti daya dukung, rentang transmisi, versi bluetooth, harga serta mereknya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara mengaktifkan dan menggunakannya, sehingga bluetooth adaptor yang sudah Anda beli bisa terkoneksi dengan berbagai perangkat elektronik yang Anda miliki.
  • Anda bisa memilih Zapo Bluetooth 4.0, karena bluetooth adaptor ini bentuknya kecil dan mudah dibawa kemana-mana, serta memiliki kecepatan dan jangkauan yang maksimal.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan bluetooth adaptor terbaik yang dapat mendukung konektivitas perlengkapan elektronik bluetooth lainnya seperti, speaker bluetooth, headphone bluetooth, keyboard bluetooth, mouse bluetooth, dan lain-lain, Anda bisa memilih Plugable USB Bluetooth 4.0.
  • Namun, jika Anda ingin bluetooth adaptor terbaik yang memungkinkan penyaluran data audio high quality melalui koneksi bluetooth dan kompatibel dengan berbagai perangkat elektronik lainnya, maka Anda bisa memilih Ugreen Bluetooth 4.0.

Referensi

  1. The TechLounge(2020), 8 Best Bluetooth Adapters in 2020,https://www.thetechlounge.com/best-bluetooth-adapter/
  2. PortableHifi,How to Choose a Best Bluetooth Adapter for Your Own Computer, http://www.portablehifi.com/best-bluetooth-adapter-guide/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Bluetooth Adaptor Terbaik untuk PC dan Laptop", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »