Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


30 April 2020

10 Ban Mobil Terbaik yang Bagus dan Awet

By Cekresi .com
10 Ban Mobil Terbaik yang Bagus dan Awet


Kenyamanan saat berkendara bisa ditentukan salah satunya dengan pemilihan ban yang tepat dan berkualitas. Sehingga lebih efektif dalam meredam guncangan, lebih awet, dan memudahkan mengontrol manuver saat berkendara.



Banyak jenis ban terbaik yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasaran. Ketika membelinya, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal penting, seperti kesesuaian jenis ban dengan tipe mobil, ukuran, pola ban, serta mereknya.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa ban mobil terbaik yang bagus dan awet lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai ban mobil dan cara perawatannya.

Mengenal jenis ban mobil dan penggunaannya

Sebelum membeli ban yang cocok untuk mobil Anda, tentu Anda harus menyesuaikan medan yang biasa Anda lalui dengan jenis ban yang akan Anda beli. Karena kesesuaian tersebut merupakan salah satu faktor penentu ban lebih awet agar performa berkendara Anda tetap terjaga.

Berikut ini beberapa jenis ban mobil dan penggunaannya yang harus Anda ketahui sebelum menentukan untuk membelinya :

Pertama, ban mobil untuk sepanjang musim. Ban mobil ini dibuat untuk menangani semua musim dengan memberikan kinerja yang baik dan menyeluruh, namun tidak bisa bekerja maksimal pada cuaca eksrem.

Kedua, ban mobil untuk musim panas. Ban mobil ini bisa menghasilkan handling pengereman kering dan basah, sehingga cocok untuk digunakan saat hujan musim semi dan musim panas. Ban ini dibuat dari karet lunak yang tidak bisa digunakan ketika suhu turun mencapai titik beku karena memiliki traksi salju yang kurang sempurna.

Ketiga, ban mobil untuk musim dingin. Ban mobil ini cocok untuk musim dingin ekstrem. Dibuat dari karet khusus yang tidak kaku pada suhu dingin dan memiliki traksi salju yang luar biasa, sehingga cocok untuk Anda yang tinggal di daerah musim dingin ekstrem.

Keempat, ban berkinerja tinggi. Ban ini di desain untuk pengemudi yang sangat memperhatikan kinerja dan kecepatan kuda besinya. Ban ini juga memiliki daya cengkeraman pada jalan seperti ban balap. Ban berkinerja tinggi ini biasanya banyak dijumpai pada mobil sport.



Kelima, ban all-terrain. Ban all-terrain ini cocok sekali untuk Anda para pengemudi jalur lurus, karena ban ini dibuat untuk menangani semua permukaan mulai dari lumpur, pasir hingga batu-batuan.

Keenam, ban touring. Ban touring adalah ban premium yang dirancang untuk pengemudi yang mementingkan kelancaran, kenyamanan, dan penanganan yang unggul. Ban ini juga didesain untuk menangani kondisi basah dan kering, tetapi ban ini tidak dapat menangani musim salju serta kondisi cuaca yang ekstrem.

Ketujuh, ban medan lumpur. Ban ini didesain dengan pola tapak yang dalam dan kasar untuk membantu kendaraan Anda mendapatkan traksi yang solid serta dapat menangani permukaan yang lembut, seperti lumpur dan pasir.

Kedelapan, ban serep. Ban serep ini biasa disebut dengan ban cadangan. Ban ini biasanya diletakkan dibagasi sebagai pengganti salah satu ban Anda saat mengalami kerusakan yang mendadak. Ban serep juga memiliki dua opsi, yaitu ban dengan ukuran penuh dan ban compact.

Pilih ukuran yang sesuai

Sebelum membeli ban, sebaiknya Anda memperhatikan ukuran ban terlebih dahulu. Pastikan ukuran pas dan sesuai dengan tipe mobil Anda.Untuk menentukan ukuran ban yang tepat, Anda bisa melihat kode yang tertera disamping ban mobil.

Misalnya, Daihatsu All New Sirion yang memiliki ban dengan kode 185/55 R15 95H. Maka angka ‘185’ menunjukkan lebar telapak ban dalam satuan millimeter. Kemudian, angka ‘55’ menunjukkan ketebalan ban dengan lebar telapak ban yang penulisan angkanya berupa persentase.Artinya angka 55, menyatakan bahwa tebal ban adalah 55% dari 185 millimeter.

Selanjutnya, huruf ‘R’ yang menyatakan bahwa ban tersebut merupakan ban jenis radial dan angka 15 menunjukkan diameter pelek yang digunakan dalam satuan inci.



Sedangkan angka ‘95’adalah kapasitas beban yang memiliki load index sebesar 690 kg dan huruf ‘H’ yang melambangkan kecepatan maksimum mencapai 210 km/jam.

Perhatikan tampilan pola pada ban

Saat memilih ban mobil, Anda juga harus memperhatikan pola ban mobil dengan daerah yang sering Anda lewati. Jika Anda tinggal didaerah yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi, lebih baik Anda memilih ban dengan alur V, karena ban dengan pola V mampu memberikan daya cengkeram yang lebih baik ketika melintasi genangan.

Sedangkan, jika Anda tinggal didaerah yang terlalu panas. Sebaiknya Anda memilih ban mobil yang memiliki guratan banyak, karena semakin tegas pola alurnya, semakin besar juga gaya geseknya.

Perhatikan budget yang Anda miliki

Langkah terakhir sebelum Anda membeli ban mobil, yaitu menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai Anda memaksakan untuk membeli ban mobil dengan kualitas terbaik, namun tidak sesuai dengan budget.

Rencanakan budget untuk membeli ban mobil dengan mencari harga yang paling ekonomis, namun memiliki kualitas yang terjamin. Dan, Anda harus pandai menyesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan agar tidak salah dalam membeli ban mobil.

Cara merawat ban mobil

Setelah Anda mengetahui berbagai hal mengenai ban mobil, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya. Berikut ini merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat ban mobil agar lebih awet dan performa tetap terjaga saat berkendara :

  • Periksa tekanan ban mobil Anda setiap satu bulan sekali, karena setiap bulannya ban dapat kehilangan udara sekitar satu pon perinci. Terutama pada musim dingin, ban akan lebih banyak kehilangan udara.
  • Periksa ban secara teratur, terutama sebelum melakukan perjalanan jauh. Saat Anda memeriksa tekanan udara pada ban, Anda juga perlu melakukan inspeksi fisik pada ban Anda karena dikhawatirkan ada benda yang mungkin masuk seperti batu, paku ataupun kaca.
  • Periksa dengan rutin rotasi pada ban, Anda bisa membawanya ke toko ban lokal.
  • Pada plakat mobil sudah ada kode yang menunjukkan batas berat yang dapat dimuat oleh kendaraan. Jangan melebihi batas berat karena bisa membuat ban cepat rusak.
  • Usahakan mengganti ban mobilketika permukaan ban sudah halus atau rata.Dan, jangan memasang ban yang tidak sesuai dengan mobil Anda.

10 Ban mobil terbaik yang bagus dan awet

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang ban mobil lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi ban mobil terbaik yang bagus dan awetdari berbagai merek berikut ini:



10. Bridgestone 185 70 R.14 88S Techno

bridgestone_185_70-r14_88s_techno

Harga : Rp 497.000

Lebih aman, awet dan mampu menghemat bahan bakar

Ban mobil merek Bridgestone merupakan salah satu merek ban yang terkenal dengan kualitasnya yang sangat baik. Salah satu produknya adalah Bridgestone 185 70 R.14 88S Techno yang dirancang khusus untuk berbagai permukaan jalan yang ada di Indonesia dan menjanjikan kinerja pengereman yang baik.

Ban ini cocok digunakan pada dua musim, karena memiliki alur yang lebar sehingga sangat efisien untuk memecah genangan air ketika musim hujan. Selain itu, memiliki alur bentuk blok segitiga yang mampu menjaga kestabilan dan traksi agar tidak mudah selip saat musim panas. Anda bisa membeli ban mobil ini di Shopee.

9. Dunlop SP 10 185 70 R.14 88S

dunlop_sp_10_185_70_r14_88s

Harga : Rp 420.000

Menggunakan bahan dasar terbaik sehingga tidak mudah pecah

Ban mobil Dunlop SP 10 bisa Anda gunakan untuk mengganti ban mobil Anda yang sudah rusak ataupun pecah. Kualitas yang dihasilkan dari produk ini lebih kokoh dari ban mobil standar biasanya.

Ban mobil ini juga dilengkapi dengandaya cengkram yang cukup baik saat melintasi jalan kering maupun jalan basah. Selain itu, memiliki tingkat ketahanan yang kuat sehingga dapat menyesuaikan diri dengan mobil yang memiliki mobilitas tinggi. Anda dapat membeli ban mobil ini di Shopee.

8. Archilles Corsa 838 MT 235 75 R15

achilles_corsa_838_mt_235_75r15

Harga : Rp 940.000

Menambah kenyamanan dan keamanan berkendara



Ban mobil merek Archilles Corsa ini sudah diakui oleh lembaga internasional akankualitas produknya, dan berhasil memenuhi standar mutu kualitas dunia dengan desain corak ban yang bagus.

Selain itu, ban mobil ini mampu mengoptimalkan evakuasi air dan mengurangi hydroplaning. Ban mobil ini juga menunjang kenyamanan berkendara serta meningkatkan akselerasi saat melaju dijalan kering.Anda bisa membeli ban mobil ini di Blibli.

7. Continental 255 55 18 CSC5 SSR

continental_255_55_18_csc5_ssr

Harga : Rp 2.500.000

Desain mewah yang dilengkapi dengan teknologi Conti Silent

Ban dari Continental ini mampu memberikan kontrol yang baik untuk permukaan jalan yang kering maupun basah. Ban ini memiliki ukiran yang mampu memberikan kestabilan yang baik saat berkendara, serta bertanggung jawab untuk pengereman mendadak atau jarak dekat.

Ban ini dilengkapi dengan teknologi ContiSilent dengan bantalan polyurethane yang dipasang dibagian dalam ban sehingga mampu menyerap kebisingan dengan sangat baik. Anda bisa membeli ban mobil ini di Blibli.

6. Zeetex AT 1000 195 80 R15

zeetex_at_1000_195_80_r15

Harga : Rp 1.175.000

Desain ukiran unik dan nyaman saat berkendara

Zeetex merupakan ban untuk mobil kelas SUV yang memiliki kontruksi cap base sehingga mampu memberikan kenyamanan berkendara yang sangat luar biasa dan memiliki handling yang cukup baik. Ban ini juga didesain dengan block agresif yang ditujukan untuk semua medan.



Selain itu, ban ini memiliki daya cengkram dan respon pengemudi yang baik pada permukaan jalan kering. Ban ini juga menawarkan traksi yang cukup baik paada permukaan jalan basah. Anda bisa membeli ban mobil ini di Bukalapak.

5. Good Year Assurance Duraplus 2 195-50-15

good_year_assurance_duraplus_2_195_50_15

Harga : Rp 604.950

Desain lebih ringan dan mampu meningkatkan daya tahan serta performa ban

Ban mobil Good Year Assurance Duraplus 2 195-50-15 didesain dengan lekung telapak ban yang lebih besar untuk memperluas area kontak ban dengan jalan. Ban ini juga dilengkapi dengan karbon tinggi pada telapak ban yang mampu meningkatkan daya tahan dan performa ban.

Ban ini dibuat dari material ringan yang sering digunakan pada peralatan militer sehingga ban ini tidak akan mengalami kerusakan meskipun digunakan pada suhu tinggi. Selain itu, ban ini dilengkapi lapisan serat karbon yang mampu memberikan perlindungan serta ketahanan terhadap benturan.Anda bisa membeli ban mobil ini di Shopee.

4. Falken 185 70 14 Sincera

falken_185_70_14_sincera

Harga : Rp 453.100

Desain tangguh dan harga ekonomis

Ban Falken 185 70 14 Sincera ini tidak kalah bagusnya dari merek yang lain. Ban ini lebih berfokus dalam pembuatan ban yang lebih tahan lama dengan harga yang cukup ekonomis. Ban ini juga didesain cukup tangguh dengan tekanan kontak yang menyeluruh pada ban sehingga mampu memperbaiki tingkat keausan ban.

Selain itu, ban ini memiliki tingkat kekakuan yang merata sehingga mengurangi keausan pada ban serta mampu mengoptimalkan energi keausan saat menikung yang membuat ban ini cocok untuk menemani aktivitas Anda. Anda bisa membeli ban mobil ini di Shopee.



3. GT Radial Champiro Eco 185 65 R.15 88H

gt_radial_champiro_eco_185_65_r_15_88h

Harga : Rp 520.000

Di desain lebih irit bahan bakar

GT Radial Champiro Eco 185 65 R.15 88H didesain dengan teknologi nanosilika sehingga tekanan angin mampu bertahan lebih lama. Ban ini dibuat dengan fitur komponen silica yang dapat memaksimalkan kinerja ban dijalan basah.

Selain itu, ban dengan komponen silica ini bisa membuaat penggunaan bahan bakar lebih irit. Ban ini juga mampu memopang beban berlebih dan mengantisipasi efek aquaplaning dengan baik. Anda bisa membeli ban mobil ini di Shopee.

2. Hankook Dynapro MT RT03 30×9 5R15

hankook_dynapro_mt_rt03_30x9_5r15

Harga : Rp 1.075.680

Traksi multi-arah yang luar biasa

Ban Hankook Dynapro MT RT03 30×9 5R15ini merupakan ban standar yang dapat digunakan pada dua musim. Ban ini didesain lebih nyaman saat digunakan pada keadaan jalan kering. Ban ini juga memiliki kinerja yang stabil untuk mengatasi musim hujan.

Ban ini memiliki traksi multi arah yang luar biasa dengan tingkat kebisingan yang minim sehingga tidak mengganggu pengendara lain ketika Anda gunakan. Selain itu, ban ini dibuat sangat teliti untuk menjaga keamanan Anda. Anda bisa membeli ban mobil ini di Lazada.

1. Michellin PILOT SPORT 4 PS- 4 205 45 R17

michellin_pilot_sport_4_ps_4_205_45_r17

Harga : Rp 1.675.000

Lebih terkontrol dan memiliki kinerja yang optimal



Ban mobil Michellin didesain menggunakan valvet pada sidewall untuk tampilan yang elegan dan menarik. Ban ini memiliki lebar dan kedalaman alur longitudinal yang memastikan evakuasi air baik dijalan basah.

Ban ini juga didesain dengan pola tapak ultra – reraktif untuk menyesuaikan dengan permukaan jalan. Selain itu, ban ini dilengkapi elastomer fungsional dan silica yang mampu memberikan grip dan pengereman yang baik dijalan basah serta memiliki garansi standar terbatas.Anda bisa membeli ban mobil ini di Blibli.

Kesimpulan

  • Ketika Anda membeli ban mobil, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal seperti, kesesuaian antara medan dengan jenis ban, ukuran, model, corak/pola serta mereknya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar ban mobilyang Anda miliki lebih awet.
  • Anda bisa memilih ban mobil Good Year Assurance Duraplus 2 195-50-15, karena ban mobil ini lebih awet dan tahan lama,serta andal di medan yang ekstrim.
  • Namun, jika Anda yanginginban mobil dengan ukiran yang unik serta block agresif yang ditujukan untuk semua medan, maka Anda juga bisa memilih ban mobil dari Zeetex AT 1000 195 80 R15.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkanban mobil dengan desain mewah yang dilengkapi dengan teknologi ContiSilent, maka Anda bisa memilih Continental 255 55 18 CSC5 SSR.

Referensi

  1. Reed, Philip (2018), How to Choose the Best Tires for Your Car, https://www.nerdwallet.com/blog/loans/auto-loans/choose-best-tires-car/
  2. Petersen, Gene (2016), How to Choose the Right Car Tires, https://www.consumerreports.org/tires/how-to-choose-the-right-car-tires/
  3. Stueber, Scott (2013), Six Tips for Keeping Your Tires in Shape You Can Be Safe, https://www.thesilverlining.com/westbendcares/blog/bid/187931/six-tips-for-keeping-your-tires-in-shape-so-you-can-be-safe



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait





2 comments

    1. Hi Kak,

      Boleh disebutkan no resi dan ekspedisinya supaya bisa kami bantu tracking/lacak ?

      Terima kasih




Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Ban Mobil Terbaik yang Bagus dan Awet", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »