Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


27 October 2020

10 Antena TV Terbaik yang Banyak Di pakai di Indonesia

By Cekresi .com
10 Antena TV Terbaik yang Banyak Di pakai di Indonesia


Di era layanan streaming video on demand (VOD), tidak dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih televisi tradisional sebagai media untuk mendapatkan informasi sekaligus hiburan sehari-hari.



Untuk mendukung kenyamanan menonton televisi, tentu diperlukan perangkat penunjang agar kualitas gambar yang dihasilkan lebih jernih. Salah satunya adalah dengan memilih antena TV terbaik, terutama pada daerah atau wilayah tertentu.

Hal itu tidak lepas dari faktor sinyal atau sumber pemancar dimana Anda tinggal. Karena dengan memiliki antena terbaik, gambar ‘semut’ tidak lagi muncul saat menonton acara-acara televisi yang Anda sukai.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih antena TV terbaik, seperti jenis antena TV, jenis televisi yang Anda miliki, rotator, merek dan juga harganya.

Untuk kualitas daya tangkap sinyal, Anda juga harus memperhatikan ukuran atau jumlah deretan antena, jenis kabel antena,penguat sinyal atau booster, dan letak pemasangannya.

Karena itu, kami menyajikan 10 antena TV terbaik yang banyak dipakai di Indonesia lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai macam-macam antena TV, cara memilih antena TV yang tepat hingga cara memasangnya.

Mengenal macam-macam antena TV

Ada dua jenis antena TV yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya, yaitu antena TV analog dan antena TV digital.

Perbedaan antena TV tersebut adalah pada kualitas gambar yang dihasilkan. Jika antena analog, gambar akan bagus jika penempatannya tepat dan dekat dengan pusat pemancar, sehingga sinyal yang ditangkap sangat baik.



Sedangkan, untuk antena TV digital tidak terpengaruh hal tersebut, karena gambar yang dihasilkan tetap bagus dan jernih, bahkan disaat keadaan cuaca sedang tidak bagus.

Berdasarkan pemasangan atau letak, antena TV dibagi menjadi 2 (dua), yaitu antena TV indoor dan outdoor.

Sesuai namanya, antena TV indoor diletakkan di dalam ruangan. Antena ini termasuk jenis yang mudah secara penggunaan, karena bentuknya lebih kecil, simpel dan praktis, sehingga Anda bisa meletakkannya di dekat televisi Anda.

Sedangkan jenis yang kedua adalah antena TV outdoor, di mana antena jenis ini biasanya diletakkan di luar rumah. Untuk memasangnya, Anda perlu penyangga yang kuat dan tenaga yang lebih.

Bahkan ada antena TV outdoor yang pemasangannya perlu memperhitungkan ketinggian dengan arah yang tepat, agar sinyal yang ditangkap lebih maksimal untuk mendapatkan gambar jernih.

Cara memilih antena TV yang tepat

Berikut ini adalah beberapa tips cara memilih antena yang tepat, antara lain adalah :

  • Perhatikan jenis TV Anda terlebih dahulu

Secara umum jenis TV LCD atau LED kurang terlalu bagus saat digunakan untuk menangkap sinyal jika dibandingkan dengan TV tabung. Karena itu, gunakan antena yang berukuran sedang atau besar jika TV Anda termasuk jenis LCD atau LED.

Sedangkan untuk TV tabung, Anda bisa menggunakan berbagai ukuran antena baik itu kecil, sedang maupun besar.

  • Perhatikan banyaknya deretan pada antena TV

Deretan antena TV bermacam-macam, tergantung jenis antena yang Anda pilih. Semakin panjang deretan, semakin bagus daya tangkap sinyalnya.



Terlebih lagi jika rumah atau tempat tinggal Anda jauh dari gedung tinggi yang bisa menghalangi sumber pemancar atau sinyal, tentu hal ini bisa membuat gambar yang dihasilkan akan jauh lebih jernih.

  • Pilih yang dilengkapi dengan rotator

Rotator berfungsi untuk mengatur putaran antena, rotasi, torsi, maupun getaran. Selain itu, rotator juga berguna untuk menjaga agar tidak terjadi stroke petir.

Biasanya rotator antena TV juga dilengkapi dengan unit controller, di mana controller berguna untuk menggerakkan antena dengan mudah dan cepat.

  • Pilih kabel coaxial terbaik

Kabel antena TV berfungsi sebagai alat penghubung transmisi ke perangkat elektronik, seperti boster atau televisi. Secara umum, produsen antena TV sudah melengkapi produknya dengan kabel antena atau yang biasa disebut dengan kabel coaxial.

Namun, jika Anda enggan menggunakan kabel bawaan tersebut, maka Anda bisa memilih kabel coaxial sendiri.

Anda bisa memilih jenis kabel coaxial 75 Ohm yang memiliki serabut lebih tebal dan kawat yang kuat. Kabel jenis ini biasanya banyak disukai oleh masyarakat, karena memiliki daya tangkap sinyal yang sangat baik dan tahan lama.

Cara memasang antena TV dengan benar

  • Baca buku panduan terlebih dahulu sebelum memasangnya.
  • Ikuti prosedurnya, misalnya untuk memasang antena deret, maka Anda perlu merakitnya terlebih dahulu sesuai dengan buku panduan.
  • Setelah selesai merakit, kemudian kupas atau buka kabel pada bagian ujung hingga terlihat bagian anyaman tembaga.
  • Selanjutnya, bagian yang terkelupas tadi dijepit ke driver antena TV, tepatnya dibagian alumunium saja.
  • Pasang antena tersebut di dalam ruangan atau di luar ruangan. Hal ini tergantung jenis atau tipe antena TV yang sudah Anda beli, untuk indoor atau outdoor.
  • Dan terakhir adalah, jika antena tidak memiliki rotator, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu arah yang tepat untuk mendapatkan sinyal terbaik ketika memasangnya.

10 Antena TV terbaik yang banyak dipakai di Indonesia

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang antena dan cara memasangnya, maka perkenankan kami memberikanrekomendasi10 antena TV terbaik yang banyak dipakai di Indonesia dari berbagai merek berikut ini:

10. Intra Antenna TV Spesialist

foto-antena-tv-terbaik-yang-banyak-dipakai-di-indonesia-10

Harga : Rp 110.000

Lebih jernih dan dapat diputar 360 derajat



Antena TV dari Intra ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan menonton televisi Anda di rumah. Selain dapat membuat gambar lebih jernih, antena ini juga bisa diputar 360 derajat dengan menggunakan remote digital.

Anda bisa menggunakan antena ini untuk beragam televisi, seperti TV LCD, LED, maupun TV tabung. Pemasangannya pun cukup mudah, yakni bisa dipasang di dalam ruangan atau di luar ruangan.

Dengan menggunakan antena dari Intra, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan channel UHF/VHF TV dan FM Radio. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan paket lengkap seperti kabel 10 meter, booster, dan juga remote. Anda bisa membeli antena TV ini di Shopee.

9. Antena AOKI AT3000

foto-antena-tv-terbaik-yang-banyak-dipakai-di-indonesia-9

Harga : Rp 109.000

Model Elegan dan tahan terhadap cuaca

Antena TV dari brand AOKI ini sudah dirancang khusus sesuai dengan frekuensi TV yang ada di Indonesia, yakni UHF. Modelnya elegan dan berbeda dengan kebanyakan antena pada umumnya.

Antena ini juga bisa digunakan untuk menangkap berbagai siaran, baik itu analog ataupun digital. Pemasangannya pun mudah, bisa ditempelkan di dinding, meja, jendela atau juga bisa dipasang di luar ruangan dengan menggunakan tiang kayu atau besi.

Yang menarik adalah, Anda bisa membawa antena ini kemana saja, seperti traveling atau berlayar, karena bentuknya yang simpel dan praktis. Selain itu, antena ini juga bisa dipakai untuk 2 (dua) TV sekaligus.



Ketika artikel ini ditulis, Antena AOKI AT3000 di Shopee ditawarkan seharga Rp 108.000, yang berarti Anda akan mendapatkan diskon sekitar 10% dari harga normal.

8. Antena TV PX DA-5200

foto-antena-tv-terbaik-yang-banyak-dipakai-di-indonesia-8

Harga : Rp 124.900

Desain menarik dan menggunakan teknologi dengan tingkat kebisingan rendah

DA-5200 merupakan salah satu tipe antena TV digital dari PX yang paling banyak digemari masyarakat. Produk ini memiliki desain khusus untuk menerima sinyal digital terrestrial broadcasting.

Desainnya pun menarik dan modern dengan kualitasnya yang tahan terhadap cuaca. Antena TV digital ini juga mudah memasangnya dengan tingkat pengaturan arah yang luas. Dan, Anda bisa meletakkan antena ini di indoor maupun outdoor.

Selain itu, DA-5200 juga telah menggunakan teknologi dan sirkuit dengan tingkat kebisingan rendah sehingga memiliki daya terima sinyal yang sangat baik. Anda bisa membeli antena TV ini di Shopee.

7. Antena TV Toyosaki AIO 235-SC

foto-antena-tv-terbaik-yang-banyak-dipakai-di-indonesia-7

Harga : Rp 97.000

Memiliki penguat sinyal, bisa digital dan analog, serta mudah memasangnya

Toyosaki AIO 235-SC dirancang dengan desain kompak dan tahan terhadap berbagai cuaca, baik hujan maupun panas. Memiliki kemampuan menangkap frekuensi televisi mulai dari 470MHz hingga 680 MHz.



Antena ini juga sudah dilengkapi dengan Penguat Sinyal dan Gain Control yang berfungsi untuk mendapatkan siaran terbaik dengan gambar yang lebih jernih. Selain itu, juga mudah memasangnya, bisa untuk indoor maupun outdoor.

Kelebihan lain dari antena ini adalah, produknya sudah dilengkapi dengan smart chip dan bisa menerima siaran analog dan digital. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

6. Antena TV PF HD-U25

foto-antena-tv-terbaik-yang-banyak-dipakai-di-indonesia-6

Harga : Rp 154.000

Bahan berkualitas dan peka terhadap sinyal televisi

Dari beberapa produk antena PF, HDU-25 termasuk salah satu antena yang banyak disukai oleh masyarakat karena memiliki kemampuan menangkap sinyal yang sangat baik dan dan kuat.

Antena ini juga sudah dirancang khusus agar bisa digunakan untuk TV analog dan juga TV digital DVB-T2. Selain itu, terbuat dari bahan alummunium berkualitas tinggi yang peka terhadap sinyal televisi.

Adapun panjang antena ini adalah 1,6 meter dan sudah dilengkapi dengan pengunci sehingga tidak mudah goyah atau roboh ketika dipasang.

Kelebihan utama antena ini adalah memiliki Gain atau daya tangkap sinyal yang sangat tinggi, yaitu sekitar 7,6 dB hingga 13,7 dB. Anda bisa mendapatkan antena TV ini di Shopee.

5. Antena TV CNX Gold 108

foto-antena-tv-terbaik-yang-banyak-dipakai-di-indonesia-5

Harga : Rp 36.000

Lebih simpel, praktis, dan harga terjangkau



CNX Gold 108 merupakan jenis antena indoor yang memiliki kemampuan menangkap sinyal sangat baik untuk menghasilkan gambar yang jernih di tempat yang tepat. Selain itu bentuknya simpel, praktis dan mudah memasangnya.

Saat ditulis, produk yang dijual di Shopee ini seharga 35.640 rupiah, yang berarti Anda akan mendapatkan diskon 35 %. Cukup murah bukan!? Meskipun demikian kualitas yang ditawarkan tidak kalah dengan jenis antena lainnya.

4. Antena TV TRM AD188

foto-antena-tv-terbaik-yang-banyak-dipakai-di-indonesia-4-

Harga : Rp 18.000

Model elegan dan harganya murah

Antena terbaik dengan harga murah ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda yang tinggal di kost atau kontrakan. Karena bentuknya simpel, modelnya keren dan elegan, serta mudah memasangnya.

Antena tipe indoor ini juga sudah didukung untuk menerima siaran baik UHF maupun VHF. Harganya pun sangat terjangkau dan murah. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli antena TV ini di Shopee.

3. Antena TV PX DA-5120

foto-antena-tv-terbaik-yang-banyak-dipakai-di-indonesia-3

Harga : Rp 125.000

Desain spesial untuk sistem HD Digital TV di Indonesia

Antena TV digital PX DA-5120 ini bisa digunakan untuk indoor maupun outdoor. Memiliki penerimaan sinyal sangat baik dengan tingkat sensitivitas yang tinggi.



Antena ini bisa diletakkan dalam posisi horizontal maupun vertikal, sehingga pemasangannya sangat mudah. Selain itu, produk ini juga sudah dilengkapi dengan Booster dan Power Inserter.

Yang menarik dari produk ini adalah, ramah lingkungan, hemat energi, serta memiliki garansi 1 tahun.

Anda bisa membeli langsung antena TV original ini di Shopee.

2. Antena TV Votre VT-950

foto-antena-tv-terbaik-yang-banyak-dipakai-di-indonesia-2

Harga : Rp 80.000

Dilengkapi Hi Gain Booster, Remote, dan Kabel Antena 10 Meter

Votre VT-950 merupakan antena TV untuk channel VHF/UHF yang bisa diputar hingga 360 derajat. Prduk ini sudah dilengkapi dengan Hi Gain Booster, remote antena, dan juga kabel dengan panjang 10 Meter.

Pemasangannya pun cukup mudah, Anda tinggal meletakkan di atap rumah atau disamping rumah dengan tiang penyangga dari kayu atau besi. Selain itu, Anda juga bisa meletakkannya di dalam ruangan, misalnya di atas plavon.

Untuk mendapatkan arah sinyal saluran televisi terbaik, Anda hanya perlu menggunakan Remote Control untuk menggerakkan rotator antena TV. Anda bisa membeli produk ini di Shoope.

1. Antena TV PX HDA-5000

foto-antena-tv-terbaik-yang-banyak-dipakai-di-indonesia-1

Harga : Rp 159.000

Gambar lebih jernih dan dapat menayangkan siaran digital TV channel secara gratis

Untuk Anda yang tertarik dengan PX, Anda bisa mencoba salah satu produk terbaiknya, yaitu HDA-5000. Antena TV ini sudah dirancang untuk menerima siaran digital dan juga analog.



Namun yang perlu diperhatikan adalah, jika TV Anda tidak support DBVT-2, maka Anda perlu set top box tambahan lagi. Sedangkan, jika TV Anda sudah support DBVT-2, maka Anda tidak perlu set top box lagi untuk mendapatkan siaran digital secara gratis.

Antena ini sudah didukung oleh Chip Booster, Low Noise Amplifier, dan LTE filter 4G selular/HP. Selain itu, antena ini juda sudah dilengkapi dengan penyaring signal sehingga gambar yang dihasilkan lebih tajam dan jernih.

Keunggulan lainnya adalah, antena ini berbahan fiber keras yang anti petir, tahan terhadap cuaca, dan juga mudah memasangnya. Anda bisa membeli antena TV ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli antena TV, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti kesesuaian dengan jenis TV, jumlah deretan, rotator, dan juga kabelnya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara memasangnya dengan benar agar antena tidak goyang, roboh atau pun terjatuh.
  • Anda bisa memilih antena TV PX HDA-5000, karena kualitasnya sangat baik, gambar jernih, dan bisa digunakan untuk TV digital maupun analog.
  • Jika Anda ingin antena TV murah dengan model yang keren dan elegan, maka Anda bisa memilih TRM AD188.
  • Namun, untuk Anda yang ingin antena dengan penguat sinyal dan bisa digunakan untuk TV analog dan digital, serta mudah memasangnya, Anda bisa memilih antena TV Toyosaki AIO 235-SC.

Referensi

  1. Martyn Williams(2019),How to choose a TV antenna,https://www.techhive.com/article/3214772/which-tv-antenna-should-i-buy.html
  2. Stephen Lovely (2019), How to Choose a TV Antenna,https://cordcutting.com/how-to/how-to-choose-a-tv-antenna/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Antena TV Terbaik yang Banyak Di pakai di Indonesia", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »