Cek Resi All-in-One 50 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


13 Aug 2020 09:13

10 Anemometer Terbaik untuk Kebutuhan Proyek dan Olahraga

By Cekresi Plus


Anemometer merupakan alat pengukur kecepatan angin yang sangat dibutuhkan oleh perencana proyek pembangunan atau pun olahraga seperti paralayang. Sebab, akan sangat berbahaya bila Anda bekerja dengan velocity dan kelembaban udara dibawah standar.

Banyak produk anemometer dengan beragam fitur, merek, serta harga dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, untuk bisa mendapatkan produk anemometer terbaik, pastikan bahwa Anda memperhatikan beberapa hal, seperti teknologi, kapasitas pengukuran, akurasi, serta mereknya.

Karena itu, Kami menyajikan beberapa produk anemometer untuk kebutuhan proyek konstruksi dan olahraga lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, Kami akan berbagi pengetahuan mengenai anemometer beserta cara perawatannya.



Mengenal jenis anemometer terbaik untuk proyek dan olahraga

Ada berbagai jenis produk anemometer dengan beragam fitur yang bisa Anda gunakan. Pertama, cup anemometer, seperti penamaannya, alat ini menggunakan cup yang dapat berputar dan menghitung kecepatan angin. Keuntungan memakai jenis cup adalah, Anda tidak perlu lagi menentukan kemana angin mengalir.

Kedua, ada vane anemometer. Alat ini menggunakan vane atau kipas yang berfungsi menghitung kecepatan angin. Namun, karena sistem sensor yang sensitive, Anda tidak disarankan memakai jenis vane di daerah bersuhu tinggi, seperti gurun.

Ketiga, hotwire. Anemometer jenis ini bekerja dengan sensor untuk menangkap panas yang dibawa oleh angin. Keempat, ada tube anemometer. Jenis ini menggunakan sistem tekanan laju angin atau biasa disebut tekanan statis bernouli equation yang melewati sensor tube.

Akurasi sensor anemometer dalam membaca kecepatan angin

Mengukur akurasi anemometer berarti menghitung simpangan/range efektivitas perangkat dalam menentukan velocity angin. Umumnya ranging akurasi anemometer berada di level 1% hingga 5%. Semakin kecil levelnya, maka semakin akurat pula perhitungannya.

Pada jenis cup, sensor dapat membaca angin hingga kecepatan diatas 50mph. Akan tetapi jenis ini sangatlah lemah pada velocity rendah. Anda akan menemukan banyak anemometer cup di tower, aerodrome, atau pun pusat penelitian cuaca.

Sedangkan pada vane anemometer, sensor didesain mirip dengan fungsi turbin. Akurasi vane sedikit lebih baik dari jenis cup, sebab menggunakan kipas yang sangat ringan serta sensitif terhadap low-velocity angin. Selain itu sensor vane juga cocok untuk lingkungan ekstrem.

Kemudian, hotwire anemometer juga memiliki sensor yang sangat sensitif. Sistem sensornya menggunakan electrically-heated yang dapat menghitung kecepatan angin dengan transfer panas. Anda dapat menemukan banyak anemometer ini di laboratorium cuaca.

Akurasi sensor pada anemometer juga sangat dipengaruhi oleh ketinggian tempat pemakaian. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa kembali efektivitas anemometer sebelum membelinya. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan fitur pelacakan arah angin yang akurat.

Respons kecepatan angin anemometer luas

Produk anemometer terbaik selain memiliki sensor akurat adalah mampu mengukur velocity angin dengan luas. Katakanlah sebuah anemometer mampu mengukur skala dari 0 mph ke 100 mph, maka Anda sudah bisa menggunakan alat ini untuk bermacam kebutuhan dengan efektivitas tinggi.

Namun, respon yang luas saja tidak cukup. Sebuah anemometer terbaik akan mampu mengukur angin yang fluktuatif dengan akurat. Sebab, angin memiliki karakteristik yang unik serta sangat sulit ditebak. Kegagalan mengukur dengan benar akan sangat membahayakan, terutama untuk para pekerja proyek dan atlet.

Fitur tambahan anemometer fungsional

Hal yang membedakan sebuah anemometer dengan produk sejenis lainnya adalah adanya fitur tambahan. Ada banyak sekali pilihan fitur, baik dalam bentuk komponen elektrikal maupun mekanikal. Fitur tambahan bukanlah hiasan, melainkan teknologi yang dimaksudkan agar anemometer berfungsi lebih optimal.

Tidak hanya soal komponen, fitur tambahan juga dapat berbentuk aksebilitas serta maintainance atau perawatan. Selain itu, penerapan teknologi berbeda juga termasuk dalam fitur tambahan, yang biasanya melekat pada data digital dan sistem transmisi.

Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam menentukan jenis fitur apa yang dibutuhkan . Sebab anemometer untuk kebutuhan proyek konstruski akan berbeda dengan standar yang diperlukan untuk kebutuhan olahraga.

Cara menggunakan anemometer supaya akurat membaca angin

Sebagai salah satu alat uji, anemometer memiliki protocol penggunaan standar yang harus dipatuhi agar pengukuran menjadi efektif dan reliable. Karena itu, kami menyajikan beberapa cara menggunakan anemometer yang benar berikut ini :

  • Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menggunakan anemometer adalah setting up. Anda bisa mengandalkan manual book di masing-masing produk. Pastikan untuk set-up dengan benar, terutama untuk produk anemometer digital. Sebab Anda akan diberikan beberapa pilihan penyesuaian fitur.
  • Saat melakukan pengukuran, arahkan anemometer pada ruang bebas. Pastikan tidak ada benda, tumbuhan, bahkan bagian tubuh Anda sendiri yang menghalangi jalur angin pada anemometer.
  • Setelah itu, anemometer akan menunjukkan kecepatan/velocity angin. Pada bagian ini, periksa kembali ambang batas velocity yang Anda butuhkan. Bila standar telah terpenuhi, Anda bisa memulai pekerjaan.
  • Untuk hal lebih khusus mengenai standar pengukuran umumnya akan diatur pada manual book masing-masing produk. Misalnya, Anda wajib memilih jalur angin yang stabil untuk anemometer berjenis hot wire.

Cara merawat anemometer

Agar anemometer Anda tetap terjaga akurasi dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut tata cara yang bisa Anda gunakan untuk memberikan perawatan pada anemometer:

  • Pembersihan, ini merupakan kegiatan wajib yang harus Anda lakukan. Bersihkanlah droplet atau serpihan material pengotor seperti debu, tanah, atau pun embun agar anemometer tetap terjaga akurasinya.
  • Anda bisa melakukan pembersihan dengan cara melepas cup wheel pada jenis anemometer cup. Sedangkan untuk jenis yang lebih rumit, seperti hotwire dan tube akan lebih baik menyerahkan urusan tersebut ke ahlinya.
  • Berhati-hatilah untuk merusak komponen pin pada anemometer pada saat pembersihan. Sebab ini merupakan bagian yang sangat sensitif dan mudah mengalami error.
  • Lakukanlah testing pada perangkat anemometer secara berkala minimal 6 bulan sekali. Hal ini dimakasudkan untuk mengetahui apakah sensor masih dalam keadaan baik atau tidak.
  • Gantilah battery anemometer secara berkala tergantung jumlah pemakaian. Selain itu, hindarkan perangkat dari benturan dengan benda keras lain.

10 Anemometer terbaik untuk kebutuhan proyek dan olahraga

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang anemometer lengkap dengan cara pemasangan serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi produk anemometer terbaik untuk proyek dan olahraga dari berbagai merek berikut ini :

10. Holdpeak HP-866B

holdpeak_hp_866b
Harga : Rp 345.000

Anemometer paling ideal untuk olahraga seperti sailing, surving, hingga shooting

Holdpeak HP-866B merupakan anemometer bertipe vane yang cukup banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan event olahraga. Anemometer ini memiliki kemampuan membaca angin dari 0.3 hingga 30 m/s dengan akurasi 0.1 dgts.

Anemometer ini menggunakan tipe sensor ganda dengan 8-leaf turbin yang sangat sensitif. Sehingga Anda bisa mendapatkan hasil pengukuran yang akurat serta realible. HP-866B juga menggunakan layar LCD yang cerah dan jernih, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam kondisi apa pun.

Secara fungsional, anemometer Holdpeak HP-866B memang lebih banyak dipakai untuk kegiatan olahraga, seperti sailing, surving, aerodinamis, dan sebagainya. Namun, HP-866B juga cocok untuk kegiatan proyek konstruksi. Anda bisa membeli anemometer ini di Shopee.

9. KKmoon Wind Speed Gauge Anemometer

kkmoon_wind_speed_gauge_anemometer
Harga : Rp 243.000

Anemometer mini, namun useful untuk segala macam kebutuhan

KKmoon Wind Speed adalah produk anemometer berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. Perangkat juga cocok dipakai baik untuk kegiatan proyek konstruksi maupun olahraga. Pada pengukuran normal, KKmoon dapat menghitung angin hingga 30 m/s dengan akurasi 5%.

Selain itu, anemometer ini memiliki fungsi pengukur suhu udara, dari -10° hingga 45° Celcius dengan akurasi 2° Celcius. Dengan dua fungsi dalam satu perangkat, KKmood Wind Speed tentu sangat membantu pekerjaan Anda. Anemometer ini dapat dibeli di Shopee.

8. Kestrel 2000 Anemometer

kestrel_2000_anemometer
Harga : Rp 2.500.000

Rugged thermo-anemometer tahan banting dengan teknologi terbaik

Sebagai salah satu kestrel seri lama, Kestrel 2000 tetap menjadi primadona terutama dikalangan atlet olahraga sky diving atau pun paralayang. Sebab anemometer yang satu ini dapat memberikan hasil pengukuran yang sangat akurat, serta memiliki durabilitas yang sangat baik.

Selain rugged, anemometer ini juga memiliki sistem sensor yang sangat sensitif, serta menggunakan jenia baling-baling ultralight impeller yang dapat dibongkar-pasang. Kestrel 2000 juga cukup ramah lingkungan, sebab Anda baru akan mengganti battery setelah 300 jam penggunaan. Anemometer ini dapat dibeli di Shopee.

7. PeakMeter MS6252A Digital Anemometer

peakmeter_ms6252a_digital_anemometer
Harga : Rp 600.000

Anemometer multifungsi dengan hulu sensor bersensitivitas tinggi

Peakmeter MS6252A dapat Anda jadikan sebagai salah satu opsi terbaik produk anemometer untuk kebutuhan konstruksi. Anemometer ini dapat mengukur velocity dan humidity pada skala yang sangat detail dengan range 2.0% di semua jenis skala pengukuran.

Anemometer MS6252A juga dilengkapi dengan layar LCD berukuran besar, serta fitur multi-unit switching yang sangat memudahkan pembacaan dan kalibrasi unit. Produk seri ini juga memiliki fitur notifikasi daya yang dapat memberitahu Anda ketika anemometer dalam kondisi low-battery.

Fitur menarik lain yang dimiliki MS6252A adalah fungsi real-time uploading data dengan memakai interface berjenis USB. Sehingga Anda tidak akan pernah kehilangan data penting untuk laporan di lapangan. Anemometer ini dapat dibeli di Shopee.

6. Extech 45158 Thermo-Anemometer

extech_45158_thermo_anemometer
Harga : Rp 3.200.000

Multifungsi dan andal

Extech 45158 merupakan anemometer yang sangat fleksibel, multifungsi, dan tahan banting. Produk ini dapat membaca data velocity angin, tingkat kelembaban udara, titik embun, temperatur udara serta windchill. Extech 45158 juga memiliki beberapa fungsi interval waktu pengukuran data.

Anemometer ini didesain flip atau lipat untuk melindungi komponen seperti sensor agar tidak kotor dan tergores. Selain itu, Extech 45158 juga memiliki resistensi terhadap air bahkan pada kondisi ekstrem, seperti hujan atau jatuh kedalam genangan. Anemometer ini dapat Anda beli di Shopee.

5. Lutron AM4205 Anemometer & Humidity

lutron_am4205_anemometer__humidity
Harga : Rp 2.850.000

Dilengkapi dengan teknologi dual-velocity sensor system

Lutron AM4205A sudah sangat terkenal dipasaran, sebab anemometer ini mampu membaca data udara dengan sangat detil dibalik desainnya yang retro. AM4025A menerapkan one-chip microprossor dengan waktu pembacaan data dibawah 1 detik serta mampu beroperasi dalam kelembaban 80%.

Sistem sensor AM4025A menggunakan arm vane-ball bearing dengan gesekan rendah. Secara keseluruhan, anemometer ini sangat cocok untuk kebutuhan proyek konstruksi, namun tetap sesuai pula untuk pengukuran angin di lapangan olahraga. Anda bisa membeli anemometer ini di Shopee.

4. Maztech MS6252A LCD Potable Digital Anemometer

maztech_ms6252a_lcd_potable_digital_anemometer
Harga : Rp 824.000

Anemometer easy-to-hold berteknologi HVAC paling mutakhir

Mastech MS6252A merupakan anemometer profesional yang mampu mengukur data velocity angin, kelembaban, suhu, hingga titik embun sekaligus. Anemometer ini juga memiliki layar LCD yang lebar serta fitur multi-switching yang sangat nyaman dioperasikan.

Walaupun berukuran portable, Mastech MS6252A memiliki fitur dan teknologi mutakhir. Anemometer ini memiliki kemampuan diagnosis dan optimisasi sistem ventilasi HVAC yang sangat mumpuni untuk menganalisis udara dilingkungan proyek atau lapangan. Anda bisa membeli anemometer ini di Shopee.

3. Inspeed Vortex Velo 8 Pole Mount Anemometer

inspeed_vortex_velo_8_pole_mount_anemometer
Harga : Rp 3.500.000

Anemometer dengan kemampuan membaca data velocity angin hingga 150mph

Inspeed Velo 8 memiliki lebih banyak kemampuan yang bisa dilakukan oleh anemometer jenis portable. Walaupun tidak bisa membaca velocity dibawah 8mph, anemometer ini mampu mencatat data angin dalam kecepatan yang ekstrem. Tentunya, Velo 8 jauh lebih cocok digunakan untuk kebutuhan olahraga laut seperti surffing.

Akan tetapi, Anda tidak boleh meremehkan kemampuan pembacaan Velo 8 pada velocity rendah. Sebab, anemometer ini memiliki akurasi hingga 4% untuk 1mph angin. Sedangkan untuk display datanya, Velo 8 menerapkan dual-digital display. Anda bisa membeli anemometer ini di indomultimeter.com

2. TES 1340 Hot Wire Anemometer

tes_1340_hot_wire_anemometer
Harga : Rp 4.538.000

Memiliki kemampuan membaca air flow kurang dari 2 detik

TES-1340 memiliki kemampuan fast response probe pada air flow berkecepatan tinggi hanya dalam 2 detik atau kurang. Sedangkan pada layar Anda akan disuguhi fitur triple display yang akan menunjukkan beberapa indikator pembacaan data yang telah direkam oleh perangkat.

Anemometer TES-1340 memiliki fungsi data yang dapat dibaca secara auto maupun manual 5x99 sets. Selain itu, produk ini juga menerapkan fitur menarik berupa snake telescoping probes yang memudahkan Anda untuk menyelaraskan tube sensor perangkat. Anda bisa membeli anemometer ini di Shopee.

1. Fieldpiece STA2 Hot Wire Anemometer

fieldpiece_sta2_hot_wire_anemometer
Harga : Rp 12.500.000

Memiliki teknologi balancing HVACR yang terbaik

Fieldpiece STA2 adalah salah satu anemometer terbaik yang mempunyai fitur pembacaan data velocity udara di lapangan. STA2 mampu menghitung temperatur serta CFM dengan analisis yang sangat akurat. Selain itu, pada layar display anemometer ini juga menunjukkan arah serta kedalaman udara.

Alasan mengapa STA2 dapat begitu akurat dalam membaca data udara adalah adanya fitur yang dapat meminimalkan efek turbulensi. Anemometer STA2 juga memiliki fungsi hands-free tipe kerucut magnetic stabilizer. Anda bisa membeli anemometer ini di indomultimeter.com

Kesimpulan

  • Sebelum membeli anemometer, sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis, fitur, tujuan pemakaian, kemudahan pengoperasian, merek, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara penggunaan dan perawatannya agar produk anemometer Anda lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.
  • Anda bisa memilih anemometer Mastech MS6252A untuk penggunaan praktis. Sebab produk ini sangat easy-to-use namun memiliki segudang fitur terbaik untuk merekam data udara.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan anemometer yang mampu merekam data udara dengan kecepatan serta suhu ekstrem, tidak salah bila menjatuhkan pilihan pada Inspeed Velo 8.
  • Namun, bila Anda ingin anemometer jenis hot wire dengan kemudahan pemakaian serta berteknologi tinggi. Maka, produk Fieldpiece STA2 Hot Wire adalah salah satu opsi terbaik.

Referensi

  1. Scarlet Tech, How to Choose the Perfect Anemometer for Contraction Site Safety by Crane Wind Speed Limits?, https://scarlet-tech.com/know-how-pick-a-perfect-anemometer/
  2. Omega, Anemometer: Introduction to Air Velocity Measurement,https://www.omega.com/en-us/resources/anemometers
  3. Acurite, How Does an Anemometer Measure Wind Speed?,https://www.acurite.com/learn/how-does-an-anemometer-work



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.