Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


3 August 2021

10 Alat Press Perekat Plastik Otomatis yang Berkualitas

By Cekresi .com
10 Alat Press Perekat Plastik Otomatis yang Berkualitas


Mencari alat press perekat plastik yang bagus dan berkualitas memang tidak mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti jenis mesin, ukuran yang tepat, garansi produk, hingga harganya.



Karena itu, kami menyajikan beberapa alat press perekat plastik otomatis yang bagus dan berkualitas lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai alat press dan cara merawatnya.

Pentingnya menggunakan alat press!

Mungkin Anda pernah bertanya, mengapa perlu membeli alat press?

Hal tersebut tentu tidak lepas dari fungsi alat press, yaitu memudahkan Anda dalam merekatkan plastik, sehingga Anda tidak perlu merekatkan plastik secara manual.

Alat press juga dapat mempermudah dan mempercepat proses pengemasan produk. Karena cara manual seperti menggunakan lilin yang dibakar atau di tali cukup sulit untuk merekatkan plastik dan tentunya menghabiskan waktu yang lama.

Dibanding dengan cara manual tadi, alat press juga mampu mengurangi tingkat kecelakaan saat pengemasan produk.

Selain itu, alat press juga mampu membuat produk yang ada di dalam plastik jadi lebih awet, tidak mudah melempem, tidak terkena air, tidak terkontaminasi bakteri serta mampu membuat produk terlihat lebih mewah dan mahal.

Karena itu, penggunaan alat press otomatis dan berkualitasyang bisa merekatkan plastik dengan baik sangat lah penting, karena dapat memproteksi produk secara maksimal dan tentu saja mempercepat proses produksi Anda.

Ketahui jenis-jenis alat press sebelum membelinya

Berikut jenis-jenis alat press yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya, antara lain:

  • Vacuum sealer

Produk ini berfungsi untuk mengemas produk dengan sistem hampa udara. Jadi plastik kemasan tersebut akan direkatkan dengan produknya sehingga tidak ada lagi udara di dalam kemasan, hal ini mampu membuat produk menjadi lebih awet.



  • Hand sealer

Alat press jenis ini berfungsi merekatkan plastik dan mengunci udara, sehingga tidak ada udara yang bisa keluar masuk plastik tersebut dan membuat produk menjadi lebih tahan lama.

Ukuran hand sealer yang minimalis membuat alat press ini sangat digemari oleh banyak pebisnis baik skala besar maupun skala kecil.

  • Cup sealer

Alat press cup sealer ini memang khusus digunakan untuk menyegel minuman yang di kemas gelas plastik atau cup. Alat press jenis cup sealer mampu mencegah kebocoran pada produk minuman kemasan Anda.

  • Continous sealer

Alat press continous sealer berfungsi untuk merekatkan berbagai kemasan seperti kemasan plastik dan aluminium foil. Keunggulan dari mesin ini adalah hasilnya lebih rekat, lebih cepat dalam menyegel dan mesinnya tidak mudah berkarat.

  • Foot sealer

Mesin press jenis ini biasanya disebut juga dengan pedal sealer karena dalam mengoperasikan alat ini menggunakan pedal kaki. Foot sealer bisa membuat proses pengemasan menjadi lebih mudah dan cepat.

Perhatikan ukuran alat press

Alat press memiliki berbagai macam ukuran. Beberapa produsen sudah menyediakan berbagai ukuran baik ukuran small, medium, sampai big or jumbo.

Untuk ukuran small biasanya sebesar staples, jadi sangat nyaman untuk digenggam. Untuk ukuran medium biasanya sebesar lengan orang dewasa.



Sedangkan untuk ukuran big or jumbo, ada juga yang setinggi dan sebesar meja. Biasanya disertai dengan detail ukuran yang ditulis dalam bentuk angka dan satuan cm (centimeter) atau m (meter).

Semakin besar ukuran alat press, tentunya semakin lengkap fasilitasnya dan semakin banyak pula kapasitasnya.

Perhatikan juga panjang area kemasan agar kemasan bisa direkatkan dengan sempurna. Pastikan Anda memilih ukuran alat press yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih alat press yang hemat listrik

Biasanya salah satu yang dikeluhkan oleh konsumen adalah tiba-tiba tagihan listrik membengkak akibat tidak tahu kalau alat press yang digunakan mampu menyedot daya listrik sangat tinggi.

Oleh karena itu, perhatikan baik-baik ukuran daya listrik alat press tersebut sebelum Anda membelinya. Saat ini sudah banyak produsen yang menawarkan alat press yang low watt.

Sangat penting memperhatikan ukuran daya dari mesin alat press yang akan Anda beli. Biasanya, semakin besar ukurannya maka semakin tinggi juga daya yang digunakan.

Perhatikan harganya

Harga alat press sangat bervariasi, ada yang ribuan hingga jutaan rupiah. Anda bisa membelinya sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Biasanya alat press yang bagus dan bermerek memiliki harga puluhan ribu sampai jutaan rupiah.

Namun sesuaikan juga dengan kebutuhan, jika usaha Anda masih skala kecil menengah, maka sebaiknya Anda membeli alat press yang berukuran kecil atau sedang saja. Jangan langsung membeli alat press yang besar. Hal ini dilakukan agar Anda bisa menghemat budget juga.



Cara merawat alat press yang benar

Setelah Anda membeli alat press, maka pastikan Anda juga memperhatikan cara perawatannya agar alat press lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa tips cara merawat alat press yang benar :

  • Usahakan menggunakan tangan kering saat memakainya.
  • Bersihkan secara berkala.
  • Anda bisa menggunakan kain yang lembut dan kering untuk membersihkan setelah menggunakan alat press.
  • Simpan ditempat yang kering dan tidak lembab.
  • Jangan sering-sering mengganti timer dan ukuran derajat panasnya secara over.
  • Jauhkan dari anak-anak.

10 Alat press perekat plastik otomatis yang berkualitas

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang alat press dan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi alat press perekat plastik otomatis yang berkualitas berikut ini.

10. Mini Hand Sealer

foto-alat-press-perekat-plastik-otomatis-yang-berkualitas-10

Harga: Rp25.000

Perekat plastik yang praktis dan serbaguna

Alat press model hand sealer ini memang berukuran mini sehingga sangat nyaman ketika digenggam, praktis, bisa dibawa kemana-mana dan mudah untuk menggunakannya.

Produk ini sangat serbaguna sehingga bisa digunakan untuk merekatkan berbagai hal seperti merekatkan plastik bening, bungkus snack, dan sebagainya.

Mini hand sealer ini memiliki beberapa varian warna yang lucu-lucu, seperti warna pink, hijau tosca, biru, putih, kuning dan sebagainya.

Desain bentuknya yang mirip seperti catokan rambut membuat alat ini safe to use yang menggunakan bahan yang resisten terhadap temperatur yang tinggi, jadi Anda tidak perlu takut terkena panas. Anda bisa membeli alat press ini di Shopee.



9. Supreme Living Impulse Sealer

foto-alat-press-perekat-plastik-otomatis-yang-berkualitas-9

Harga: Rp 94.888

Alat press yang best seller

Kelebihan dari produk impulse sealer dari Supreme Living ini adalah sangat mudah penggunaannya. Selain itu, sealer ini bisa dipakai untuk merekatkan segala tipe kantong plastik PE/PP 200 mm. Karena itu pula, tidak salah jika alat ini mampu menjadi best seller.

Alat press ini mampu menghasilkan panas yang lebih merata sehingga plastik bisa rekat dengan sempurna. Sirkuit kontrol elektroniknya juga hemat daya sehingga tidak akan membuat tagihan listrik bulanan Anda menjadi membengkak.

Cara pemakaian impuls selaer adalah pertama, hubungkan sealer dengan sumber listrik. Kedua, atur suhu termometer berdasarkan ketebalan kantong plastik dan tunggu sampai suhu naik.

Terakhir, tekan/press gangang ke bawah maksimum 1 sampai 8 detik untuk proses menyegel lebih sempurna. Anda bisa membelinya di Shopee.

8. Food Vacuum Sealer

foto-alat-press-perekat-plastik-otomatis-yang-berkualitas-8

Harga: Rp 101.000

Alat press dengan fungsi 2 in 1

Sesuai dengan namanya, Food Vacuum Sealer ini memiliki fungsi 2 in 1 yang artinya Anda bisa mendapatkan alat press (sealer) sekaligus vakum dalam satu produk sehingga hasil dari proses menyegel pun menjadi lebih baik dan sempurna.

Food Vacuum Sealerini bisa dikatakan sangat murah, karena dengan seratus sembilan belas ribuan saja, Anda sudah bisa mendapatkan alat press dengan kemampuan ganda sekaligus hebat budget, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui bukan?.



Produk ini desainnya sangat simpel dan minimalis, jadi memudahkan Anda ketika menyimpan alat press ini. Anda bisa membeli alat press ini di Shopee.

7. Nankai Cup Sealer Manual

foto-alat-press-perekat-plastik-otomatis-yang-berkualitas-7

Harga: Rp 600.000

Alat press special untuk gelas minuman

Alat press dari Nankai ini memang didesain special untuk menyegel atau menutup gelas plastik. Jika Anda termasuk pebisnis di bidang minuman dan ingin menyegel gelas minuman, Anda wajib membeli cup sealer ini.

Ukuran dari Nankai cup sealer ini adalah 29 x 24 x 48 cm. Kapasitas dari cup selaer ini sekitar 300 sampai 400 cup/jam. Nankai cup sealer ini termasuk hemat daya listrik karena hanya menggunakan 300 watt saja.

Cup sealer dari Nankai ini bisa digunakan untuk ukuran gelas 12, 14 dan 16. Anda bisa membeli alat press ini di Shopee.

6. Vipoo Pedal Sealer FRE 500

foto-alat-press-perekat-plastik-otomatis-yang-berkualitas-6

Harga: Rp669.900

Body kokoh dan mudah digunakan

Pedal sealer dari Vipoo tipe FRE 500 ini sangat membantu Anda untuk mempercepat proses pengemasan produk. Vipoo pedal sealer tipe FRE 500 ini mempunyai body yang kokoh sehingga mesinnya lebih kuat dan lebih awet.

Selain itu, pedal sealer ini juga mudah digunakan sehingga membuat proses pengemasan menjadi lebih efektif. Produk ini memiliki berat 9 kg, dengan heating time 0,2 sampai 2 detik. Daya listrik yang digunakan oleh Vipoo pedal sealer ini sekitar 500 watt.



Sedangkan ukuran lebar seal sekitar 2 mm dan panjang area press yaitu 50 cm, sangat cocok untuk mengemas produk yang permukaan kemasannya lebar dan panjang. Alat ini juga bisa digunakan untuk menyegel kemasan dalam jumlah banyak. Anda bisa membeli alat press ini di Shopee.

5. Foot Sealer Direct PFS-300DD

foto-alat-press-perekat-plastik-otomatis-yang-berkualitas-5

Harga: Rp3.000.000

Menyegel berbagai bahan kemasan

Mesin foot sealer direct tipe PFS 300DD ini memiliki keunggulan yaitu dapat digunakan untuk menyegel berbagai bahan kemasan seperti bahan plastik yang mempunyai bahan dasar PVC, PE, PP dan PET.

Meskipun alat press ini perlu menggunakan pijakan kaki untuk menyegel kemasan, namun cara penggunaannya sangat mudah dan praktis.

Adapun ukuran dari alat press ini yaitu panjang 35 cm, lebarnya 49 cm dan tingginya 88 cm. Alat press ini memiliki berat 14 kg.

Waktu yang digunakan untuk menaikkan suhu temperatur sekitar 0 sampai 2,5 detik dengan heating time 0,2 sampai 2 detik. Daya listrik yang digunakan oleh foot sealer direct tipe PFS 300DD ini sekitar 500 watt.

Sedangkan ukuran lebar seal sekitar 300 mm dan panjang area press yaitu 14 mm. Anda bisa membeli foot sealer direct tipe PFS 300DD ini di Shopee.

4. Jou-Kang Vacuum Sealer

foto-alat-press-perekat-plastik-otomatis-yang-berkualitas-4

Harga : Rp243.000

Elegan, canggih, modern dan keren

Tidak semua alat press bentuknya monoton, ada juga alat press yang desainnya elegan seperti vacuum sealer dari Jou-Kang ini. Karena mesinnya yang canggih dan tampilannya yang modern membuat alat press ini menjadi tampak keren dan mampu menjadi favorit para konsumen.



Alat press ini memiliki ukuran panjang seal-nya sekitar 29 cm. Daya hisap pada vacuum selaer ini yaitu 60 kpa, sehingga mampu menyedot semua udara yang ada di dalam plastik kemasan. Hal ini tentunya bisa membuat produk makanan Anda jadi lebih awet dan tidak mudah bau.

Waktu yang digunakan untuk proses merekatkan kemasan yaitu antara 12 sampai 16 detik, sedangkan waktu untuk menghisap udara dalam plastik sangat sebentar yaitu kurang dari 30 detik. Anda bisa membeli alat press ini di Shopee.

3. Continous Band Sealer FRD-1000W

foto-alat-press-perekat-plastik-otomatis-yang-berkualitas-3

Harga: Rp 5.802.000

Menyegel puluhan kemasan dalam satu menit

Contious Band Sealer tipe FRD-1000W ini adalah pilihan terbaik bagi Anda yang ingin membuka usaha makanan dalam skala besar. Karena alat press jenis ini bisa menyegel hingga empat puluh kemasan dalam waktu satu menit saja, cepat bukan?.

Selain itu, alat ini juga memiliki cara kerja yang otomatis sehingga sangat mudah saat digunakan. Bentuknya yang vertikal membuat continous band sealer tipe FRD-1000 W dapat menyegel kemasan produk yang menggunakan standing pouch. Anda bisa membeli Alat press ini di Shopee.

2. Prime Mini Hand Sealer

foto-alat-press-perekat-plastik-otomatis-yang-berkualitas-2

Harga: Rp7.500

Alat press yang tidak perlu listrik

Prime mini hand sealer ini adalah alat press yang menggunakan batu baterai, jadi Anda tidak perlu mencari-cari sumber listrik lagi untuk menyegel kemasan.



Bentuknya yang super mini membuat alat press ini tampak sangat imut, unik dan mudah dibawa kemana-mana.

Warna-warni pada badan sealer juga menambah kesan lucu pada alat press ini. Ukurannya yang pas ditangan membuat sealer ini nyaman digenggam. Anda bisa membeli alat press ini di Shopee.

1. Bonkyo Sealer

foto-alat-press-perekat-plastik-otomatis-yang-berkualitas-1

Harga: Rp199.900

Alat press yang simpel, manis dan cantik

Alat press dari Bonkyo ini terkenal dengan desainnya yang simpel, warna baby pink menambah kesan manis dan cantik pada alat press ini, cocok untuk home decor lovers seperti Anda yang selalu ingin membeli alat press namun tetap senada dengan tema dapur.

Ukuran alat press dari Bonkyo ini adalah 360 x 80 x 45 mm dengan berat 600 gram. Daya listrik yang digunakan oleh Bonkyo Sealer ini hanya sekitar 100 watt.

Alat press ini tidak hanya berfungsi untuk merekatkan kemasan, tetapi juga bisa menjadi vacuum sehingga udara di dalam kemasan bisa hilang dan makanan pun jadi tidak mudah basi. Anda bisa membeli alat press ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli alat press perekat plastik otomatis yang berkualitas, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti jenis mesin, ukuran yang tepat, garansi produk, dan harganya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawatnya agar alat press lebih awet, tidak mudah rusak, dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih alat press dari Jou-Kang, karena memiliki kualitas yang sangat baik, mesinnya canggih, modern, tampilannya keren dan elegan.
  • Sedangkan, bagi Anda yang ingin membeli alat press untuk bisa menyegel kemasan dalam jumlah banyak, Anda bisa memilih Contious Band Sealer tipe FRD-1000W karena bisa menyegel puluhan kemasan dalam satu menit.
  • Namun, jika Anda ingin alat press yang simpel dan tidak memerlukan listrik, Anda bisa memilih Prime Mini Hand Sealer.

Referensi

1. Charmaine (2020),How to Choose the Best Vacuum Sealer,https://www.mychineserecipes.com/how-to-choose-the-best-vacuum-sealer/
2. David Pietranczyk (2021), How to Choose a Vacuum Sealer, https://polyscienceculinary.com/blogs/news/how-to-choose-a-vacuum-sealer
3. Eat With Chef (2021), Vacuum Sealer Buying Guide, http://eatwithchef.net/vacuum-sealer-buying-guide/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Kemasan Perekat Pastik Sealer


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Alat Press Perekat Plastik Otomatis yang Berkualitas", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »