Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


22 March 2020

10 Alat Pel Lantai Bagus untuk Mengepel Lebih Mudah dan Praktis

By Cekresi .com


Membersihkan rumah merupakan aktivitas sehari-hari yang harus Anda lakukan agar rumah terlihat lebih bersih dan rapi. Setiap orang memiliki cara sendiri-sendiri saat membersih lantai, ada yang hanya menyapu debu dan kotoran saja hingga keluar rumah, ada pula yang sampai mengepel hingga bersih.



Mengepel terkadang membuat sebagian orang malas mengerjakannya, selain enggan harus bersentuhan dengan air, juga karena alat pel-nya yang seadanya, seperti dari baju atau handuk bekas.

Sepertinya, Anda harus mengetahui jika ada alat pel lantai bagus yang bisa memudahkan Anda untuk mengepel dengan cara yang mudah, praktis, dan cepat. Beberapa produsen menawarkan beberapa produknya dengan spesifikasi yang pastinya akan membuat Anda lebih rajin untuk mengepel lantai.

Karena itu, kami menyajikan beberapa alat pel lantai bagus untuk mengepel lebih mudah dan praktis berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai alat pel lantai dan cara merawatnya.

Memilih alat pel lantai yang sesuai dengan kebutuhan

Membersihkan lantai dengan alat pel tentu akan mebuat lantai lebih bersih, apalagi jika Anda menambahkan cairan pembersih lantai, pastinya akan membuat lantai lebih berkilau dan wangi sepanjang hari.

Untuk mengetahui alat pel yang cocok untuk kebutuhan Anda sehari-hari di rumah, maka perhatikan jenis-jenis alat pel berikut ini:

Pertama, Flat mops. Jenis alat pel yang bagian bawahnya berbentuk datar lebar ini biasanya kainnya terbuat dari microfiber yang mudah untuk dibersihkan kembali. Alat pel ini biasanya digunakan oleh masyarakat Indonesia, karena lebih mudah dan lebih praktis saat menggunakannya.

Kedua, String Mops. Alat pel ini disebut juga dengan pel jepit, yang biasanya menggunakan bahandari kain pel sumbu putih untuk membersihkan lantai. Alat ini memiliki daya serap yang bagus dan bisa menjangkau bagian-bagian tersulit dengan mudah.

Ketiga, Sponge Mops. Sedangkan alat pel ini terbuat dari spon yang dilengkapi dengan alat pemeras. Sangat bagus digunakan untuk membersihkan lantai yang tidak rata. Selain itu, jika spon tidak berfungsi lagi atau rusak, Anda lebih mudah saat memasangnya dengan yang baru.



Keempat, Strip Mops. Untuk jenis ini, bisanya terbuat dari bahan dasar serat pulp yang memiliki daya serap tinggi dan dapat membuat lantai cepat kering. Strip Mops memiliki kualitas yang sangat baik dan banyak disukai masyarakat karena lebih nyaman dan mudah merawatnya.

Anda bisa memilih dari empat jenis alat pel di atas. Untuk Anda yang ingin hasil terbaik, mudah menggunakannya, alat pel lebih cepat kering, tidak berbau, maka Anda bisa memilih jenis Strip Mops.

Namun, jika Anda ingin yang lebih murah, praktis dan mudah mengunakannya, Anda bisa memilih jenis Flat mops. Semua pemilihan tergantung Anda, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.

Pilih bahan kain yang tepat

Memilih kain pel yang cocok untuk lantai memang tidak mudah bagi sebagian orang, namun juga tidak sulit sebenarnya. Anda hanya perlu memastikan kain pel yang Anda pilih itu lembut dan tidak berserat. Selain itu, juga mudah menyerap cairan dengan sangat baik.

Kemudian, pastikan kain pel cukup kuat untuk menghilangkan noda atau kotoran lantai, baik saat basah atau pun kering. Dan, yang lebih penting adalah kain pel tidak meninggalkan goresan pada lantai Anda.

Beberapa jenis kain pel yang biasa digunakan untuk mengepel lantai, seperti bahan cotton mop yang paling ekonomis dan beberapa di antaranya menyerap dengan sangat baik. Kemudian, ada yang terbuat dari bahan campuran antara katun dan serat sintetis.

Selain itu, ada yang berasal dari bahan seperti rayon atau serat semi-sintetis yang terbuat dari selulosa dengan tekstur yang mirip dengan nilon. Bahan sintetis yang memiliki kekuatan yang sangat baik. Dan, terakhir bahan dari microfiber yang lembut dan paling efektif digunakan untuk membersihkan lantai.



Pilih gagang yang kuat dan ergonomis

Secara umum ada dua bagian penting dari alat pel, yakni kepala pel yang tugasnya membersihkan lantai, dan gagang pel sebagai pegangan agar lebih memudahkan Anda saat mengepel dengan berdiri, lebih nyaman, dan tidak mudah capek.

Karena itu, pastikan Anda memilih gagang yang kuat dan tidak mudah patah. Kemudian, modelnya gagang bongkar pasang yang akan membuat Anda lebih mudah saat menyimpannya.

Dan, yang lebih penting adalah Anda harus memastikan gagang ergonomis sehingga lebih nyaman saat memegangnya dan anti-slip.

Cara merawat alat pel lantai

Ketika Anda sudah membeli alat pel lantai, maka yang perlu Anda ketahui adalah caramerawatnya agar alat pel bisa digunakan dengan sangat baik saat mengepel lantai:

  • Pastikan Anda membilas kain pel sampai bersih setelah digunakan untuk mengepel lantai. Kemudian jemur kain pel sampai kering. Setelah itu, simpan kain pel ditempat yang terbuka dan tidak lembab.
  • Jangan lupa untuk membersihkan gagang pel lantai Anda setelah memakainya, Anda bisa membilasnya dengan air bersih.
  • Jika kain pel masih melekat pada gagang pel, maka setelah dibersihkan Anda harus menaruhnya diruang khusus untuk meletakkan alat-alat kebersihan Anda.
  • Anda bisa mencuci kain pel setiap minggu dengan detergen agar kain lebih bersih dan nyaman saat digunakan kembali.
  • Dan, pastikan secara rutin Anda mengganti kain pel setelah 2 atau 3 bulan agar terhindar dari mikroorganisme seperti bakteri atau jamur pengganggu yang bisa berpotensi mengganggu kesehatan keluarga Anda.

10 Alat pel lantai bagus untuk mengepel lebih mudah dan praktis

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang alat pel lantaiserta cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi alat pel lantai bagus untuk mengepel lebih mudah dan praktis dari berbagai merek berikut ini:

10. Destec Microfiber MF-210

destec_microfiber_mf_210_refill_pel

Harga : Rp 30.000

Dapat diputar 360 derajat

Destec Microfiber MF-210 ini dapat digunakan untuk mengepel basah dan kering. Anda bisa menggunakan alat ini untuk membersihkan permukaan lantai, kendaraan, kaca gedung, rumah, dan lain-lainnya.

Selain itu, dengan menggunakan pel ini, Anda akan lebih mudah untuk membersihkan celah-celah yang sulit dijangkau, karena kepala pel dapat diputar 360 derajat. Jika kain pel sudah kotor, Anda dapat menggatinya dengan kain pel yang baru, dan cara memasangnya pun sangatlah mudah. Anda bisa membeli alat pel ini di Shopee.



9. Lazy Mop Ultra Double Sided Cloth

lazy_mop_ultra_double_sided_cloth

Harga : Rp 99.900

Mengepel lantai lebih praktis dan efisien

Alat pel ini memiliki 2 sisi dengan tungkai handle alat pemeras. Mengepel lantai akan menjadi jauh lebih mudah, karena Anda tidak perlu memeras dengan menggunakan tangan.

Untuk ukuran kain pel ini adalah 38×11 cm, menggunakan bahan stainless yang ringan dan tahan karat pada bagian tongkatnya. Alat pel ini juga dapat menjangkau area dibawah furniture. Tidak hanya untuk mengepel lantai saja, alat pel ini juga dapat digunakan untuk membersihkan dapur, kaca, dan lain-lain.

Kedua sisi, baik sisi atas maupun sisi bawah kain pel dapat difungsikan sekaligus. Dan jika kain pel sudah tidak bias digunakan lagi, Anda hanya dapat menggatinya dengan kainpel baru. Anda bias membeli alat pel ini di Lazada.

8. Bagus Micromate Chenille Mop Set

bagus_micromate_chenille_mop_set

Harga : Rp 116.000

Menyerap air dan mengikat debu secara kilat

Bagus Micromate Chenille Mop merupakan alat pel yang bisa untuk membersihkan lantai sekaligus mengeringkan lantai. Bahan kain pada alat pel ini terbuat dari microfiber yang mampu menyerap air dan mengikat debu dengan cepat. Sehingga membuat pekerjaan Anda akan lebih mudah dan cepat.

Selain itu, memiliki daya serap yang tinggi dan cocok digunakan untuk lantai kayu atau marmer. Untuk replaceable bias diganti dengan refill merek lain.



Alat pel ini bobotnya termsuk ringan sehingga membuat Anda tidak mudah lelah dan capek saat mengepel lantai setiap hari. Anda bisa membeli alat pel ini di Shoope.

7. Scotch Brite ID-741

scotch_brite_id_741

Harga : Rp 205.000

Dapat digunakan menyapu dan mengepel

Scotch Brite ID-741terbuat dari bahan micro fiber yang sangat efektif membersihkan debu dan kotoran lainnya. Tongkatnya dapat dipanjang atau dipendekkan sesuai dengan kebutuhan Anda dalam membersihkan lantai baik mengepel ataupun menyapu.

Selain itu, kepala tongkat pel dapat berputar 360 derajat. Dengan panjang tongkat minimal 80 cm dan maksimal 130 cm.

Anda dapat menyimpan alat pel ini menjadi lebih ringkas dengan memendekkan gagang tongkat pel ini yang didesain teleskopik. Anda juga dapat menggantungkan alat pel ini kedinding sehingga tidak memakan banyak tempat. Anda dapat membeli alat pel ini di Shopee.

6. BOLDe Spray Mop

bolde_spray_mop

Harga : Rp 93.500

Lebih praktis dan nyaman

Alat pel ini dilengkapi sprayer bias di isi cairan pembersih. Tabung air anti bocor atas dan bawah. Tongkatnya dilengkapi dengan sponge yang kokoh dan kain microfiber dapat diganti. Warna yang ditawarkannya pun beragam.

Cara kerja alat pel ini dengan cara spray atau semprot membuat Anda menjadi lebih hemat air dan cairan pembersih. Sehingga membuat Anda lebih hemat tapi tetap maksimal dalam membersihkan lantai.



Alat pel ini tidak hanya digunakan untuk mengepel lantai saja namun juga bias digunakan membersihkan kaca, lantai parquet, dinding atau lantai keramik dan lain-lain. Dan, alat pel ini mudah disimpan. Anda bisa membeli alat pel ini di Lazada.

5. Homme HM-Z1

homme_hm_z1

Harga : Rp 279.900

Membuat tangan Anda tetap bersih

Jika Anda tidak ingin memeras kain pel menggunakan tangan, maka alat pel ini adalah pilihan terbaik yang bisa Anda beli. Homme Hm-Z1 ini memiliki satu tuas pembersih yang didesain khusus menempel pada ember. Pada tuas tersebut, terdapat tiga media pembersih kain pel yang berfungsi menyemprotkan air, menyikat, dan memeras kain pel.

Bahan yang digunakan untuk alat pel ini adalah microfiber. Pole material terbuat dari stainless steel. Dan, ukuran panjang gagangnya 99-135cm. Anda bias mendapatkan alat pel ini di Shopee.

4. Dont Touch Mop

dont_touch_mop

Harga : Rp 229.000

Desain bagus dan keren

Bagi Anda yang memiliki rumah yang luas dan lebar Alat pel ini cocok untuk membersihkan rumah Anda, Sehingga tidak membuat Anda merasa lelah.

Bukan hanya digunakan untuk mengepel saja, tapi juga dapat digunakan untuk menyapu kotoran tanpa membuat tangan Anda kotor. Cara kerjanya pun sangat mudah dengan cara mendorong dan menarik pegangan slide knob kedepan dan belakang. Serta, mudah dalam mengeluarkan kotoran dengan sikat khusus.



Selain itu, serat kain lembut sehingga tidak menimbulkan goresan pada lantai. Anda bias membeli alat pel ini di Shopee.

3. BOLDe Super MOP X ECO

bolde_super_mop_x_eco

Harga : Rp 169.000

Dilengkapi dengan dua fungsi

Alat pel yang memiliki dua fungsi alat pel peras dan bilas. Mempunyai bucket dengan 2 sekat untuk air kotor dan bersih. Pada tulisan DRY untuk air bersih dan WASH untuk air bilasan.

Dan, yang menarik produk ini dilengkapi dengan sekat pada embernya, sehingga air bersih untuk membilas tidak akan tercampur dengan air yang sudah kotor. Bukan hanya itu saja, pada bagian embernya juga dilengkapi dengan lubang drainase sehingga lebih mudah saat membuang air. Anda bisa membeli alat pelini di Lazada.

2. Idealife IL – 101

idealife_il_101

Harga : Rp 260.000

Mampu membersihkan tempat yang susah dijangkau

Alat pel ini ccocok buat Anda yang memilki rumah yang banyak memiliki celah. Karena dengan Idealife IL – 101 ini Anda akan lebih mudah membersihkan tempat-tempat yang sulit dijangkau, misalnya dibawah lemari, bawah sofa, ataupun dibawah tempat tidur. Sehingga memudahkan Anda dalam membersihkan tempat-tempat tertentu.

Alat pel ini terbuat dari bahan-bahan, seperti PP plastik, stainless steel dan microfiber. Anda dapat membeli alat pel ini di Shopee.

1. Floorwiz Eco Fibre Mop

floorwiz_eco_fibre_mop

Harga : Rp 150.000

Bagus dan serbaguna

Anda tidak perlu menggunakan bahan kimia saat membersihkan lantai dengan menggunakan alat ini. Karena alat ini terbuat dari bahan microfiber kualitas tinggi yang dapat menyedot debu seperti magnet sehingga dapat membersihkan berbagai noda dilantai lebih maksimal.



Gagangnya terbuat dari bahan stainlees dilapisi cat gloosy anti karat. Gagangnya juga dapat diperpanjang dan dipendekkan sehingga lebih mudah saat digunakan untuk mengepel. Dan, Porosnya pun dapat diputar 360 derajat.

Sedangkan pada bagian kepala, kain pel mudah dilepas dan dibersihkan. Permukaan pada pel ini mampu menyerap debu lebih lebar 35 persen dari alat pel biasa. Anda bisa membeli alat pel ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli alat pel lantai, pastikan Anda mengetahui beberapa hal, seperti jenis bahan kain yang digunakan, model, serta pilih gagang yang ergonomis.
  • Anda juga harus mengetahui cara perawatannya agar alat pel Anda tetap bersih dan terhindar dari bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan penyakit.
  • Anda bisa memilih alat pel dari Idealife IL – 101, karenabisa membersihkan tempat-tempat yang sulit dijangkau, dan terbuat dari bahan yang berkualitas.
  • Namun, jika Anda ingin membeli alat pel lantai bagus yang bisa emmbuat tangan Anda tetap bersih saat mengepel, maka Anda bisa memilih Homme Hm-Z1 ini
  • Sedangkan,jika Anda ingin alat pel bagus dengan harga terjangkau, maka Anda bisa membeli Destec Microfiber MF-210.

Referensi

  1. Sarah Aguirre (2019), Guide to 6 Different Types of Mops, https://www.thespruce.com/common-mop-types-1901121
  2. Nisbets (2020), Choosing The Right Mop, https://www.nisbets.co.uk/choosingtherightmopforthejob



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Alat Pel Lantai Bagus untuk Mengepel Lebih Mudah dan Praktis", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »