Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


29 April 2020

10 Alat Olahraga Terbaik untuk Kegiatan Olahraga di Rumah

By Cekresi .com
10 Alat Olahraga Terbaik untuk Kegiatan Olahraga di Rumah


Tubuh yang sehat dan bugar merupakan dambaan semua orang.Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan olahraga secara rutin. Namun, tidak semua orang memiliki waktu atau kesempatan untuk berolahraga ke tempat gym atau sekedar berolahraga di outdoor.



Kini Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa melakukan olahraga di rumah yang pastinya lebih praktis dan hemat waktu. Dan, Anda hanya perlu menyiapkan alat-alat olahraga yang pas dan cocok untuk Anda gunakan di rumah.

Karena itu, kami menyajikan beberapa alat olahraga terbaik untuk kegiatan olahraga di rumah berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai tujuan dan manfaat olahraga, jenis olahraga ringan, dan cara merawat alat-alat olahraga Anda di rumah.

Pentingnya mengetahui tujuan dan manfaat berolahraga!

Ada begitu banyak jenis latihan kebugaran. Sebelum menentukan jenis olahraga, ada baiknya Anda mengetahui tujuan atau manfaat yang ingin kita dapatkan dalam berolahraga. Agar mudah menentukan jenis olahraga yang akan dijalani.

Jika tujuan Anda untuk melatih otot dan kekuatan fisik, maka pilihan olahraga atau latihan kebugaran yang bisa kita ambil adalah olahraga angkat beban seperti dumbel, burble, atau tinju. Sesuaikan juga dengan kesehatan dan kondisi tubuh sebelum melakukan latihan olahraga ini.

Namun, jika tujuan Anda membuat tubuh lebih fleksibel dan sehat, Anda bisa memilih jenis olahraga yoga, senam, atau hula hoop. Olahraga semacam ini juga dapat membantu membentuk tubuh yang ideal.

Sedangkan untuk meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh, Anda bisa memilih jenis olahraga berlari, sepeda, atau jalan kaki. Olahraga ini dapat meningkatkan stamina dan pernapasan.

Jika tujuan olahraga Anda untuk mencipatkan kelenturan pada tubuh, Anda bisa mencoba olahraga renang, tenis, kriket, dan basket. Selain itu, olahraga ini bermanfaat untuk menambah tinggi badan.



Mengenal jenis olahraga ringan di rumah

Setelah mempelajari dan mengetahui tujuan dan manfaat dari olahraga yang Anda inginkan, Anda bisa memulai melakukan olahraga tersebut di rumah. Hal yang mungkin dilakukan adalah dengan melakukan olahraga ringan. Berikut ini beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di rumah :

  • Push Up

Push up merupakan olahraga yang sering dilakukan oleh kaum pria. Olahraga ini memiliki fungsi meningkatkan otot bisep dan trisep. Anda bisa melakukan dengan posisi tengkurap, tangan berada di sisi kanan dan kiri badan. Setelah itu badan akan didorong ke atas dengan kekuatan tangan.

  • Sit Up

Jenis olaharga ini menggunakan gerakan otot perut. Selain menjaga kebugaran tubuh, sit up juga dapat membuat perut menjadi six pack. Cara melakukan olahraga ini adalah dengan meletakkan tangan di belakang kepala dan kaki ditahan agar tidak ikut terangkat. Gerakan sit up bertumpu pada pinggul dan pantat dengan lutut diarahkan ke atas.

  • Skipping

Olahraga ini biasa juga disebut dengan olahraga lompat tali. Tentu saja menggunakan tali sebagai alatnya. Gerakan olahraga ini bisa dilakukan dengan mengatur gerakan kaki dalam kecepatan melompat dengan ketangkasan tangan yang mengayunkan tali.

  • Yoga

Salah satu olahraga sederhana yang mampu menenangkan jiwa. Sebagai pemula, Anda bisa belajar gerakan yoga dari yang paling mudah hingga sulit. Belajar gerakan dengan menonton video bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Senam Lantai

Seperti namanya, olahraga satu ini harus dilakukan di lantai. Beberapa gerakan senam lantai seperti headstand, roll depan, sikap lilin, kayang, dan banyak lagi gerakan lain. Gerakan senam lantai memerlukan keseimbangan dan konsentrasi. Anda bisa menggunakan matras untuk menunjang olahraga ini.

  • Hula Hoop

Olahraga yang cukup unik dan seru untuk dilakukan ini bisa Anda coba di rumah bersama keluarga. Olahraga hula hoop efektif dalam membakar kalori di dalam tubuh, terutama merampingkan perut.



  • Jogging

Olahraga ini dapat membakar kalori, menurunkan berat badan, serta menyehatkan paru dan jantung. Olahraga ini tidak harus dilakukan di luar rumah, Anda bisa melakukannya di tempat. Lebih baik jika Anda memiliki treadmill di rumah.

Cara merawat alat olahraga di rumah

Ketika Anda sudah membeli alat olahraga, maka yang perlu Anda lakukan adalah cara merawatnya, agar alat olahraga tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa hal berikut ini bisa Anda lakukan untuk merawat alat-alat olahraga Anda di rumah :

  • Bersihkan alat olahraga Anda dengan kain lap basah dan keringkan dengan kain lap kering. Untuk pegangan yang terbuat dari spons bisa dibersihkan dengan alkohol agar bau, kotoran dan keringat bisa hilang. Jika pegangan bsa dilepas maka sebaiknya dicuci.
  • Berikan pelumas 4-6 bulan sekali pada bagian persendian alat dimana terjadi pergesekan yang menyebabkan terjadinya aus. Pelumas juga mencegah karat pada alat. Untuk alat treadmill anda bisa memberi pelumas di bagian bearing.
  • Untuk alat dengan tenaga listrik, mengecek kabel diperlukan untuk mengetahui kabel yang kendor atau terputus. Lakukan pula check up berkala untuk alat olahraga dengan tenaga listrik.
  • Untuk alas seperti matras yang biasa dipakai untuk yoga atau senam lantai, Anda bisa merawatnya dengan mencuci 2-3 kali dalam sebulan. Bisa juga dengan mengelap matras setiap selesai digunakan. Ini untuk menghindari jamur dan bakteri.

10 Alat Olahraga Terbaik untuk Kegiatan Olahraga di Rumah

Setelah mengetahui tujuan olahraga yang Anda butuhkan, jenis olahraga ringan di rumah sertacara merawat alat-alat olahraga. Maka perkenankan kami menyajikan rekomendasi untuk Anda, alat-alat olahraga terbaik untuk kegiatan olahraga di rumah dari beberapa merek berikut ini :

10. Dumbell Set KZ-10 kg

dumbbell_set_kz_10kg

Harga : Rp 354.000

Membuat olahraga Anda lebih mudah dan praktis

Dumbell Set KZ-10 kg ini bisa Anda gunakan untuk memulai olahraga angkat beban jika belum berani memakai barbell. Dumbell lebih kecil dan pendek dari barbell, namun sudah cukup untuk melatih kekuatan tangan.

Dalam 1 set, alat ini terdiri atas; 1 Stick Kettler Rubberized dengan panjang 35cm dan diameter 3cm – 2,5kg; Plat Beban Cast Iron Lokal Hi-Quality yang berjumlah 2 dan memiliki berat 1,25kg; Plat Beban Cast Iron Lokal Hi-Quality 2 buah dengan berat 2,5kg; dan Plat beban tidak lapis karet. Anda bisa membeli alat olahraga ini di Shopee.

9. Jump Rope Winstar 343

jump_rope_winstar_343

Harga : Rp 70.200



Mudah digunakan dan menyehatkan

Skipping winstar 343 adalah tali skipping atau tali lompat yang mudah digunakan untuk olahraga skipping. Alat ini dibanderol dengan harga yang cukup murah dan mudah didapatkan. Dengan pegangan busa yang mudah untuk digunakan.

Panjang tali pun cocok untuk anda yang memiliki tinggi badan di atas standar. Dengan berbagai pilihan warna yang bisa Anda beli sesuai keinginan. Anda bisa membeli alat olahraga ini di Shopee.

8. Gym Ball Unistar

gym_ball_unistar

Harga : Rp 72.000

Membuat olahraga Anda lebih nyaman dan menyenangkan

Bola senam untuk kegiatan olahraga di rumah dari unistar ini dilengkapi dengan lapisan anti licin yang membuat penggunanya berolahraga lebih nyaman. Produk bola senam dari Unistar ini memiliki beragam varian ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Dari yang terkecil ukuran 65cm hingga ukuran 85cm. Ada juga ukuran sedang yang biasa dipakai yaitu 75cm. Anda bisa menggunakan gym ball ini untuk mendukung semua program latikan fisik Anda di rumah.

Selain melakukan latihan fisik untuk mengurangi berat badan, berolahraga dengan cara yang tepat dengan gym ball ini juga membantu memperkuat otot-otot panggul, mengurangi nyeri punggung, hingga latihan kardiovaskular untuk kebugaran tubuh.Anda bisa membeli alat olahraga ini di Lazada.

7. Happyfit Figure Trimmer

happyfit_figure_trimmer

Harga : Rp 70.000



Olahraga lebih ringan dan menyehatkan

Happyfit Figure Trimmer merupakan alat bantu olahraga yang super ringan. Jika sit up untuk mengecilkan perut dirasa melelahkan, maka alat olahraga satu ini bisa jadi solusinya.

Cara penggunaannya, Anda hanya perlu berdiri di atas alat ini dan lakukan gerakan memutar 90 derajat ke kiri dan ke kanan. Trimmer ini akan membantu Anda untuk mengencangkan otot di bagian perut.

Dengan bentuk permukaan yang memiliki tonjolan agar tidak slip saat digunakan. Berolahraga dengan Figure Trimmer ini bisa Anda lakukan juga sambil nge-dance, sangat menyenangkan jika diiringi musik beat. Anda bisa membeli alat olahraga ini di Shopee.

6. Revoflex Xtreme Portable

revoflex_xtreme_portable

Harga : Rp 122.900

Efektif untuk mengencangkan otot

Revoflex Extreme merupakan alat fitness praktis yang dapat digunakan di rumah dengan bermacam-macam fungsi. Alat ini bisa digunakan untuk mengencangkan otot paha, lengan, perut, dan sebagainya.

Alat ini juga ampuh menjadikan perut lebih langsing. Menggunakan alat ini lebih efektif membuat otot berkontraksi. Lakukan 30 menit hingga satu 1 jam beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Memiliki alat ini di rumah membuat Anda seolah berolahraga di tempat fitness. Namun Anda bisa menghemat waktu dan budget. Bisa dilakukan kapan saja sesuai keinginan. Anda bisa mempelajari berbagai gerakan olahraga di Youtube untuk memperbanyak gerakan dengan alat ini. Anda bisa membeli alat olahraga ini di Lazada.



5. Sepeda Statis Berwyn

sepeda_statis_berwyn

Harga : Rp 2.100.000

Menguatkan otot kaki dan membakar kalori

Kencangkan otot kaki dengan olahraga sepeda. Olahraga sepeda memang menyenangkan, apalagi jika sambil melihat pemandangan. Namun jika tidak punya waktu dan tetap ingin berolahraga, maka Anda bisa menggunakan sepeda statis di rumah.

Sepeda statis dari Berwyn membantu Anda untuk melatih tubuh bagian bawah seperti bagian kaki dan perut serta menjaga tubuh Anda tetap fit sanjang hari. Dengan kegiatan mengayuh, dapat menguatkan otot kaki, meningkatkan kesehatan dan membakar kalori.

Meski hanya melakukannya di rumah, dengan memiliki sepeda statis ini tetap dapat membantu anda berolahraga dengan hasil optimal. Membantu meredakan stress serta meningkatkan mood. Anda bisa membeli alat olahraga ini di Shopee.

4. Tummy Trimer

tummy_trimer

Harga : Rp 45.000

Mudah dibawa kemana-mana

Tummy Trimer merupakan alat olahraga yang bisa digunakan di rumah untuk membakar lemak. Jadi tidak perlu lagi ke tempat fitness, cukup gunakan alat ini untuk mengecilkan perut buncit dengan praktis.

Tummy Trimer bisa digunakan untuk mempermudah olahraga sit up karena dilengkapi dengan pijakan kaki dan pegangan yang dapat merenggangkan otot-otot perut. Olahraga jadi semakin mudah, serta rasakan manfaat mendapatkan otot-otot yang kencang.



Alat ini juga praktis dan fleksibel karena mudah dibawa kemana-mana, maupun dimasukkan ke dalam koper saat traveling. Anda bisa membeli alat olahraga ini di Shopee.

3. Shield Chest Expander Pull

shield_chest_expander_pull

Harga : Rp 85.000

Ringan dan simple

Olahraga untuk membentuk pundak yang kencang dengan alat dan olahraga yang simple. Berolahraga dengan Shield Chest Expander Pull dapatmembentuk otot lengan, pundak yang kencang, serta dada yang bidang.

Material yang digunakan alat ini memiliki kualitas yang bagus. Pegangannya terbuat dari bahan kayu yang ringan, dengan bentuk dan ukuran yang nyaman digenggam. Bagian peer-nya terbuat dari stainless steel yang kuat, tahan lama, dan anti karat.

Alat ini lebih hemat, praktis, dan juga mampu menunjang kebutuhan olahraga Anda di rumah. Anda bisa membeli alat olahraga ini di Shopee.

2. BM159 SAMSAK Everlast

bm159_samsak_everlast

Harga : Rp 180.000

Terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama

Salah satu alat olahraga yang bisa dipakai di rumah adalah samsak tinju. Tidak hanya untuk laki-laki, perempuan juga bisa olahraga dengan samsak tinju. Samsak tinju juga bisa digunakan untuk latihan bela diri.

Selain untuk berolahraga, samsak tinju juga bisa digunakan untuk meluapkan kekesalan, kadar stress berkurang, dan mood jadi lebih baik. Daripada mengungkapkan kekesalan kepada orang lain, anda bisa menumpahkan emosi dengan memukul samsak tinju.



Body dari alat samsak tinju ini terbuat dari bahan yang kuat, rantai penggantung yang besar, jadi aman untuk digunakan olahraga. Anda bisa membeli alat olahraga ini di Shopee.

1. Kettler Treadmill Berlin S2

kettler_treadmill_berlin_s2

Harga : Rp 18.900.000

Membuat olahraga lebih nyaman dan menyenangkan

Olahraga yang paling mudah dilakukan di rumah adalah jogging. Berlari di tempat di dalam rumah bisa dilakukan dengan treadmill. Alat olahraga ini paling digemari karena praktis dan bisa dilakukan sambil menonton tv atau mendengarkan musik.

Produk treadmill dari brand ternama di bidang alat fitness seperti Kettler pasti tidak diragukan lagi kualitasnya. Produk treadmill Berlyn S2 telah menjadi salah satu produk andalan bagi Anda yang ingin berolahraga lari di dalam rumah.

Anda bisa mengatur tingkat kecepatan dari alat ini mulai dari 1 hingga 18 km per jam. Sistem soft drop juga telah tersedia di treadmill ini yang membuat Anda dapat menyelesaikan lari dengan baik tanpa guncangan dan menjadi lebih seimbang. Anda bisa membeli alat olahraga ini di Blibli.

Rangkuman

  • Sebelum memutuskan untuk membeli alat olahraga di rumah,Anda bisa menentukan dulu pilihan olahraga berdasarkan tujuan yang diinginkan. Misalnya, untuk kekuatan otot, kelenturan, dan sebagainya.
  • Setelah mengetahui tujuan yang diinginkan dalam olaharaga, ketahui juga jenis-jenis olaharaga ringan yang bisa dilakukan di rumah, sesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan.
  • Apabila Anda ingin alat olahraga terbaik yang lebih nyaman dan menyenangkan saat digunakan di rumah, maka Anda bisa membeli Kettler Treadmill Berlin S2.
  • Namun, jika Anda hanya ingin olahraga yang bisa membakar lemak dan mengecilkan perut, serta alat nya lebih ringkas dan juga murah, Anda bisa membeli Tummy Trimer.
  • Sedangkan, untuk Anda ingin membentuk otot lengan, pundak yang kencang, serta dada yang bidang, Anda bisa memilih Shield Chest Expander Pull.

Referensi

  1. Sashil Kapur (2018),Here’s how to work out at home,https://www.onemedical.com/blog/live-well/home-workout
  2. Steve Kamb(2020), The Beginner Bodyweight Workout: Try this 20 Minute Routine At Home or Anywhere!,https://www.nerdfitness.com/blog/beginner-body-weight-workout-burn-fat-build-muscle/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait





2 comments

    1. Hi Kak,

      Boleh disebutkan no resi dan ekspedisinya supaya bisa kami bantu tracking/lacak ?

      Terima kasih




Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Alat Olahraga Terbaik untuk Kegiatan Olahraga di Rumah", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »