Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


13 November 2019

10 Air Purifier Terbaik yang Menjaga Udara Ruangan Anda Tetap Bersih dan Sehat

By Cekresi .com


Dewasa ini banyak masyarakat, terutama di kota-kota besar mencari alat pembersih udara atau air purifier. Hal ini disebabkan karena mereka ingin mendapatkan udara yang bersih dan sehat. Dan, air purifier hadir sebagai alat elektronik yang bisa menjawab kebutuhan mereka tersebut.



Air purifier merupakan alat elektronik yang berfungsi menjaga udara ruangan agar tetap bersih dan sejuk. Selain itu, air purifier mampu menghilangkan debu, menghilangkan alergi, dan menjaga lembapan udara, bahkan ada yang mampu mengatasi masalah nyamuk di rumah.

Karena itu, kami menyajikan beberapa air purifier terbaik yang menjaga udara ruangan tetap bersih dan sehatberikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan tentang jenis-jenis air purifier, spesifikasi, serta perawatannya.

Mengenal jenis-jenis air purifier yang ada di pasaran

Untuk mendapatkan udara bersih dan sehat, pastikan Anda memilih jenis air purifier yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Karena itu Anda perlu memahami 5 jenis air purifier berikut ini :

Pertama, jenis filter HEPA. Umumnya jenis filter pembersih udara ini sangat efektif untuk menangkap debu, bahkan yang berukuran sangat kecil. Filter HEPA terbuat dari busa, fiberglass, kapas, atau bahan penangkap partikel kecil lainnya.

Kedua, jenis filter Ionizer dan Ozone. Untuk filter ini memiliki kemampuan untuk menetralkan bau dalam ruangan sehingga membuat bau tidak sedap menjadi hilang. Namun tidak seperti jenis-jenis lainnya, filternya tergolong yang paling lemah dan terkadang keluar polusi atau kotoran dari mesinnya.

Ketiga, jenis filter Karbon Aktif. Filter ini termasuk salah satu jenis air purifier yang mampu menghilangkan bau dengan bersih dan cepat. Selain itu, kemampuannya juga bisa menghilangkan polusi dalam jumlah yang besar.

Keempat, jenis filter Plasmacluster. Filter ini tergolong ampuh mengatasi bakteri atau kuman di dalam ruangan, sehingga air purifier ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan keluarga dan menghindarkan anak-anak kuman yang merugikan kesehatan tubuh.



Kelima, jenis filter UV Light. Pembersih udara dengan UV ini efektif untuk membunuh kuman, bahkan bisa mematikan virus. Akan tetapi filter ini tidak bisa digunakan untuk membersihkan debu dan menghilangkan bau.

Perhatikan kemampuan CADR dan ACH-nya

Untuk memastikan kualitas air purifier yang akan Anda beli, pastikan Anda mengetahui CADR atau Clean Air Delivery Rate. Karena CADR ini yang akan memastikan kemampuan air purifier dalam membersihkan udara ruangan Anda.

Semakin besar nilai CADR, semakin besar pula efektifitas air purifier dalam menyejukkan dan membersihkan udara di ruangan. Karena itu, kami merekomendasikan air purifier yang memiliki nilai CADR berkisar antara 17 – 20 sesuai dengan standar uji internasional MERV.

Selain CADR, Anda juga harus memperhitungkan nilai ACH-nya. Karena ACH atau Air Changes per Hour ini berfungsi sebagai penanda seberapa besar udara akan berganti di dalam ruangan dalam setiap satu jam-nya. Semakin besar nilai ACH-nya, semakin besar pula kualitas dari air purifier yang Anda pilih.

Pilih yang hemat energi

Salah satu yang harus Anda pertimbangkan saat membeli air purifier adalah daya listriknya. Karena semakin besar watt-nya, semakin besar pula konsumsi energinya yang digunakan untuk air purifier.

Agar lebih hemat, Anda bisa memilih air purifier dengan daya listrik 50 – 200 watt. Namun, jika Anda ingin lebih berhemat bisa menggunakan air purifier dengan kapasitas daya listrik yang lebih rendah.

Yang lebih penting adalah jangan sampai anggaran untuk kebersihan udara yang berasal dari air purifier membebani tagihan listrik Anda.

Pilih air purifier yang dilengkapi dengan fitur humidifying

Agar kualitas udara di ruangan Anda semakin sempurna, Anda bisa memilih air purifier dengan fitur humidifying. Karena fitur ini memiliki kemampuan untuk menjaga kelembapan ruangan secara otomatis.



Kelembapan ideal pada ruangan ini sangat penting, karena dapat mengusir jamur dan bakteri berbahaya yang berpotensi bisa merugikan kesehatan Anda dan keluarga.

Pertimbangkan kapasitas dan jangkauan air purifier

Agar kualitas udara bersih ruangan bisa merata dan menyebar, maka penting untuk mengetahui jangkauan air purifier. Anda bisa cek melalui nilai CADR, misalnya untuk CADR 200 bisa digunakan untuk ruangan yang berukuran 30 m2.

Jadi untuk ruangan yang lebih luas, Anda bisa menggunakan air purifier dengan nilai CADR yang lebih tinggi. Untuk lebih tepatnya, Anda bisa mengukur luas ruangan yang Anda inginkan dengan nilai CADR dari air purifier yang ingin Anda beli.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah sebesar apapun nilai CADR jika tanpa perawatan yang baik, maka air purifier tidak bisa berfungsi secara optimal.

Cara merawat air purifier agar awet dan tahan lama

Agar performa air purifier Anda tetap stabil dan baik, maka Anda perlu melakukan perawatan-perawatan berikut ini :

  • Lakukan perawatan secara berkala, setidaknya lakukan dua minggu sekali agar kotoran tidak menempel terlalu lama sehingga tidak menjadi sarang bakteri dan kuman.
  • Bersihkan filter yang terletak dibagian luar dengan vacumm cleaner atau kuas, terutama pada jenis deodorizing filter atau HEPA filter.
  • Sedangkan untuk humudifying filter, Anda cukup membilasnya dengan air, dan
  • Untuk mengatasi debu yang membandel pada humudifying filter, Anda bisa merendam dengan cairan pembersih selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Selain itu, bersihkan panel bagian belakang dengan hati-hati.

10 Air purifier Terbaik yang Menjaga Udara Ruangan Anda Tetap Bersih dan Sehat

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang air purifierserta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi air purifier terbaik yang menjaga udara ruangan anda tetap bersih dan sehatdari berbagai merek berikut ini:

10. Panasonic F-PXJ30A

panasonic_f_pjx30a

Harga : Rp 1.889.000

Desain lebih stylish dan berkualitas



Pembersih udara produk Panasonic ini dilengkapi dengan teknologi nanoe yang efektif menghilangkan bakteri dan jamur pengganggu sehingga cocok digunakan untuk membantu menjaga kesehatan udara di rumah Anda.

Berbagai macam bau, seperti bau sampah, bau rokok, dan bau masak akan hilang sampai 90 persen setelah 30 menit air purifierF-PXJ30A Anda hidupkan. Selain itu, air purifier ini mampu menangkap penyebab alergi yang diperoleh dari teknologi composite air filternya, dan bahkan alat ini bisa mencegah berbagai penyakit seperti asma, Dermatitis Atopic, dan Rhinorrhea.

Tidak hanya itu, desain air purifier yang stylish tentu akan membuat tampilan interior Anda nampak lebih elegan dan keren. Anda bisa membeliair purifierini di Shopee.

9. Daikin MCK55TVM6

daikin_mck55tvm6

Harga : Rp 5.725.000

Membuat udara di rumah Anda lebih bersih dan sehat

Produk air purifier merek Daikin ini memiliki fitur yang lengkap,seperti fitur Streamer, Active Plasma Ion, Humidifying, Deodorising Filter, dan HEPA Filter. Sehingga membuat udara di dalam ruangan Anda lebih bersih dan sehat.

Selain itu, air purifier ini juga dilengkapi dengan sistem pengaman Child-Prof Lock agar aman dari jangkauan anak-anak, serta Mode Auto-nya yang bisa Anda gunakan sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa membeli air purifierini di Lazada.

8. Sharp FP F30Y

sharp_fp_f30y

Harga : Rp 1.175.000

Ion-ionnya mampu melumpuhkan mikroorganisme penyebab penyakit



Penjernih udara dari Sharp ini memiliki kemampuan untuk menonaktifkan mikroorganisme berbahaya dengan teknologi ion generatornya yang optimal. Karena generator Plasmacluster akan melepaskan ion positif dan menggantikan ion negatif ke udara.

Selain itu, filternya mampu menyaring debu penyebab alergen dan bau-bau tidak sedap lainnya. FP F30Y ini juga dilengkapi dengan Mode Speed yang bisa Anda atur sesuai kecepatan yang Anda inginkan dalam menjernihkan udara. Anda bisa membeliair purifierini di Lazada.

7. Samsung AX40R3030WM

samsung_ax40r3030wm

Harga : Rp 2.449.000

Desain futuristik dengan multi-layered purification system
Ruangan Anda semakin nyaman dan terlihat elegan dengan produk penjernih udara dari Samsung ini, karena desainnya yang futuristik dan dilengkapi dengan Air Sensing Light yang bisa mengeluarkan cahaya yang lembut dan indah.

Udara ruangan Anda akan lebih bersih dan segar dengan sistem multi filtrasi dari produk Samsung ini. Selain itu, air purifierAX40R3030WM ini dilengkapi dengan sistem Air Intelligence Display yang mampu menginformasikan kepada Anda untuk mengetahui kualitas udara ruangan.

Yang lebih penting adalah perawatan air purifier ini lebih mudah dan praktis, karena Anda cukup mengganti filter penghisap udara dari depan. Anda bisa membeli air purifier ini di Lazada.

6. Blueair Classic 405 Particle Filter with Wi-Fi – White

blueair_classic_405_particle_filter_with_wi_fi_white

Harga : Rp 8.460.000

Membantu menjaga kualitas udara dengan sangat baik, praktis, dan canggih

Blueair Classic 405 ini memiliki bentuk yang lebih praktis sehingga mudah untuk diletakkan di sudut ruangan Anda. Air purifier ini dilengkapi dengan filter yang cukup besar dan efektif menghilangkan mikroorganisme berbahaya yang mengganggu kesehatan Anda dan keluarga.



Selain itu, penggunaan alat ini cukup mudah karena dilengkapi dengan aplikasi Blueair Friend yang bisa dikoneksikandengan Wi-Fi dan terdapat indikator lampu LED yang mudah dibaca. Anda bisa membeli air purifierini di Shopee.

5. Blueair Classic 680i Smokestop Filter with Wi-Fi – White

blueair_classic_680i_smokestop_filter_with_wi_fi_white

Harga : Rp 16.616.000

Udara bersih dan sehat sampai ke sudut ruangan

Blueair Classic 680i ini memiliki kemampuan menjernihkan udara dengan sangat baik sampai ke seluruh sudut ruangan. Sehingga udara di rumah Anda akan menjadi lebih bersih dan sehat.

Selain itu, teknologi Wi-Fi dan sensor Blueair Aware yang dimiliki pada produk ini akan memudahkan Anda untuk mengakses kapan pun dan di mana pun. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mengendalikan dan mengaturnya dari jarak jauh.

Air purifier ini memiliki kemampuan untuk menyaring sampai dengan 99,97% partikel yang berukuran hingga 0.1 mikron, sehingga membuatbau yang tidak sedap akan hilang dengan mudah. Anda bisa mendapatkan air purifier ini di Bukalapak.

4. Air purifier Koios

air_purifier_koios

Harga : Rp 1.999.000

Pembersih udara ramah lingkungan

Produk Koios ini merupakan salah satu pembersih udara yang ramah lingkungan, karena memiliki sistem filtrasi 3 tahap, yakni pre-filter, HEPA filter, dan filter karbon aktif yang mampu menghilangkan bau tidak sedap dengan sangat baik, dan 100 persen bebas ozon.



Selain itu produk ini tidak mengunakan UV atau ion yang bisa menghasilkan polutan yang berbahaya bagi tubuh. Jadi, udara ruangan Anda akan menjadi lebih bersih, sehat, dan bebas polutan. Anda bisa membeli air purifierini di Tokopedia.

3. Clair W1TD1866

clair_w1td1866

Harga : Rp 2.050.000

Cocok digunakan untuk ruangan yang lebih kecil

Clair W1TD1866 ini cocok untuk Anda gunakan di dalam kamar, ruang kerja, atau ruangan kecil Anda lainnya. Karena air purifier ini memiliki desain minimalis yang memungkinkan Anda untuk meletakkan di atas meja.

Air purifier ini juga memiliki tingkat kebisingan yang rendah sehingga kenyamanan tidur Anda tidak terganggu. Selain itu, produk Clair ini lebih hemat energi karena sistem operasinya lebih efektif yang bisa meminimalisir pemakaian daya listrik Anda di rumah. Anda bisa membeli air purifier ini di Shopee.

2. Sharp FP-FM40Y-B Mosquito Catcher

sharp_fp_fm40y_b_mosquito_catcher

Harga : Rp 2.949.000

Mampu menngkap dan melindungi Anda dan keluarga dari nyamuk

Produk dari Sharp ini memiliki kemampuan lain selain menjernihkan udara, yakni menangkap nyamuk dengan bahan yang 100 persen tidak membahayakan tubuh. Dengan alat ini, nyamuk akan tertangkap dan menempel di atas lem sehingga lantai Anda tidak akan kotor.

Adapun filter yang tersedia dalam air purifier ini adalah HEPA Filter, Deodorizing filter dan pre-filter yang mampu menangkap semua partikel berbahaya dan dapat menghilangkan bau tidak sedap. Anda bisa membeli air purifierini di Shopee.



1. Xiaomi Mijia 2S – White

xiaomi_mijia_2s_white

Harga : Rp 2.499.000

Mudah digunakan dan dapat membuat udara lebih cepat bersih

Air purifier dari merek Xiaomi mampu menghasilkan hampir 10.000 liter udara bersih per menit. Produk ini juga memiliki tiga lapisan filter HEPA karbon aktif yang efektif menyerap debu ataupun partikel kecil yang berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, kemudahan akan Anda dapatkan saat mengoperasikan air purifier ini, karena dilengkapi dengan sistem kontrol yang akan memberikan peringatan ke smartphone Anda sehingga memudahkan Anda untuk memonitor kualitas udara. Dan, Anda bisa membeli air purifier ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli air purifier, pastikan Anda memperhatikan jenis dan kelengkapan fiturnya, seperti adanya fitur humidifying yang efektif menjaga kelembapan secara otomatis agar ruangan Anda aman dari mikroorganisme yang membahayakan kesehatan.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan perawatannya dengan mengganti filter secara berkala dan lain sebagainya.
  • Anda bisa memilih air purifierBlueair Classic 680i, karena lebih canggih dan mampu menjernihkan udara dengan sangat baik sampai ke seluruh sudut ruangan.
  • Namun jika Anda menginginkan air purifier dengan bentuk yang minimalis dan efektif membersihkan partikel kecil seperti debu dan lain-lain, maka Anda bisa memilih air purifier dari Clair W1TD1866.
  • Sedangkan, jika Anda ingin udara ruangan Anda lebih bersih dan sehat serta terhindar dari bahaya nyamuk, maka Anda bisa memilih air purifier dari Sharp FP-FM40Y-B Mosquito Catcher.

Referensi

  1. Joplins (2016), Understanding the 5 Types of Air Cleaners and Purifiers,https://joplins.net/articles/understanding-5-types-air-cleaners-purifiers
  2. Sharp(2016),Tips Merawat Air purifier Sharp,https://id.sharp/news/tips-merawat-air-purifier-sharp



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Air Purifier Terbaik yang Menjaga Udara Ruangan Anda Tetap Bersih dan Sehat", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »