Cek Resi

Belanja Alat Dapur Kompor Gas Winn Gas
2 February 2021

10 Rekomendasi Kompor Gas Tanam 3 Tungku Terbaik

By Cekresi .com

Inovasi perlengkapan memasak untuk dapur memang tiada hentinya. Mulai dari desain, bentuk, model hingga teknologinya semakin maju dan modern, termasuk pada jenis kompor tanam.

Seperti namanya, kompor tanam ini dipasang secara permanen di atas meja dapur sehingga lebih praktis, simpledan dapat memberikan kesan mewah pada hunian.

Selain itu kompor tanam juga dapat memberikan kesan rapi, lebih irit dan mampu menghindarkan dari risiko kebocoran gas karena tidak mudah bergeser atau bergerak ketika tersenggol.

Secara umum, kompor tanam terdiri atas kompor tanam yang menggunakan pasokan energi gas, listrik dan juga elektromagnetik. Jumlah tungkunya pun bervariasi, ada yang 1 tungku, 2 tungku, 3 tungku hingga 6 tungku.

Untuk pembahasan kali ini, kami akan menyajikan kompor gas tanam terbaik 3 tungku dari berbagai merek, berikut dengan ulasan serta harganya yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum memutuskan untuk membelinya.

Namun, sebelumnya kami akan memberikan panduan mengenai cara memilih kompor tanam yang bagus untuk kebutuhan dapur Anda berikut ini.

Perhatikan dimensi atau ukuran kompor tanam

Dimensi setiap jenis kompor berbeda-beda. Pengukuran ini menjadi penting, selain bertujuan untuk memudahkan pemasangan, juga berguna untuk mengetahui seberapa banyak ruang di atas meja dapur yang akan Anda gunakan.

Idealnya Anda harus menyediakan sekitar 76-91 cm untuk penempatan kompor tanam di atas meja. Sementara untuk penggantian kompor tanam, Anda mungkin perlu dimensi tertentu sesuai dengan ukuran kompor sebelumnya agar pemasangan menjadi lebih mudah.

Karena itu, pastikan Anda mengukurnya terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk membelinya. Agar lebih mudah, Anda bisa mencari nomor model kompor tanam pada masing-masing merek untuk mendapatkan dimensi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan fitur keamanan

Kebanyakan kompor gas tanam sudah dilengkapi dengan fitur keamanan. Namun tetap Anda harus berhati-hati tentang apa yang Anda tinggalkan di dekat atau di atas kompor, karena setiap jenis kompor gas menggunakan api terbuka sehingga bisa membuat apa yang di dekatnya mudah terbakar.

Jadi fitur keamanan adalah salah satu faktor penting yang harus Anda pertimbangkan. Meskipun hal ini bergantung pada tindakan Anda sendiri, cara Anda menggunakan serta merawat kompor gas tanam.

Bagi kebanyakan konsumen, mereka akan terasa lebih nyaman dengan kompor tanam yang sudah dikenal sehingga lebih mudah memahami fitur keamanan, cara mengoperasikan dan mengetahui apa saja yang harus dihindari.

Namun, jika Anda memiliki anak di rumah yang Anda tidak ingin mereka main-main dengan kompor tanam, sebaiknya Anda memilih kompor tanam yang dilengkapi dengan fungsi penguncian kontrol yang memungkinkan Anda membatasi siapa yang benar-benar dapat menggunakan kompor tanam.

Pilih yang mudah dibersihkan

Pembersihan yang mudah tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda dalam hal perawatan. Disisi lain juga dapat memberikan kesan dapur menjadi lebih rapi, bersih dan terlihat lebih elegan.

Untuk jenis kompor gas tanam, permukaan yang halus tentu menjadi lebih mudah dibersihkan tanpa risiko panas atau tumpahan kotoran yang menyulitkan.

Namun untuk membersihkan beberapa bagian yang harus ditangani secara terpisah, ada baiknya Anda mempelajari buku petunjuk pembersihan yang biasanya disertakan dalam setiap produk kompor tanam.

Perhatikan material dan ring burner-nya

Kompor tanam yang menggunakan material tempered glass bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda, karena memiliki kualitas yang tahan panas, kuat dan mudah dibersihkan.

Selain itu perhatikan juga ring burner, di mana ring burner merupakan salah satu faktor penentu besar atau kecilnya pengapian pada kompor tanam.

Untuk kompor gas tanam 3 tungku biasanya memiliki ukuran ring burner bervariasi, ada yang kecil yang berguna untuk menghangatkan makanan. Lalu ada pula yang berukuran sedang dan besar yang membuat aktivitas memasak menjadi lebih mudah dan cepat.

Pilih merek yang terpercaya

Sama hal nya memilih produk perlengkapan memasak lainnya, merek merupakan bagian yang harus Anda pertimbangkan. Sebaiknya Anda memilih merek yang terjamin kualitasnya dan telah dipercaya oleh banyak orang.

Jangan ragu memilih yang terbaik untuk kebutuhan dapur. Meskipun terkadang merek terbaik memiliki harga yang lebih mahal, namun sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Cara merawat kompor gas tanam agar lebih awet dan tahan lama

Agar kompor gas tanam Anda tetap bersih, nyaman, dan dapat digunakan untuk jangka waktu lama, pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kompor gas tanam di rumah :

  • Sebelum dibersihkan, pastikan untuk mematikan kompor terlebih dahulu dan tunggu hingga dingin.
  • Kemudian lepas bagian tungku, lalu rendam dalam air panas selama 10-15 menit sebelum membersihkannya. Setelah itu gosok dengan sikat atau spon secara perlahan pada noda yang membandel. Jika sudah selesai, bilas dengan air bersih dan lap hingga benar-benar kering.
  • Untuk membersihkan bagian tengah atau inti pada kompor, Anda bisa menggunakan kuas agar debu atau kotoran kecil bisa hilang.
  • Sedangkan untuk membersihkan bagian permukaan kompor, Anda bisa menggunakan kain halus dan lembut. Caranya basahi kain tersebut dengan air, lalu lap bagian permukaan yang kotor. Kemudian lap kembali dengan menggunakan lap kering yang bersih.
  • Sebelum menggunakan kompor kembali, pastikan bagian-bagian yang sudah Anda bersihkan sudah benar-benar kering.

10 Rekomendasi kompor gas tanam terbaik 3 tungku

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kompor tanam dan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi kompor gas tanam terbaik 3 tungku dari berbagai merek berikut ini.

10. Kompor Rinnai RB-713N GB

Desain simpel dan bodi kokoh

Kompor tanam 3 tungku dari Rinnai ini terbuat dari bahan kaca tempered schott yang tahan terhadap suhu, kuat dan tahan benturan. Desainnya simpel dengan warna hitam berkilau yang dapat memberikan kesan elegan pada dapur Anda.

Rinnai RB-713N GB ini juga dilengkapi dengan sistem pengapian satu tangan, adaptor wajan, pembakar cincin ganda bersegel, kepala pembakar besi enamel, badan pembakar cetakan aluminium, pengapian baterai, dan juga penyangga panci baja.

Adapun untuk ukuran 770 x 452 x 122.6 mm, bodi-nya kokoh, serta memiliki kekuatan api 2.9 – 1.3 – 2.9 kW. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kompor gas tanam ini di Shopee.

9. Kompor Rinnai RB-773RO(G)

Desain elegan, modern dan nyaman saat digunakan

Kompor Rinnai RB-773RO(G) ini memiliki desain beveled edge, di mana terdapat tepi kompor yang memberikan kesan cantik dan elegan pada dapur Anda. Bagian knop terbuat dari bahan anti panas, kuat dan nyaman saat digunakan.

Selain itu, kompor ini memiliki tungku big burner yang dapat mendukung aktivitas memasak Anda lebih cepat. Untuk bodi kompor terbuat dari bahan tempered glass 8mm dan sudah dilengkapi dengan lifetime warranty untuk kaca kompor.

Sedangkan untuk mencegah tumpahan makanan, kompor ini sudah dilengkapi dengan sealed double ring burner yang anti karat dan mudah dibersihkan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kompor ini di Shopee.

8. Kompor Electrolux EHG7330BE

Solusi sempurna untuk kemudahan memasak

Kompor tanam model Ganar dari Electrolux ini bisa menjadi solusi terbaik untuk kebutuhan dapur Anda. Aktivitas memasak akan lebih sempurna dengan inovasi pada tombol pengendalian api yang memiliki fleksibilitas memutar hingga 225 derajat.

Selain itu, api kuat dengan efisiensi pemanasan terbilang tinggi, yakni 57 %. Sementara untuk bagian permukaan terbuat dari kaca tempered yang kuat dan mudah dibersihkan. Anda bisa membeli kompor ini di Shopee.

7. Kompor Gas Tanam Prima Cook

Hemat energi dan harganya terjangkau

Kompor tanam Prima Cook ini memiliki keunggulan seperti pembakaran sempurna, hemat LPG hingga lebih dari 30%dan aman saat digunakan. Selain itu, efektif menjaga peralatan memasak Anda agar tetap bersih atau tidak menghitam pada bagian permukaannya.

Kompor ini juga terbuat dari bahan berkualitas. Bagian bodi terbuat dari stainless steel yang kuat dan kokoh. Sementara bagian permukaannya terbuat dari bahan tempered glass yang mudah dibersihkan.

Yang menarik lagi adalah, harga yang ditawarkan terjangkau dan hemat di kantong. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kompor gas tanam ini di Shopee.

6. Kompor Modena BH 1735

Desain minimalis dan berkualitas

Kompor gas tanam desain minimalis ini memiliki ukuran 730 x 420 x 95 mm dengan berat 17 kg. Terbuat dari material berkualitas tempered glass top plate yang kuat dan mudah dibersihkan.

Selain itu, kompor ini memiliki fitur gas safety technology yang mampu menghentikan aliran gas ke tungku pada saat tungku kompor sengaja padam. Sehingga dapat memberikan keamanan sekaligus kenyamanan saat Anda menggunakannya.

Belum lagi fitur menarik lainnya seperti eco gas system, one hand ignition, cast iron grid, ignition power with battery, 1 wok adaptor, feet dan extra nozzle for natural gas. Anda bisa membeli kompor gas tanam 3 tungku ini di Shopee.

5. Kompor Winn Gas W999

Memasak lebih cepat dan hemat

Winn Gas W999 ini memiliki dua buah pengapian yang berukuran sedang dan satu mini stove. Ketiga tungku tersebut dapat digunakan secara bersamaan, sehingga membuat proses memasak menjadi lebih cepat dan efisien.

Selain itu, desainnya dapat membuat tampilan dapur Anda terlihat lebih cantik dan elegan. Belum lagi fiturnya yang sudah dilengkapi dengan pemantik otomatis serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Adapun untuk material terdiri atas top glass tempered, plat stainless steel, karet kaki dan knob stainless steel. Sementara untuk ukuran 76 x 44 x 8 cm dan berat 150 kg. Anda bisa membeli kompor ini di Shopee.

4. Kompor Beko HISW 93225 SOB

Memiliki tingkat keamanan yang tinggi

Kompor gas ini sudah dilengkapi dengan fitur pemutus gas otomatis yang mendeteksi api saat panci terlalu panas atau saat terkena hembusan angin. Sehingga memiliki keamanan tingkat tinggi tanpa khawatir terjadi adanya kebocoran gas.

Dengan fitur tersebut, tentu Anda akan merasa lebih tenang saat meninggalkan rumah. Selain itu, kelebihan Beko HISW 93225 SOB ini adalah terbuat dari material berkualitas, desain elegan dan mudah dibersihkan.

Sedangkan untuk ukuran kompor 14.4 x 86 x 45 cm dan berat 18.5 kg. Anda bisa membeli kompor gas tanam 3 tungku ini di Shopee.

3. Kompor Teka GK LUX 60 3G

Aman dan tahan lama

Kompor tanam dari brand Teka memiliki 3 tungku gas, yakni 1 tungku api turbo ring (4800 W) 1 tungku api sedang (3100 W) 1 tungku api kecil (2000 W). Kompor ini juga dilengkapi dengan pemantik otomatis baterai 1.5 V.

Selain itu, desain mewah dan terbuat dari material kaca tempered dengan ketebalan 8mm yang kuat dan tahan terhadap panas. Sementara untuk ukuran dimensi kompor ini 60 x 52x 15cm. Anda bisa membelinya di Shopee.

2. Kompor Rinnai RB-3SS-C-SB

Simpel, praktis dan modern

Rinnai Grande Series RB-3SS-C(SB) ini memiliki bodi terbuat dari bahan schott glass yang kuat, tahan karat dan tahan lama. Desainnya pun mewah dengan warna sparkling black yang cocok digunakan untuk dapur Anda di rumah.

Selain itu, kompor ini juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang tinggi dan terdapat safety child lock untuk menghindarkan kebocoran gas akibat knob yang dimainkan anak-anak.

Adapun untuk ukuran 880 x 520 x 131 mm. Sedangkan kekuatan api kompor Rinnai RB-3SS-C-SB,yakni 3.5 – 2.0 – 3.5 kW. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kompor gas tanam ini di Shopee.

1. Kompor Modena BH 3930 Plano

Canggih dan hemat gas

Kompor dari Modena ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan dapur Anda. Memiliki desain flush, di mana permukaan kompor rata dengan meja sehingga lebih mudah ketika memindahkan piranti masakan.

Kompor ini juga dilengkapi fitur keamanan tingkat tinggi dengan sensor otomatis yang bisa menutup aliran gas ketika api padam. Kemudian, panas yang dihasilkan juga maksimal, serta memiliki api biru yang merata sehingga lebih hemat gas.

Selain itu, memiliki fitur sistem one hand ignition yang memudahkan Anda saat menyalakan kompor. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kompor ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kompor gas tanam 3 tungku, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting seperti dimensi, fitur keamanan, material, ring burner dan juga mereknya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawatnya agar kompor lebih awet dan nyaman saat digunakan.
  • Anda bisa memilih kompor Rinnai RB-713N GB, karena modelnya simpel, kuat dan kokoh. Selain itu, kompor gas tanam ini sudah dilengkapi berbagai macam fitur yang memudahkan Anda saat memasak.
  • Jika Anda ingin kompor gas tanam yang berkualitas dan terbaik, serta memiliki fitur keamanan yang tinggi, maka Anda bisa memilih Modena BH 3930 Plano.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin kompor gas tanam 3 tungku dengan desain mewah dan terbuat dari material yang kuat dan tahan lama, Anda bisa memilih kompor tanam Teka GK LUX 60 3G.

Referensi

  1. Kristen Hicks (2016), How to Choose the Best Cooktop, https://learn.compactappliance.com/cooktop-buyers-guide/
  2. Modena, Crista – BH 1735,https://www.modena.co.id/detail-1-12-646.php
  3. Sushmita Sen (2019), The Advantages & Disadvantages of a Gas Stove, https://indiasglobalkitchen.in/advantages-disadvantages-of-a-gas-stove/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Alat Dapur Kompor Gas Winn Gas



Artikel Terkait