Cek Resi

Belanja Diabetes Kesehatan
11 August 2021

10 Rekomendasi Gula Rendah Kalori untuk Penderita Diabetes

By Cekresi .com

Menghindari makanan atau minuman yang mengandung gula memang bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan. Karenanya, tidak heran apabila banyak penderita diabetes yang kemudian menjadikan gula rendah kalori sebagai alternatif mereka agar tetap dapat mengonsumsi makanan dan minuman manis tanpa khawatir gula darah melonjak naik.

Untuk itu, kami akan menyajikan beberapa rekomendasi gula rendah kalori untuk penderita diabetes lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai manfaat gula rendah kalori dan cara memilihnya

Mengenal beberapa manfaat mengonsumsi gula rendah kalori

Gula rendah kalori menjadi solusi tepat bagi Anda yang menderita diabetes, karena gula ini mengandung kalori yang rendah bahkan nol. Akan tetapi, hal ini bukan berarti bahwa Anda boleh dengan bebas mengonsumsi makanan apa pun asalkan mengenakan gula rendah kalori.

Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Karena, bisa jadi makanan tersebut memang berkalori tinggi meskipun Anda sudah memakai gula rendah kalori.

Saat ini sudah ada banyak sekali produk gula rendah kalori yang telah terjual dipasaran. Namun sebagai smart buyer, Anda harus tepat dalam memilih produk yang aman dan mengandung bahan yang tidak membahayakan bagi penderita diabetes.

Layaknya gula pasir (sukrosa) yang biasa Anda konsumsi, gula rendah kalori ini memberikan rasa yang tidak jauh berbeda, hanya saja lebih sehat dan sedikit lebih manis. Gula ini juga digunakan dalam berbagai olahan makanan atau minuman.

Gula rendah kalori juga memberikan kesempatan bagi penderita diabetes untuk menikmati makanan dan minuman tanpa mengorbankan rasa. Tidak seperti gula sukrosa, gula rendah kalori tidak mengandung karbohidrat sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

Selain itu, gula rendah kalori juga memungkinkan Anda untuk memanjakan diri dengan makanan manis tanpa khawatir timbul permasalahan pada gigi. Sehingga beberapa produk gula rendah kalori aman dikonsumsi oleh anak-anak.

Perhatikan bahan yang digunakan

Kebanyakan orang cenderung berpikir bahwa semua gula rendah kalori adalah buatan. Namun, faktanya banyak juga yang mengandung bahan alami dari tumbuhan atau buah-buahan.

Akan tetapi, tidak semua pemanis alami maupun buatan baik bagi penderita diabetes. Karenanya, berikut kami sajikan beberapa bahan pemanis rendah kalori yang baik untuk penderita diabetes, diantaranya :

  • Stevia

Dikenal sebagai pemanis alami rendah kalori, Stevia terbuat dari tanaman Stevia rebaudiana yang banyak tumbuh di Paraguay dan Brasil.

Stevia ini dibuat dengan mengekstrak senyawa kimia yang disebut steviol glikosida dari daun tanaman ini. Pemanis ini bebas kalori dan tidak menaikkan kadar gula darah. Namun, seringkali lebih mahal daripada pengganti gula lainnya yang ada di pasaran.

  • Tagatose

Meski dihasilkan dari proses kimiawi, Tagotase yang termasuk dalam golongan fruktosa ini dinyatakan 90 persen lebih manis dari sukrosa.

Meski sedikit asing, bahan ini sebenarnya banyak ditemukan pada beberapa buah, seperti apel, jeruk, dan nanas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tagotase memiliki indeks glikemik (Gl) rendah, dimana glikemik ini berperan dalam meningkatkan kadar gula darah.

  • Sukralosa

Alternatif pemanis alami lain ialah Sukralosa. Pemanis ini termasuk pemanis alami paling populer yang terbuat dari sukrosa. Pemanis alternatif ini tahan panas, sedangkan banyak pemanis buatan lainnya kehilangan rasa pada suhu tinggi.

  • Aspartam

Tidak seperti Sukralosa, Aspartam bukanlah pengganti gula yang baik untuk diolah. Karena pemanis ini akan rusak ketika berada pada suhu tinggi, sehingga kebanyakan orang hanya menggunakannya sebagai tambahan pada makanan dan minuman dingin.

  • Asesulfam kalium

Asesulfam kalium atau Ace-K adalah pemanis buatan yang memiliki rasa 200 kali lebih manis dari gula sukrosa. Pemanis ini juga memiliki sedikit rasa pahit, sehingga seringkali dipadukan dengan pemanis lain untuk melawan sisa rasa pahitnya.

  • Sakarin

Sebagai pemanis buatan yang cocok untuk penderita diabetes, Sakarin mengandung nol kalori yang 200-700 kali lebih manis dari gula sukrosa. Pemanis ini tahan pada suhu tinggi, akan tetapi tidak baik dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui.

  • Neotame

Pemanis buatan satu ini memiliki tingkat kemanisan paling tinggi, yaitu 7.000 – 13.000 kali lebih manis dari gula sukrosa. Pemanis ini bahkan mampu bertahan di suhu yang tinggi, sehingga cocok digunakan sebagai tambahan dalam olahan masakan.

Pertimbangkan kandungan kalorinya

Setelah mengetahui bahan-bahan yang bagus untuk produk pengganti gula, berikutnya Anda juga harus mempertimbangkan kandungan kalorinya. Hal ini menjadi poin penting yang sangat menentukan dalam memilih produk gula yang aman bagi penderita diabetes.

Anda bisa membaca dan memperhatikan informasi kandungan kalori yang ada pada label kemasan, dan pastikan Anda telah memilih kandungan kalori yang sangat rendah bahkan nol kalori sebelum Anda membeli produk tersebut.

Perhatikan harga yang ditawarkan

Beberapa produk gula rendah kalori memang memiliki harga yang sedikit lebih mahal dari gula biasanya. Hal ini wajar karena kandungan bahan yang digunakan pada gula rendah kalori lebih kompleks dan melalui proses yang panjang.

Sehingga, apabila Anda menemukan produk gula rendah kalori dengan harga yang lebih murah, maka Anda harus lebih waspada lagi terhadap bahan yang dikandungnya.

Pertimbangkan rasanya

Beberapa pengganti gula seperti Stevia dan Asesulfam kalium, memiliki rasa pahit yang mungkin tidak menyenangkan bagi beberapa orang. Sehingga, beberapa produsen menggunakan bahan tambahan untuk mengurangi rasa pahit tersebut.

Namun sebagai pembeli yang cerdas, pastikan bahwa Anda memilih produk yang memiliki rasa nikmat. Kalau pun berasal dari bahan yang sedikit mengandung rasa pahit, pastikan produk tersebut tidak ditambahkan bahan kimia atau pemanis lain yang justru mengurangi manfaat nutrisi.

10 Rekomendasi gula rendah kalori untuk penderita diabetes

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang gula rendah kalori lengkap dengan cara memilihnya, maka selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi gula rendah kalori untuk penderita diabetes dari berbagai merek berikut ini.

10. Diasweet Sweetener Stevia

Harga : 15.000

Praktis dalam penggunaannya, mudah larut, tidak berwarna, dan tidak berbau

Sebagai sediaan pemanis alami yang rendah kalori, Diasweet hadir dengan varian terbarunya yaitu Diasweet Stevia. Sesuai dengan namanya, Diasweet Stevia ini terbuat dari ekstrak daun stevia.

Kandungannya yang alami dengan kadar kalori yang rendah, membuat produk ini cocok Anda gunakan sebagai alternatif pengganti gula dalam makanan atau minuman. Terutama bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, karena produk dari Diasweet ini tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah naik.

Tiap sachet Diasweet Stevia memberikan rasa manis setara dengan dua sendok teh gula. Anda dapat membeli produk dari Diasweet ini di Shopee.

9. Nulife Sweetener

Harga : Rp 29.590

Pemanis pengganti gula yang diolah dari tebu

Produk pemanis rendah kalori selanjutnya ialah Nulife Sweetener, produk ini berasal dari tebu dan mengandung sukralosa. Sehingga, aman dikonsumsi dan menjadi pilihan terbaik untuk gaya hidup sehat Anda.

Selain memberi rasa manis, Nulife Sweetener juga menambah kelezatan pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Produk ini tahan panas, tidak pahit, serta tidak memberikan efek samping apapun. Anda dapat membeli Nulife Sweetener ini di Shopee.

8. Big Tree Farms Organic Brown Coconut Sugar

Harga : Rp 85.000

Memiliki rasa karamel yang lembut mirip dengan gula merah

Jenis gula rendah kalori yang satu ini terbilang cukup unik, karena terbuat dari gula aren kelapa. Gula ini biasa dijadikan sebagai alternatif sehat untuk pemanis fruktosa tinggi dan gula tebu olahan dengan kandungan kalori 20 kkal.

Selain itu, Organic Brown Coconut Sugar mengandung nutrisi yang tinggi dengan kandungan glikemik yang rendah, yaitu sekitar 35. Gula ini bebas gluten dan kosher, serta mudah larut dalam air

Produk gula ini dikemas dalam kantong yang dapat ditutup kembali, sehingga memudahkan Anda saat menyimpannya kembali. Anda dapat membeli Organic Brown Coconut Sugar ini di Shopee.

7. Sugalife Natural Sugar

Harga : Rp 53.000

Gula Sehat tanpa kalori inovasi dari Jepang

Sebagai produk gula yang aman untuk penderita diabetes, Sugalife menghadirkan inovasi gula sehat yang tidak mengandung kalori sedikitpun. Sehingga, sudah tentu aman untuk menjaga kadargula darah Anda.

Sugalife mengandung gula kayu Xilosa dengan ekstrak tumbuhan Stevia. Gula kayu xilosa itu sendiri berasal dari hemiselulosa berbagai tumbuhan, seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat. Sehingga gula ini memiliki rasa manis yang nikmat.

Selain itu, gula kayu ini tidak dimetabolisasi di tubuh manusia. Ketika dikonsumsi, gula ini akan melewati sitem pecernaan, sehingga kemudian akan keluar melalui air seni tanpa berubah sifatnya. Anda bisa membelinya di Shopee.

6. Diabetamil Sweetener

Harga : Rp 18.000

Tidak mengandung kalori dan tidak menimbulkan after taste pahit di lidah

Tidak jauh berbeda dengan Sugalife, Diabetamil Sweetener juga memberikan gula kualitas terbaik bagi penderita diabetes dengan tidak adanya kandungan kalori dalam gula tersebut.

Gula ini memang dibuat dengan tujuan agar dapat mencegah diabetes, mengontrol asupan kalori, serta menjaga agar badan tetap ideal. Sehingga, bagi Anda yang tidak ingin kehilangan momen menikmati minuman panas manis kesukaannya meski sedang diet, maka mulai beralihlah dengan Diabetamil Sweetener.

Meskipun tanpa kandungan kalori, gula ini tidak menimbulkan rasa pahit di lidah dan juga tidak memengaruhi rasa manis pada minuman panas Anda, seperti teh atau kopi, karena kestabilannya pada suhu tinggi. Anda dapat membeli Diabetami Sweetener ini di Shopee.

5. Tropicana Slim Stevia

Harga : Rp 73.000

Membantu mengontrol asupan gula harian

Bagi Anda penderita diabetes, Anda dapat mencoba merasakan manisnya dari Tropicana Slim Stevia. Karena produk ini bebas gula, dan juga mengandung nol kalori. Sehingga selain bisa mendukung program diet, produk ini juga cocok untuk penderita diabetes dalam menjaga kadar gula darah.

Dengan kandungan nol kalori, Tropicana Slim Stevia ini dapat memberikan rasa manis yang sehat untuk berbagai jenis minuman Anda. Cara penyajiannya juga cukup mudah, untuk 1 sachet Tropicana Slim Stevia setara dengan 2 sendok teh gula pasir. Anda bisa membelinya di Shopee.

4. Equal Classic Sweetener Sticks

Harga : Rp 57.000

Memberikan rasa manis yang bebas kalori

Produk gula rendah kalori satu ini terbilang cukup unik, karena memiliki bentuk kemasan seperti stik. Selain itu, dengan kombinasi berbagai bahan yang menjadi satu membuat produk ini menghasilkan cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan gula asli.

Rasa ini merupakan rasa yang tidak biasa Anda temukan pada produk gula rendah kalori lainnya, karena tidak semua pengganti gula ini bisa dibuat sama dengan aslinya.

Equal Classic Sweetener Sticks tidak mengandung kalori, lemak, natrium atau pun karbohidrat. Sehingga menjadikannya sebagai alternatif gula yang ideal bagi penderita diabetes maupun mereka yang sedang menjalankan diet. Anda bisa membelinya di Shopee.

3. Thermolyte Diet Sugar

Harga : Rp 22.500

Mengandung gula tebu (Sukrosa) yang diolah menjadi gula bebas kalori (Sokralosa)

Kebanyakan dari Anda tentu sudah tak asing lagi bukan dengan produk satu ini.Produk ini memang sudah familiar di telinga kita karena sering muncul di iklan-iklan televisi dengan pemaparan kualitasnya yang banyak menarik perhatian.

Thermolyte Diet Sugar menjadi pilihan bagi Anda yang sedang menjalankan program diet rendah kalori maupun bagi penderita diabetes dalam menjaga kadar gula darahnya. Karena gula ini mengandung bahan-bahan alami yang bebas kalori.

Selain itu, keunggulan lain dari produk ini ialah aman dikonsumsi untuk segala usia dari anak-anak, dewasa, lanjut usia, hingga wanita hamil dan menyusui. Anda dapat membeli Thermolyte Diet Sugar ini di Shopee.

2. Tropicana Slim Sweetener Lemon-C

Harga : Rp 20.500

Pemanis lebih rendah kalori dengan madu

Sebagai salah satu produk dari Tropicana Slim, gula ini tentu mempunyai manfaat dalam membantu menjaga kadar gula darah diabetisi agar tetap normal. Namun yang membedakan, gula ini memiliki cita rasa perpaduan antara manisdan sedikit masam dari jeruk lemon, sehingga menghasilkan sensasi segar pada minuman.

Adanya kandungan vitamin C yang berasal dari buah lemon tersebut, membuat gula ini selain bisa mengontrol kadar gula dalam darah, gula ini juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Anda bisa membeli produk dari Tropicana Slim ini di Shopee.

1. Diabetasol Zero Calorie Sweetener

Harga : Rp20.890

Tidak mengandung kalori dan menggunakan pemanis sukrolosa

Mirip dengan namanya, Diabetasol merupakan merek untuk produk yang diformulasikan khusus bagi penderita diabetes melitus. Jenis produk Diabetasol diantaranya ialah susu formula, UHT, dan gula.

Sebagai pengganti rasa manis dari gula, Diabetasol menghadirkan produk Diabetasol Zero Calorie Sweetener ini. Produk tersebut tidak mengandung kalori dan menggunakan pemanis dari sukrolosa, sehingga aman bagi penderita diabetes.

Layaknya gula pasir, Diabetasol Zero Calorie Sweetener ini ditambahkan pada makanan atau minuman untuk menghasilkan rasa manis yang sehat. Anda bisa membeli gula Diabetasol ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Manfaat mengonsumsi gula rendah kalori yaitu, memberikan rasa manis yang sehat, serta menstabilkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes.
  • Ketika membeli gula rendah kalori sebaiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu jenis bahan, kandungan kalori, harga, hingga cita rasanya.
  • Anda bisa membeli Equal Classic Sweetener Sticks, karena memiliki tampilan yang unik dan juga kualitas rasa hampir sama dengan gula asli.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih Big Tree Farms Organic Brown Coconut Sugar, karena gula ini memiliki rasa yang unik dari gula aren kelapa.
  • Namun, jika Anda ingin mencari gula dengan rasa yang lebih menyegarkan, maka Anda bisa memilih gula dari Tropicana Slim Sweetener Lemon-C.

Referensi

1. IFT (2016), Fact About Low-Calorie Sweeteners, https://www.ift.org/career-development/learn-about-food-science/food-facts/low-calorie-sweeteners
2. Medical News Today (2019), What Are The Best Sweeteners For People With Diabetes?, https://www.medicalnewstoday.com/articles/323469#considerations



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Diabetes Kesehatan



Artikel Terkait