Cek Resi

Belanja
24 December 2020

10 Mouse Terbaik untuk PC dan Laptop

By Cekresi .com

Mouse merupakan salah satu aksesoris komputer yang bisa membuat Anda lebih produktif daripada Anda hanya mengandalkan touchpad saja. Mouse juga dapat mendukung game Anda menjadi semakin lebih imersif.

Secara umum, mouse ada dua macamyaitu berkabel dan nirkabel. Masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri-sendiri. Namun pilihan tetap pada Anda, di mana antara spesifikasi mouse dan fungsi bisa Anda sesuaikan dengan kebututan yang Anda inginkan.

Untuk kebutuhan pekerjaan dengan mobilitas, Anda bisa memilih mouse nirkabel yang mudah di bawa kemana-mana, lebih praktis, dan simpel. Sedangkan bagi gamers, mouse berkabel masih menjadi favorit, karena selain ergonomis juga menawarkan kinerja yang tinggi serta tahan lama.

Karena itu, kami akan menyajikan beberapa mouse terbaik untuk PC dan laptop, baik yang berkabel atau nirkabel dari berbagai merek sertaulasannya. Namunsebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai mouse dan cara memilihnya.

Pilih jenis mouse yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Secara umum, mouse dilengkapi dengan tiga tombol standar, di mana roda gulir berfungsi sebagai tombol ketiga yang dapat digunakan untuk menjalankan pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Namun untuk tugas tertentu, Anda perlu mouse yang dirancang secara khusus.

Saat memilih mouse, pastikan Anda memperhitungkan kebutuhan saat Anda ingin menggunakannya. Untuk masyarakat secara umum, bisa menggunakan mouse dengan dukungan gerakan touchpad.

Sedangkan, bagi para desainer yang mementingkan kenyamanan serta presisi, mungkin mouse jenis laser yang ergonomis bisa menjadi pilihan terbaik.

Namun, untuk para gamer, mouse dengan kemampuan stabilitas yang tinggi, andal serta memiliki daya tahan patut diperhitungkan. Biasanya mouse jenis optik berkabel akan menjadi pilihan utama bagi gamers.

Perhatikan kualitas baterai ketika Anda memilih mouse nirkabel

Manfaat utama mouse nirkabel adalah kenyamanan. Anda tidak perlu ribet lagi tentang kabel, lebih praktis dan nyaman digunakan. Jangkauan nirkabel juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mouse berkabel.

Mouse nirkabel biasanya menggunakan teknologi Radio Frequency (RF), seperti bluetooth. Anda bisa menghubungkan mouse ke PC atau laptop dengan mudah tanpa perlu dongle USB selama perangkat Anda mendukung bluetooth dengan standar spesifik seperti pada mouse yang Anda miliki.

Sedangkan jika perangkat Anda tidak mendukung hal itu, Anda tidak perlu khawatir, karena mouse nirkabel RF biasanya sudah dilengkapi dengan adaptor yang dapat dihubungkan ke PC atau laptop Anda.

Yang patut Anda perhatikan adalah kualitas baterai yang digunakan. Biasanya mouse dengan harga terjangkau menggunakan satu atau dua baterai AAA untuk beroperasi. Dan, Anda harus menggantinya ketika baterai habis atau rusak.

Tetapi ketika Anda memilih mouse dengan harga yang sedikit lebih mahal dan memiliki baterai bawaan yang dapat diisi ulang, tentu akan membuat Anda lebih nyaman saat menggunakannya. Anda hanya perlu mengisi daya kembali dengan melakukan charge ulang saat baterai habis.

Perhatikan fitur ergonomis dan sesuaikan dengan tingkat kenyamanan Anda

Mouse ergonomis dirancang agar pas di tangan sehingga bisa mengurangi ketegangan pada jari dan pergelangan tangan Anda. Selain itu, mouse juga dilengkapi dengan tombol ekstra yang mudah dijangkau oleh digit jari Anda.

Kenyamanan ini sebenarnya juga bergantung pada banyak kondisi, termasuk jenis genggaman yang mungkin Anda sukai. Beberapa orang suka memegang mouse dengan datar, sementara yang lain lebih suka pegangan yang lebih mirip cakar.

Perhatikan ukuran dan desain mouse

Selain ergonomis, Anda juga patut memperhitungkan ukurannya. Ukuran adalah faktor ketika datang untuk kenyamanan, dan sementara banyak mouse datang dalam versi tangan kanan dan kiri, tidak semua melakukannya. Pastikan ukuran yang Anda pilih sesuai dengan kenyamanan saat Anda menggunakannya.

Selain itu perhatikan desainnya, beberapa desain mouse yang lebih rata mungkin tidak berfungsi untuk semua orang, namun beberapa produk telah menyiasatinya dengan cerdik. Seperti desain mouse yang dibuat melengkung ke dalam bentuk apa pun sehingga lebih nyaman saat menggunakannya.

Cara memilih mouse berdasarkan DPI

Depth per inci (DPI) adalah ukuran seberapa sensitif sebuah mouse. Memiliki mouse dengan DPI yang lebih tinggi dapat memberikan kecepatan kursor lebih cepat, sedangkan DPI yang lebih rendah akan menghasilkan kontrol yang lebih halus dan lebih akurat.

Beberapa mouse yang berkualitas biasanya memiliki pengaturan kecepatan DPI yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Untuk mudahnya, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih mouse berdasarkan DPI :

  • Untuk masyarakat umum sebagai pengguna normal, maka Anda tidak perlu khawatir tentang DPI sama sekali.
  • DPI tinggi sangat bagus untuk tampilan resolusi tinggi atau pengaturan multi-monitor. Ini memungkinkan Anda untuk melintasi layar lebih cepat.
  • Untuk bermain game, DPI tinggi memungkinkan Anda bertindak dan bereaksi lebih cepat. Sedangkan, DPI yang lebih rendah memberi Anda kontrol dan presisi yang lebih besar. Gamersbiasanya membutuhkan mouse dengan pengaturan DPI yang dapat disesuaikan.
  • Sedangkan untuk pengguna Photoshop atau aplikasi lain yang membutuhkan tingkat presisi tinggi, DPI yang lebih rendah bisa menjadi pilihan terbaik.

10 Mouse terbaik untuk PC dan laptop

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang mouse lengkap dengan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi mouse terbaik untuk PC dan laptop dari berbagai merek berikut ini:

10. Logitech MX Anywhere 2S

Membuat aktivitas Anda menjadi lebih mudah dan nyaman

Untuk Anda yang menggunakan komputer lebih dari dua, Logitech MX Anywhere 2S bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda. Karena mouse ini memiliki kemampuan menggerakkan kursor menjadi semakin mudah, baik untuk copy paste teks, gambar, dan file sari satu komputer ke kompter lainnya.

Performa yang dihasilkannya pun sangat baik, karena sudah dilengkapi dengan sensor yang bahkan bisa dengan mulus digunakan di atas kaca, sehingga mouse ini bisa Anda digunakan di mana pun dalam kondisi permukaan apa pun.

Kelebihan lainnya, desain ringkas, andal, dan kemampuan baterai yang bisa bertahan hingga 70 hari untuk pengisian penuh. Anda dapat membeli mouse ini di Shopee.

9. Microsoft Pro Intellimouse

Kinerja tinggi dan cocok untuk bermain game

Microsoft Pro Intellimouse terbukti mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya review yang mengulas mengenai kecepatan, responsif, presisi, dan daya tahan dari produk ini.

Produk dari microsoft ini sangat efektif digunakan untuk membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja Anda. Mouse ini dapat membantu Anda menyelesaikan tugas lebih cepat, terutama tugas yang menuntut menggunakan dua tombol dengan ibu jari yang disesuaikan dan klik tengah.

Mouse ini juga cocok digunakan untuk para gamers yang menginginkan kecepatan dan presisi yang tinggi. Selain itu, daya tahan yang tinggi serta desain ergonomisnya akan memberikan kenyamanan untuk Anda bermain game meskipun berjam-jam lamanya. Anda dapat membeli mouse ini di Shopee.

8. HP USB Fingerprint Mouse 4TS44AA

Memberikan kenyamanan dan keamanan

HP USB Fingerprint Mouse 4TS44AA dilengkapi dengan sensor sidik jari yang dapat memberikan keamanan untuk privasi Anda. Sensor tersebut dapat digunakan untuk log in di sistem operasi Windows melalui Windows Hello, sehingga Anda tidak perlu PIN atau password lagi ketika menggunakannya.

Mouse berkabel yang menggunakan antar muka port USB ini juga menggunakan laser performa tinggi serta hyper-fast scrolling yang dapat melakukan perpindahan dari satu halaman ke halaman lain menjadi lebih cepat dan nyaman.

Selain itu, desain ergonomis dan nyaman digunakan baik dengan tangan kanan atau pun kiri. Dan, terdapat Scroll Wheel yang bisa Anda fungsikan sebagai tombol ketiga. Anda dapat membeli mouse ini di Bhinneka.

7. Apple Magic Mouse 2

Membuat tampilan lebih elegan dan keren

Mouse dari Apple berwarna space grey ini sudah dilengkapi dengan teknologi nirkabel yang membuat Anda tidak perlu repot-repot lagi mencolokkan mouse ke port USB. Anda hanya perlu mengisi ulang atau rechargeable saat baterainya akan habis.

Selain itu, bentuknya slim dan bobotnya ringan sehingga memungkinkan Anda lebih mudah saat bernavigasi dengan mulus, cepat, dan tepat. Belum lagi kabel lightning dari produk ini yang bisa Anda gunakan untuk charge baterai, serta koneksinya yang mudah saat dihubungkan dengan perangkat Apple Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli mouse ini di Shopee.

6. Mouse Lenovo N700

Memberkan kemudahan dan kenyamanan

Mouse Lenovo N700 dilengkapi dengan koneksi Wireless 2.4 GHz yang stabil sehingga Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan PC atau laptop yang tidak memiliki dukungan bluetooth.

Sedangkan untuk perangkat yang sudah terdapat teknologi nirkabel bluetooth, Anda tidak perlu lagi memasukkan Nano USB Receiver. Segalanya membuat mouse lebih mudah dan lebih praktis saat terhubung dengan PC atau laptop Anda.

Selain itu, sensitivitas tombol dari mouse ini sangat luar biasa dan memudahkan Anda saat melakukan scroll ataupun swipe. Dan yang menarik adalah, mouse ini bisa Anda gunakan sebagai Pointer Laser saat presentasi. Anda dapat membeli mouse ini di Lazada.

5. MicroPack MP-721W

Canggih dengan harga terjangkau

Mouse nirkabel 2,4 GHz ini dilengkapi dengan teknologi double lens dengan resolusi tinggi 1200 dpi sehingga memungkinkan Anda lebih mudah dan nyaman saat Anda memindahkan kursor pada layar komputer.

Produk dari MicroPack ini juga dilengkapi dengan penerima USB nano yang dapat digunakan pada permukaan apa pun. Selain itu, jangkauannya bisa mencapai hingga 10 meter. Anda dapat membeli mouse ini di Lazada.

4. Mouse Dell WM527

Cocok digunakan di mana saja

Mouse Dell WM527 dilengkapi dengan laser yang memiliki akurasi 1600 DPI sehingga memungkinkan Anda bisa memakainya di mana saja, bahkan atas kaca sekali pun. Bentuknya ringkas dan praktis, cocok dipakai untuk Anda yang sering bepergian.

Mouse ini sudah didukung konektivitas nirkabel wireless 2.4 GHz dan bluetooth LE yang nyaman digunakan untuk PC atau pun laptop Anda. Selain itu, mouse ini terbuat dari bahan berkualitas, kuat, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Dan, yang menarik adalah mouse ini memiliki 5 tombol yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat membeli mouse ini di Shopee.

3. Rexus Titanix TX10

Spesial untuk para gamers sejati

Rexus hadir dengan produknya yang indah dan unik. Memiliki desain LED RGB full spectrum cahaya hingga 16 juta warna yang cocok digunakan untuk para gamers. Mouse Titanix TX10 juga dilengkapi dengan kabel konektor USB berlapis emas, serta memory on board untuk menyimpan peranti lunak.

Selain itu, juga memiliki kecepatan rata-rata per frame 4000 fpsdan kecepatan gerak 30 ips yang memungkinkan Anda lebih mudah dan nyaman saat bermain game. Andabisa membeli mouse ini di Lazada.

2. Powerlogic GMX7

Performa tinggi dan nyaman

Powerlogic GMX7 merupakan salah satu jenis mouse untuk gaming yang menawarkan kecepatan dan kenyamanan. Dilengkapi dengan 7 tombol mouse optik yang dapat Anda gunakan untuk kemudahan saat bermain game.

Selain itu, memiliki pad kaki teflon yang berkualitas dengan frame rate 4500 fps yang membuat akselerasi bermain game Anda semakin menantang dan enjoy. Dan tidak lupa, mouse ini kompatibel dengan Window XP, Window Vista, Wondow 7, dan Window 8. Anda dapat membeli mouse ini di Lazada.

1. Xiaomi Wireless Portable

Desain minimalis, ringan, dan tahan lama

Mouse dari Xiaomi ini terbilang istimewa karena terbuat dari material berkualitas terbaik, tidak mudah rusak dan tahan lama. Selain itu juga dilengkapi dengan fitur anti-fingerprint dan anti goresan halus.

Desain mouse dirancang minimalis dengan bentuk yang unik, ramping, namun tetap nyaman saat digunakan dalam genggaman tangan Anda. Mouse ini juga dilengkapi dengan dual mode coonection sehingga mudah terkoneksi dengan 2 buah komputer sekaligus. Dengan begitu, pekerjaan Anda semakin lebih mudah, cepat, dan praktis.

Tidak hanya itu, mouse ini juga efektif digunakan untuk bermain game karena memiliki sensor laser yang menggunakan photoelectric sensor sehingga bisa meningkatkan performa hingga 95%. Anda dapat membeli mouse ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli mouse, sebaiknya Anda memperhitungkan beberapa hal penting, seperti jenis mouse yang berkabel atau nirkabel, kualitas baterai, ergonomis, ukuran, serta desainnya.
  • Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan fitur pengaturan kecepatan DPI agar mouse yang Anda pilih sesuai dengan penggunaannya.
  • Anda bisa memilih Logitech MX Anywhere 2S, karena mouse ini memberikan kemudahan untuk berbagai aktivitas yang menggunakan komputer lebih dari dua. Selain itu, desain ringkas, andal, dan dilengkapi dengan kemampuan baterai yang bisa bertahan lebih lama.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan mouse dengan keamanan yang memberikan privasi khusus, Anda bisa memilih HP USB Fingerprint Mouse 4TS44AA.
  • Namun, jika Anda ingin mouse dengan harga yang lebih terjangkau dengan kualitasnya yang sangat baik untuk bermain game, maka Anda bisa memilih Rexus Titanix TX10.

Referensi

  1. RelianceDigital (2020), How To Choose A Mouse For Your Laptop, PC Or TV,https://www.reliancedigital.in/solutionbox/how-to-choose-a-mouse-for-your-laptop-pc-or-tv/
  2. Andy Betts (2018), The Computer Mouse Guide: 8 Things to Know When Buying a Mouse, https://www.makeuseof.com/tag/8-things-know-replace-crappy-10-mouse/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja



Artikel Terkait