Cek Resi

Belanja
24 July 2020

10 Handphone Jadul untuk Bangkitkan Nostalgia

By Cekresi .com

Di masa serba teknologi seperti saat ini, rasanya handphone sudah bukan menjadi barang aneh dan mewah lagi. Wajar saja, hampir semua orang sudah memiliki handphone. Baik yang kelas tinggi maupun biasa.

Namun, ingatkah Anda kapan pertama kali Anda memiliki handphone? Mungkin sudah cukup lama. Itu pun belum secanggih sekarang. Untungnya, saat ini sudah banyak yang kembali menjual handphone model jadul yang dapat membangkitkan kenangan Anda.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi handphone jadul dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai handphone serta cara perawatannya.

Mengenal jenis dan karakteristik handphone jadul

Secara umum, chipset android memiliki tiga jenis. Pertama, low phone yang memiliki ketahanan body luar biasa. Kedua, feature phone yang sudah dilengkapi fitur kamera dan internet. Ketiga, smartphone yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi.

Selain digunakan untuk bernostalgia, handphone jadul juga dapat digunakan untuk berkomunikasi. Hal ini tidak lepas dari karakter handphone jadul yang kecil dan mudah di bawa ke mana saja sehingga banyak masyarakat yang menggemarinya.

Anda bisa memilih feature phone. Karena jenis ini sudah memungkinkan Anda untuk menggunakan internet. Namun, untuk Anda yang ingin menggunakan handphone yang tahan banting, low phone bisa menjadi pilihan Anda.

Oleh karena itu, saat Anda memilih handphone jadul perhatikan peruntukan dan tujuan Anda menggunakannya. Apakah chipset hanya akan digunakan untuk bernostalgia atau untuk berkomunikasi seperti halnya handphone zaman modern.

Perhatikan body-nya

Layaknya membeli handphone pada umumnya, hal pertama yang dilihat adalah bagaimana body dari handphone tersebut. Apakah terdapat bekas lecet atau retak atau tidak. Tentu semuanya ingin membeli handphone dengan body mulus nan bersih bukan?

Apalagi bila yang dibeli adalah handphone jadul yang notabene keluaran lama. Bukan tidak mungkin terdapat bercak atau kerusakan pada body-nya. Jadi sebaiknya, periksalah terlebih dahulu kelayakan dari body handphone tersebut sebelum memutuskan membelinya.

Pastikan kualitas speaker dan mikrofonnya

Tidak sedikit orang yang memilih handphone jadul sebagai alat komunikasi. Karena handphone jadul diklaim memiliki ketahanan baterai yang lebih kuat dari handphone modern. Namun sebelumnya, pastikan dulu kualitas dari speaker dan mikrofonnya.

Apakah suara dari speakernya masih enak untuk didengar atau tidak, atau apakah mikrofonnya masih dapat digunakan untuk berbincang dengan lawan bicara. Apabila masih bagus, berarti Anda bisa membelinya.

Periksa kenyamanan keypad

Handphone modern seperti smartphone saat ini sudah mulai menggunakan keyboard qwertytouchscreen. Sementara handphone jadul, masih menggunakan keypad dengan keyboar ABC untuk pengetikannya.

Jadi sebelum membeli handphone jadul yang diinginkan, pastikan keypadnya masih empuk dan berfungsi dengan baik. Kalau ada yang rusak, handphone tersebut bisa saja menjadi tidak bisa digunakan lagi seperti seharusnya.

Perhatikan tempat membelinya

Saat ini, sudah cukup banyak toko online yang menjual produk handphone jadul. Anda bisa dengan mudah menemukannya di beberapa situs marketplace. Namun, perlu diingat bahwa belanja dengan system online memiliki risiko tersendiri.

Salah satu yang sering terjadi adalah penipuan. Di mana barang yang dikirim ternyata tidak sesuai keinginan. Untuk meminimalisir kemungkinan tersebut, pilihlah toko yang memiliki rating bagus dan terpercaya.

Cara merawat handphone jadul agar lebih awet

Agar handphone jadul Anda tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat handphone jadul:

  • Jangan pernah meletakkan handphone bersamaan dengan barang lain. Baik itu di dalam saku ataupun tas. Karena hal tersebut dapat memicu terjadinya pergesekan pada handphone sehingga membuat body-nya cepat lecet.
  • Sangat tidak dianjurkan untuk membongkar handphone jadul. Terutama bila Anda tidak mengerti tentang seluk beluk handphone tersebut atau sekadar iseng belaka. Perlu diingat, handphone jadul memiliki komponen yang cukup rapuh akibat termakan usia. Salah sedikit, maka handphone tersebut akan langsung mati dan rusak. Jadi, bila Anda tidak memiliki pemahaman khusus tentang handphone jadul, sebaiknya jangan coba-coba untuk membongkarnya.
  • Seperti handphone pada umumnya, handphone jadul juga tidak luput dari keberadaan debu dan kotoran. Debu dan kotoran yang menempel bisa membuat beberapa fitur pada handphone menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik. Misalnya, kamera yang menjadi buram atau keypad yang sulit ditekan. Karena itu, sebaiknya bersihkan pada kurun waktu tertentu secara teratur. Anda bisa meminta ahli atau membersihkan sendiri dengan menggunakan peralatan tertentu, seperti pompa debu, kain microfiber, serta obeng.
  • Perhatikan penggunaan baterai pada handphone. Bila dirasa sudah tidak digunakan, sebaiknya Anda melepas baterai tersebut agar aliran listrik tidak terus mengalir ke handphone. Namun, pastikan dahulu bahwa baterai tersebut tidak dalam kondisi kosong tanpa isi. Sebaiknya isi dahulu sekitar 50%-70%.
  • Perlu Anda ketahui, barang elektronik jenis apapun yang didiamkan dalam kondisi dingin atau tidak terpakai akan menjadi cepat rusak. Karena itu, meski merupakan handphone jadul, baiknya Anda menggunakannya minimal dua kali dalam seminggu agar performa mesin dan baterainya dapat tetap terjaga dengan baik.

10 Rekomendasi handphone jadul terbaik dengan harga murah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang handphone jadul lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi handphone jadul terbaik dengan harga murah berikut ini:

10. Nokia 5300 Express Music Red Slide

Model trendi dan canggih

Feature phone ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006. Kala itu, model handphone slide seperti ini memang terbilang sangat canggih. Karena sudah memiliki fitur kamera serta dapat digunakan untuk mendengarkan lagu.

Kamera pada handphone ini memiliki resolusi sebesar 1.3 MP, yang terbilang cukup besar pada masa itu. Selain itu juga sudah terdapat fitur Bluetooth serta Infrared yang memungkinkan Anda untuk berbagi file dengan pengguna lainnya.

Nokia 5300 Express Music ini memiliki memori internal berkapasitas 500 MB serta memori eksternal microSD dengan kapasitas hingga 2 GB. Anda bisa membeli handphone jadul ini di Shopee.

9. N-Gage

Untuk nostalgia masa gaming Anda

Siapa di sini yang dulunya suka bermain game? Kalau Anda merupakan penggemar game sejak masih usia dini, pastinya sudah tidak asing dengan handphone jadul satu ini kan. N-Gage memang identik dengan handphone gaming pada masanya.

Handphone dengan OS Symbian 6.1, Series 60 v1.0 UI ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003. Bentuknya yang unik serta dengan penggunaan keyboard qwerty membuat handphone ini banyak digemari, khususnya pecinta game handphone.

Meski tidak memiliki fitur kamera, N-Gage sudah bisa digunakan untuk browsing dan mendengarkan lagu MP3. Kapasitas memori internalnya pun juga cukup besar pada saat itu, yaitu sekitar 3.4 MB. Anda bisa membeli handphone jadul ini di Lazada.

8. Nokia E71

Sudah dilengkapi dengan fitur video call

Nokia termasuk salah satu brand yang amat popular pada masanya. Di mana brand tersebut tidak pernah henti memberikan inovasi terbarukan yang nantinya memberi pengaruh pada handphone modern saat ini.

Seperti pada Nokia E71 yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 ini. Handphone dengan diameter 114 x 57 x 10 mm serta berat 127 gram ini memiliki bentuk yang modern dan keren pada masanya.

Bahkan handphone ini sudah dilengkapi dengan fitur video call camera dengan 320p@15fps. Untuk kamera utamanya sendiri memiliki resolusi 3.15 MP. Anda bisa membeli handphone jadul ini di Shopee.

7. NOKIA E63

Kapasitas baterai yang besar untuk pemakaian lebih lama

Handphone satu ini pertama kali diperkenalkan pada November 2008. Sementara peluncurannya sendiri dilakukan satu bulan kemudian, yaitu Desember 2008. Nokia E63 ini amat terkenal karena memiliki fitur yang sudah lebih maju dibanding yang lainnya.

Handphone Symbian OS 9.2, Series 60 v3.1 UI ini memiliki fitur internet, Wifi, Voice command, hingga Document editor (Excel, Woerd, PowerPoint, dan PDF), termasuk Microsoft Office 2007 support via free update.

Soal baterai, tidak perlu diragukan lagi. Ya, handphone ini memiliki baterai Standard battery, Li-Po 1500 mAh (BP-4L) dengan waktu stanby hingga 432 jam (2G)/480 jam (3G) dan waktu bicara hingga 11 jam (2G) /4 jam 40 min (3G). Anda bisa membeli handphone jadul ini di Shopee.

6. Nokia 6303 Classic

Kapasitas memori hinggai 1 GB

Handphone berdiameter 108.8 x 46.2 x 11.7 mm dengan berat 96 gram ini pertama kali diperkenalkan pada Desember 2008. Sementara peluncurannya sendiri memakan waktu cukup lama, yaitu pada Mei 2009.

Kapasitas memori pada handphone ini terbilang cukup besar pada masa itu. Memori internalnya mencapai 17 MB, sementara untuk card slot microSDHC-nya bisa mencapai kapasitas 1 GB.

Resolusi kameranya pun tidak kalah besar, yaitu 3.15 MP. Tidak hanya itu, Anda juga sudah bisa mengambil video dengan resolusi 480p@15fps. Anda bisa membeli handpone jadul ini di Shopee.

5. Nokia 6120 Classic

Body yang nyaman untuk digenggam

Nokia 6120 Classic merupakan handphone dengan prosessor OS Symbian 9.2, S60 rel. 3.1 serta CPU 369 MHz ARM 11. Feature phone ini memiliki bentuk bar yang memudahkan penggunanya dalam menggenggamnya.

Handphone ini sudah bisa digunakan untuk mendengarkan music dengan format MP3/WAV/RA/AAC/M4A player serta menonton video dengan format MP4/3GP/RV player.

Sementara untuk storage-nya sendiri memiliki kapasitas 32 MB storage, 64 MB RAM, 128 MB ROM. Cukup besar untuk menyimpan beberapa lagu dan video berukuran minim. Anda bisa membeli handphone jadul ini di Shopee.

4. ALDO 16G2 ARMY

Pilihan terbaik pecinta tema army

Apakah Anda merupakan penggemar segala sesuatu bertema army? Senang mengoleksi berbagai barang dengan tema army? Kalau begitu handphone satu ini tidak boleh sampai ketinggalan.

Seperti namanya, handphone model lipat ini memiliki body yang bercorak layaknya pada baju tentara. Sehingga ALDO 16G2 ARMY ini terlihat unik dan keren. Tidak hanya body, fitur pada handphone ini pun tidak kalah keren.

Handphone ini memiliki baterai dengan kapasitas 10000 mAh. Menariknya lagi, handphone dual sim ini juga sudah dilengkapi Bluetooth dan kamera 2MP. Anda bisa membeli handphone jadul ini di Shopee.

3. Samsung Flip Caramel 1272

Telah dilengkapi dengan fitur GPRS

Tidak hanya Nokia, ternyata handphone Samsung pun sudah lama beredar di Indonesia. Salah satunya adalah handphone yang mulai diluncurkan di Indonesia pada tahun 2013 ini. Ada beberapa alasan mengapa handphone ini banyak diminati.

Pertama adalah karena layar LCD bertipe Thin Film Transistor sehingga kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik. Selain itu, handphone dual sim ini juga dilengkapi dengan loudspeaker dan jack audio 3.5 mm.

Menariknya lagi, Samsung Flip Caramel 1272 ini juga sudah dilengkapi fitur GPRS. Dengan kata lain, Anda dapat menggunakannya untuk browsing di internet. Anda bisa membeli handphone jadul ini di Shopee.

2. NOKIA 8250

Menciptakan alunan lagu indah dengan fitur composer

Bila berbicara seputar handphone jadul, rasanya kurang afdhol kalau belum membahas handphone Nokia satu ini. Ya, handphone ini merupakan salah satu yang banyak digunakan pada masanya.

Diluncurkan pertama kali pada tahun 2000, handphone ini masih memiliki tampilan layar monochrome graphic atau tanpa warna. Meski begitu, feature phone berbentuk bar ini sudah dilengkapi dengan fitur infrared.

Anda mungkin ingat saat-saat di mana memainkan patitur nada pada menu Composer untuk menghasilkan sebuah irama lagu tertentu bukan? Atau bermain game snake yang legendaris itu. Anda bisa membeli handphone ini di Shopee.

1. Sony Ericsson K310i

Keren dan canggih

Jika ditanya handphone apa yang keren dan canggih pada tahun 2000-an awal, mungkin tidak sedikit yang akan menjawab Sony Ericsson K310i. Handphone keluaran Sony Ericsson (sekarang menjadi Sony) ini pertama kali diperkenalkan pada Februari 2006 lalu.

Handphone ini memiliki diameter ukuran 101 x 44 x 17 mm dengan berat 82 gram. Dengan tampilan display UBC 65K colors, Anda bisa menggunakan wallpaper hingga screensaver sesuai keinginan Anda.

Sony Ericsson K310i juga sudah dilengkapi kamera beresolusi VGA serta browser. Sehingga dapat digunakan untuk bermain game serta men-download game yang diinginkan. Anda bisa membeli handphone jadul ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli handphone jadul sebaiknya Anda mempertimbangkan body, speaker, microfon, keypad, serta tempat membelinya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar handphone jadul Anda lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Aldo 16G2 ARMY, karena memiliki desain body yang unik.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin menggunakan handphone jadul berkapasitas besar, Anda bisa memilih Nokia 6303 Classic.
  • Namun, untuk Anda yang menginginkan handphone jadul model trendi dengan fitur menarik, maka Anda bisa memilih Nokia 5300 Express Music Red Slide.

Referensi

  1. Cyber Frog Team(2018), Mengenal Jenis Handphone/Feature Phone/Smarthpone, https://cyberfrogteam.blogspot.com/2016/05/mengenal-jenis-handphone-feature-phone.html
  2. Technoapik (2015), Cara Memilih Handphone Jadul, http://technoapik.blogspot.com/2015/06/cara-memilih-handphone-jadul.html
  3. Jadul.id (2016), Cara Merawat HP Jadul, https://jadul.id/cara-merawat-hp-jadul/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja



Artikel Terkait