Cek Resi

Belanja Fashion Local Brand Sepatu
7 August 2021

10 Brand Sepatu Lokal Kualitas Terbaik

By Cekresi .com

Produk-produk dari brand lokal Indonesia kini telah mengalami perkembangan yang signifikan. Tidak terkecuali sepatu, di mana sepatu lokal kualitas terbaik kini telah mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri.

Sudah banyak yang mengakui bahwa produk sepatu dari beberapa brand lokal Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan produk dari brand luar negeri. Bahkan Presiden Jokowi pun juga sering terlihat memakai sepatu dari brand-brand lokal tersebut.

Karena itu, kami menyajikan 10 brand sepatu lokal kualitas terbaik lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi tentang sepatu hingga cara merawatnya.

Mengenal perbedaan sepatu formal dan kasual

Berbicara tentang penampilan, sepatu adalah salah satu faktor yang turut menentukan gaya penampilan Anda. Penampilan akan terlihat selaras ketika Anda berhasil memadukan busana yang Anda pakai dengan jenis sepatu yang tepat.

Model sepatu sendiri secara umum terbagi menjadi 2 macam, yaitu sepatu formal dan sepatu kasual. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut perbedaannya.

Pertama, sepatu formal merupakan jenis sepatu yang digunakan untuk kegiatan formal atau resmi seperti bekerja atau belajar. Sepatu ini memiliki tampilan bentuk yang padat dan ramping. Sedangkan sepatu kasual digunakan untuk kegiatan santai dan memiliki bentuk yang cenderung lebih besar dengan struktur yang lebih sedikit.

Kedua, sepatu formal untuk pria biasanya memiliki tali berbahan katun tipis dan bundar menyesuaikan tampilan sepatu. Namun, untuk sepatu formal wanita umumnya justru tidak memiliki tali. Sementara untuk sepatu kasual memiliki tali yang lebih tebal dan berbentuk datar atau bulat.

Ketiga, sepatu formal terbuat dari bahan kulit, baik kulit asli maupun kulit imitasi.Sedangkan sepatu kasual biasa terbuat dari kanvas atau variasi kulit seperti suede.

Keempat, sepatu formal biasanya memiliki warna yang cenderung gelap seperti hitam, coklat atau abu-abu. Sedangkan sepatu kasual memiliki warna yang cerah misalnya putih, merah, kuning, biru, dan lain-lain.

Kelima, sepatu formal memiliki sol yang tipis, sedangkan sepatu kasual memiliki sol yang lebih tebal dan umumnya berbahan karet.

Tips memilih sepatu dengan tepat

Mengenakan sepatu dengan tepat dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dan mencegah timbulnya cedera. Tidak hanya itu, sepatu yang tepat juga bisa menunjang penampilan Anda agar tetap keren dan bergaya.

Berikut adalah tips memilih sepatu dengan tepat yang bisa Anda jadikan sebagai panduan sebelum membelinya:

  • Pilihlah sepatu yang memiliki punggung yang kaku. Yaitu, dengan cara memegang tumit pada satu tangan dan bagian atas sepatu untuk tangan yang lain. Pastikan Anda tidak bisa menggerakkan sepatu dari sisi ke sisi di sekitar tumit.
  • Pegang sepatu di kedua ujungnya, cobalah memutar kaki Anda. Pastikan sepatu tersebut memiliki torsi yang kecil.
  • Tekuk jari-jari kaki Anda, apabila Anda tidak berhasil atau merasa kurang nyaman maka gantilah dengan size diatasnya.
  • Pilihlah sepatu yang memiliki sol kokoh yang mampu melindungi kaki dari benda tajam.

Cara merawat sepatu agar tetap awet

Meskipun mempunyai kualitas bagus atau harga yang mahal, namun apabila tidak dirawat dengan baik, maka sepatu akan menjadi lebih mudah rusak. Dengan demikian, sepatu harus dirawat dengan baik agar memiliki umur yang panjang.

Cara merawat sepatu untuk masing-masing jenisnya memiliki teknik yang berbeda-beda. Untuk jenis sepatu kets atau sneakers terbilang cukup mudah, karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Anda hanya perlu mencucinya apabila kotor dan menyimpannya kembali di tempat yang sejuk dan kering.

Namun, untuk jenis sepatu kulit memerlukan perawatan khusus agar tetap awet. Gunakan krim khusus untuk menjaga kelembapan pada sepatu. Oleskan dengan menggunakan kain lembut atau sikat aplikator, kemudian biarkan krim meresap ke permukaan.

Sedangkan untuk merawat sepatu berbahan suede juga cukup rumit. Karena suede tidak bisa dipoles, tetapi warnanya bisa memudar dan menimbulkan bintik-bintik debu.

Untuk membersihkannya Anda perlu spons yang lembut dengan sampo yang diformulasikan khusus untuk suade. Gunakan pula kondisioner berbahan suede untuk meremajakan warna.

Apabila selesai digunakan, simpanlah sepatu-sepatu Anda di tempat yang sejuk dan kering. Jika ruangan memungkinkan, maka simpan sepatu Anda di rak khusus. Namun apabila ruangan sempit, Anda bisa membungkusnya dengan kantong-kantong kemudian menggantungnya.

10 Brand sepatu lokal kualitas terbaik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal mengenai sepatu lengkap dengan cara merawatnya, maka selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi produk sepatu lokal yang memiliki kualitas terbaik dari berbagai merek berikut ini.

10. Aerostreet

Harga : Rp 154.000 – Rp 1.000.000

Bahan lembut, nyaman, dan tidak panas

Aerostreet merupakan salah satu brand lokal yang menawarkan produk sepatu dengan harga yang sangat terjangkau. Meski demikian, sepatu ini juga memiliki kualitas yang terjaga dengan baik, model sepatu yang diproduksi juga disesuaikan dengan selera anak muda.

Produk sepatu Aerostreet terbuat dari bahan kanvas 12 oz katun, dengan karet outsole berkualitas tinggi. Selain itu, desain sepatu ini juga sangat bervariasi dengan gaya yang kekinian.

Dengan begitu, produk ini diyakini mampu bersaing dengan produk-produk lokal maupun produk asing lainnya. Anda bisa membeli sepatu ini di Shopee.

9. Ventela

Harga : Rp 135.000 – Rp 459.800

Sepatu vulkanisir kualitas premium

Ventela Shoes merupakan salah satu produk lokal yang mulai diperkenalkan pada tahun 2017 oleh Wiliam Ventela, seorang pemilik pabrik sepatu vulkanisir sejak tahun 1989 di Bandung, Jawa Barat.

Jika dilihat secara sekilas, Ventela Shoes mengingatkan pada brand sepatu luar negeri yang terkenal yaitu Vans atau Converse. Sehingga tidak heran jika brand lokal ini mampu menarik banyak perhatian terutama dari kalangan anak muda.

Sepatu dari Ventela dibuat dari material canvas 12oz yang lembut, serta teknologi uktralite foam insole yang empuk sehingga nyaman digunakan sehari-hari.

Selain itu, Ventela juga memiliki berbagai macam jenis dan model yang cocok di gunakan untuk berbagai jenis kegiatan serta oleh semua kalangan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

8. Wakai

Harga : Rp 499.000 – Rp 699.000

Model sepatu slip-on yang modis, berbahan lembut dan nyaman dipakai

Penggunaan nama ‘Wakai’ serta desain produk yang bernuansa Negeri Sakura, seringkali membuat masyarakat lokal mengira bahwa brand sepatu Wakai ini merupakan produk asal Jepang. Namun faktanya, Wakai ini adalah brand asli Indonesia buatan anak bangsa.

Wakai dikenal dengan model sepatu slip-on dan sneakers yang unisex serta dinamis. Teknologi terbaru yang digunakan pada insole dan outsole-nya juga menambah kesan nyaman ketika dipakai.

Untuk itu, bagi Anda pecinta gaya yang simpel dan tidak ribet pasti akan cocok dengan koleksi produk ini. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli produk Wakai ini di Shopee.

7. Brodo

Harga : Rp 299.000 – Rp 825.000

Sepatu stylish, berkualitas tinggi, dan harga terjangkau

Produksi sepatu Brodo bermula dari sebuah pengalaman CEO Brodo yang ketika itu mengalami kesulitan saat mencari sepatu yang pas untuk ukuran kakinya yang cukup besar.

Bersama dengan rekannya yang juga memiliki latar belakang yang sama di bidang teknik, mereka akhirnya memutuskan untuk menciptakan sebuah produk sepatu dengan kualitas tinggiagar mampu bersaing di standar internasional.

Hingga akhirnya lahirlah Brodo sebagai brand sepatu asli Indonesia yang menawarkan lini produk beragam mulai dari sepatu gaya formal, casual, sneakers, dan boots. Anda bisa membelinya di Shopee.

6. League

Harga : Rp 179.000 – Rp 849.000

Sepatu olahraga berkualitas tinggi dan desain trendi

League adalah brand sepatu lokal yang paling banyak diminati para penggemar olahraga baik pria, wanita, maupun anak-anak. Tidak hanya jenis sepatu olahraga, produk League juga menyediakan banyak pilihan untuk gaya sepatu kasual.

League juga menyediakan jersey olahraga dan beberapa aksesoris lainnya untuk melengkapi kegiatan olahraga Anda. Produk-produk dari League ini memiliki kualitas dan desain yang tidak kalah keren dengan brand luar negeri. Anda dapat membelinya di Shopee

5. Eagle

Harga : Rp 239.900 – Rp 769.600

Kualitas standar Internasional dengan desain mengikuti tren global

Eagle adalah salah satu merek sepatu olahraga terbaik di Indonesia yang sudah ada sejak 30 tahun lebih. Kenyamanan pengguna serta kualitas produk yang selalu diutamakan membuat brand satu ini sukses menarik perhatian masyarakat.

Pencapaian Eagle sebagai market leader tidak lepas dari kerjasama tim yang solid. Tim yang memandang olahraga tidak hanya sebagai industri, akan tetapi juga sebagai aktivitas yang dicintai.

Eagle selalu menciptakan inovasi-inovasi baru dengan kualitas terbaiknya, serta support atlet di berbagai turnamen tingkat nasional maupun Internasional. Produk ini bisa Anda dapatkan di Shopee.

4. Saint Barkley

Harga : Rp 387.000 – Rp 540.000

Model sepatu vintage yang nyaman digunakan

Saint Barkley merupakan brand lokal asal Bandung yang berdiri sejak tahun 2012. Penggunaan nama asing pada brand ini membuat banyak masyarakat mengira bahwa produk ini bukan buatan asli Indonesia.

Meski demikian, Saint Barkley kini telah banyak dikenal masyarakat dan semakin melambung namanya ketika diketahui Presiden Jokowi pernah membeli sepasang sneaker ini saat acara Jakarta Sneaker Day pada tahun 2018.

Hingga saat ini, Saint Barkley sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia dan telah banyak melakukan kolaborasi dengan brand-brand ternama di Indonesia seperti Shaggydog, Rocket Rockers, Doci PWG, hingga pabrikan mobil Datsun. Untuk mendaptkan produk dari Saint Barkley, Anda dapat membelinya di Shopee.

3. Homyped

Harga : Rp 231.920 – Rp 419.900

Memberikan kenyamanan dan tampilan yang keren

Nama sepatu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Karena, brand satu ini telah berhasil mendominasi pasar lokal selama bertahun-tahun sebagai merek sepatu dan sandal lokal terbaik yang didirikan sejak tahun 1980.

Tidak hanya di pasar lokal, Homyped juga telah berhasil memperluas jaringannya hingga ke beberapa negara seperti Jepang, Amerika Serikat dan Eropa. Pencapaian tersebut menjadi kekuatan tersendiri bagi keberadaan produk Homyped hingga saat ini.

Produk sepatu dari Homyped ini tersedia mulai untuk bayi, anak-anak, wanita dan pria.Produk ini didesain dengan teknologi tinggi hingga menghasilkan produk dengan kualitas unggulan. Anda bisa mendapatkan produk sepatu dari Homyped ini di Shopee.

2. Buccheri

Harga : Rp 289.000 – Rp 1.299.000

Gaya sepatu formal berkualitas yang nyaman dipakai

Brand sepatu inicenderung dikenal masyarakat sebagai mereklokal yang membuat produk sepatu formal dengan desain elegan sertakualitas premium. Meski begitu, sebenarnya merek ini juga menyediakan jenis sepatu kasual bergaya yang nyaman dipakai sehari-hari.

Tidak hanya berkomitmen menyediakan produk dengan kualitas tinggi, Buccheri juga berkomitmen dalam mengutamakan pelayanan terhadap pelanggan, serta mempertahankan keahlian terbaik dari setiap item produk yang mereka tawarkan.

Untukkisaran harganya, Buccheri cenderung menempatkan segmentasinya pada kelas menengah ke atas.Namun demikian, harga produk ini masih bisa dijangkau karena Buccheri sendiri juga sering memberikan potongan harga. Anda dapat membeli produk dari Buccheri ini di Shopee.

1. Ardiles

Harga : Rp 229.000 – Rp 578.000

Bahan yang kuat dan awet menjadi sepatu andalan anak ke sekolah

Memiliki kualitas bahan yang bagus dan kokoh, membuat merek sepatu ini sering diandalkan oleh para orang tua sebagai merek sepatu pilihan yang dapat mendukung aktivitas belajar anak-anak di sekolah.

Merek sepatu Ardiles ini telah berhasil dipersepsikan sebagai merek alas kaki Indonesia yang berkualitas tinggi. Model produknya pun bervariasi dari gaya kasual, sepatu sekolah, hingga jenis sepatu olahraga semua ada dan tersedia untuk segala usia.

Tidak hanya sukses di dalam negeri saja, Ardiles juga telah merambah ke manca negara seperti Malaysia, Uni Emirat Arab, Papua Nugini, Thailand, dan beberapa bahkan hingga masuk ke pasar Eropa dan Afrika. Produk ini bisa Anda dapatkan di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sepatu lokal, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti bentuk dan model sepatu, ukuran, kualitas bahan, dan kekokohan sol nya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawatnya agar sepatu lebih awet, tidak kusam, dan dapat digunakan dalam jangka waku yang lama.
  • Anda bisa memilih produk dari Aerostreet, karena memiliki harga yang ramah di kantong. Selain itu, kualitas bahannya juga bagus dan nyaman saat dipakai.
  • Sedangkan, untuk Anda yang suka gaya simpel dengan model slip-on yang nyaman saat dipakai, Anda bisa mencoba produk dari brand Wakai.
  • Namun, apabila Anda ingin model sepatu untuk dipakai pada kegiatan formal, Anda bisa memilih produk sepatu dari Buccheri.

Referensi

1. Theshoestopper (2020), 5 Simple Differences Between Casual Anda Formal Shoes, https://theshoestopper.com/casual-vs-formal-shoes/
2. Martastewart (2019), How to Take Care of Your Shoes and Keep Them Looking Like New, https://www.marthastewart.com/1136215/how-take-care-your-shoes-keep-looking-new?slide=e6f34f4c-6e13-4a9f-8639-e7286a921de7#e6f34f4c-6e13-4a9f-8639-e7286a921de7



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Fashion Local Brand Sepatu



Artikel Terkait